VW Siap Bangun Pabrik Mobil Listrik Baru di Jerman

Pabrik baru Volkswagen ini akan digunakan untuk produksi mobil listrik terbarunya, Trinity.

oleh Arief Aszhari diperbarui 09 Mar 2022, 06:06 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2022, 06:06 WIB
vw-pabrik-130817b.jpg
VW Siap Bangun Pabrik Baru di Jerman (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kendaraan listrik, baik secara global dan juga di Indonesia semakin bergerak cepat. Berbagai pabrikan otomotif dunia, tengah menyiapkan mobil listrik baru, mulai dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV), baterai murni, hingga energi terbarukan seperti hidrogen.

Salah satu jenama yang bergerak serius, adalah Volkswagen (VW) dengan rencana untuk membuat fasilitas produksi khusus mobil ramah lingkungannya. Kabarnya, pabrik anyarnya tersebut akan dibangun di depan pabrik utamanya di Wolfsburg, Jerman.

Berdasarkan keterangan resminya, ditulis Rabu (9/3/2022), pabrik baru ini akan digunakan untuk produksi mobil listrik terbarunya, Volkswagen Trinity. Investasi yang dikeluarkan untuk membangun fasilitas tersebut, sebesar 2 miliar euro atau setara dengan Rp31,24 triliun.

Pabrik baru ini, akan dibangun mulai 2023, dan akan memiliki standar ramah lingkungan yang cukup tinggi.

"Kami menetapkan tolak ukur dalam industri otomotif, dengan Trinity dan pabrik baru ini. Hal tersebut, menegaskan bahwa transformasi ekonomi Jerman sebagai pusat industri dapat dicapai," jelas CEO Volkswagen, Ralf Brandstatter.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


VW Trinity

Volkswagen Group enggan menjual saham Porsche untuk publik
Volkswagen Group enggan menjual saham Porsche untuk publik

Sementara itu, untuk mobil listrik terbaru VW Trinity akan dibangun dengan metode manufatktur paling inovatif, dan akan diluncurkan dari jalur perakitan pada 2026.

Secara teknis, Trinity siap menggunakan sistem otonom atau tanpa pengemudi level 4. Selain itu, VW juga bermaksud untuk menargetkan mampu membuat mobil listrik 10 jam per kendaraan.

Dengan begitu, faslitas baru ini, prosesnya akan dioptimalkan menjadi model untuk transformasi bertahap produksi di pabrik utama Wolfsburg dan juga di seluruh pabrik VW di seluruh dunia.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya