Bocoran KTM 390 Adventure Model 2022 yang Bakal Meluncur Sebentar Lagi

KTM 390 Adventure model 2022 mengalami penyegaran baik dari sisi desain, rangkaian elektronik, hingga roda

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Des 2021, 17:09 WIB
Diterbitkan 07 Des 2021, 17:09 WIB
KTM
KTM 390 Adventure. (Ride Apart)

Liputan6.com, Jakarta - KTM 390 Adventure model 2022 siap diluncurkan. Model anyar ini dikabarkan mengalami penyegaran baik dari sisi desain, rangkaian elektronik, hingga roda. Namun sayangnya, KTM masih merahasiakan harga dan kapan waktu peluncurannya.

KTM 390 Adventure pertama kali memulai debutnya di pasar global pada 2020. Kemunculannya banyak tuai pujian. Motor ini dipuji karena sebagai salah satu motor tualangan entry-level paling off-road.

Tapi hal itu tidak berlaku di Indonesia, sebab ada 250 Adventure yang baru dirilis bulan lalu. Jadi kalau di sini, 390 adventure masuk dalam kategori kelas menengah.

Buat model 2022, mantan juara Baja Champ, Quinn Cody dan penjelajah dunia, Paolo Cattaneo ikut membantu mengembangkan spesifikasi 390 Adventure.

Khususnya di bagian suspensi, Cattaneo memberikan input mengenai tingkat pegas dan berbagai pengaturan redaman.

Selain itu, berkat masukan dari dua rider tersebut, motor adventure ringkas ini hadir dengan tampilan baru dan beberapa pembaruan yang dirancang untuk meningkatkan keserbagunaannya.

Sama seperti sepeda motor yang dijadwalkan meluncur pada 2022, 390 Adventure baru juga memiliki mesin yang dioptimalkan untuk Euro 5.

Masih menggunakan mesin DOHC 373cc, empat katup, berpendingin cairan, satu silinder, dan menghasilkan sekitar 43 tenaga kuda pada 9.000 rpm dan torsi 37 Nm di 7.500 rpm.

Translasi bukaan gas dilengkapi sistem throttle-by-wire. Ditemani pula dengan fitur quick shifter yang bisa berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Serta assist dan slipper clutch termasuk dalam rangkaian girboks enam percepatan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fitur Canggih

Model yang meluncur tahun depan mendapat penyegaran di rangkaian elektronik. Terdapat penambahan fitur mode Street dan Offroad untuk Traction Control. Otomatis grip ban belakang bisa lebih terjaga, terutama saat akselerasi.

Bila rider memilih mode Offroad berarti tingkat slip roda belakang lebih sensitive, memungkinkan penggunaan yang lebih mudah di medan yang licin atau basah.

Selain itu, jika mesin mati, TC Offroad tetap aktif. Selanjutnya, ABS untuk roda belakang dimatikan secara otomatis saat beralih ke mode off-road.

Terlepas dari mesin dan elektronik, KTM 390 Adventure 2022 memiliki desain velg baru. Hadir dengan satu set velg depan 19 inci dan belakang 17 inci yang lebih kokoh serta dilengkapi dengan ban Continental TKC 70 tubeless.

Konstruksi komponen roda yang sebelumnya pakai lima palang, model terbaru gunakan 10 palang, sehingga memungkinkan peningkatan kekakuan dan ketahanan untuk pelek.

Pabrikan juga mengklaim bahwa velg yang direvisi menawarkan penanganan on-road dan off-road yang lebih baik. Namun dengan adanya sepasang roda baru, KTM belum memberikan informasi tentang keunggulan bobot.

Untuk model 2022, identitas visual 390 Adventure terinspirasi dari produk KTM yang mengikuti kejuaraan Rally Dakar.

Menampilkan dua pilihan kombinasi warna; motif biru tua dan oranye, cat yang pertama kali kita lihat pada 1290 Super Duke R generasi ketiga. Serta hitam dan abu-abu dengan aksen oranye, dihadirkan buat mereka yang mencari estetika lebih lembut.

Sumber: Oto.com


Infografis Strategi Cegah Lonjakan Kasus dan Gelombang 3 Covid-19 Saat Libur Nataru

Infografis Strategi Cegah Lonjakan Kasus dan Gelombang 3 Covid-19 Saat Libur Nataru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Strategi Cegah Lonjakan Kasus dan Gelombang 3 Covid-19 Saat Libur Nataru. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya