Bukan Mitos, Simak Cara Ampuh agar Mobil Bekas Terjual dengan Harga Tinggi

Pasar mobil bekas masih menjadi incaran bagi orang yang baru ingin memiliki mobil atau yang sudah bosan dengan kendaraan lamanya. Sebagai penjual, pasti ingin menjual dengan harga setinggi mungkin.

oleh Amal Abdurachman diperbarui 22 Jul 2023, 12:02 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2023, 12:02 WIB
Mobil bekas
Mobil bekas di balai lelang Auksi. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar mobil bekas masih menjadi incaran bagi orang yang baru ingin memiliki mobil atau yang sudah bosan dengan kendaraan lamanya. Sebagai penjual, pasti ingin menjual dengan harga setinggi mungkin.

Sayangnya, masih banyak yang menemui kendala agar bisa menjual mobil dengan harga sesuai ekspektasi. Dibutuhkan perhatian khusus agar harga jual mobil tetap terjaga. Berikut ulasannya.

Perawatan Rutin di Bengkel Terpercaya

Mobil yang rajin melakukan perawatan berkala di bengkel resmi biasanya berada dalam keadaan optimal. Calon pembeli akan merasa lebih percaya jika Anda dapat memberikan riwayat perawatan mobkas yang lengkap dan jelas.

Selalu simpan dokumen perawatan, catatan servis, dan riwayat perbaikan. Jika Anda telah melakukan servis rutin di bengkel resmi, pastikan untuk menyertakan bukti-bukti tersebut kepada calon pembeli.

"Karena itu, hal pertama yang dilakukan oleh calon pembeli mobil bekas adalah melakukan pengecekan apakah mobil dirawat secara berkala di bengkel resmi. Jika tidak, pembeli mobil bekas akan ragu dan enggan memberikan penawaran yang tinggi," ujar Hendro Kaligis, Section Head Subsidiaries Management & Business Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W dalam kesempatan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menjaga Eksterior, Interior dan Hindari Modifikasi Berlebihan

Saat melakukan pengecekan bodi mobil, umumnya pembeli mobil bekas dapat merasakan hasil perbaikan yang dilakukan apakah memiliki standar yang tinggi atau rendah. Hal tersebut berpengaruh besar terhadap penawaran yang diajukan

Mobil yang terawat dengan baik akan memberikan kesan positif kepada calon pembeli. Pastikan untuk menjaga cat, interior, dan mesin mobil dalam kondisi yang prima. Jangan lupa untuk selalu mengganti bagian yang rusak atau aus.

Penampilan mobil adalah faktor penting yang menentukan minat pembeli. Sebelum memotret mobil untuk iklan atau diperlihatkan, pastikan untuk mencuci dan membersihkan mobil secara menyeluruh. Selain itu, pertimbangkan untuk memberikan lapisan wax pada cat mobil agar tampak mengkilap dan menarik perhatian. Jika ada goresan atau kerusakan minor pada bodi, segera perbaiki sebelum diperlihatkan.

Meskipun beberapa modifikasi dapat meningkatkan penampilan mobil, terlalu banyak modifikasi justru dapat menurunkan nilai jual kembali. Calon pembeli cenderung mencari mobil bekas yang masih dalam kondisi standar atau memiliki modifikasi yang minimal.


Miliki Asuransi dengan Perlindungan Komprehensif

Asuransi dengan perlindungan komprehensif yang mencakup klausul bengkel resmi dan penggunaan suku cadang asli (genuine part) sangat penting. Hampir 90% mobil di perkotaan mengalami kerusakan bodi, mulai dari lecet-lecet minor hingga kerusakan akibat benturan atau tabrakan.

Dengan memperbaiki mobil di bengkel terpercaya, kondisi bodi dapat dipulihkan sesuai dengan standar bengkel pabrikan.

Mengutip laman resmi Hyundai Indonesia, mobil dengan kondisi fisik yang mulus dan terawat dapat meningkatkan harga jual hingga lima persen dari harga pasaran kendaraan.

Sementara itu, mobil dengan kondisi fisik yang lecet dapat mengurangi harga hingga 10%, sedangkan mobil yang pernah mengalami kecelakaan dapat menurunkan harga hingga 15% dari harga pasar.

Mobil yang pernah terendam banjir juga akan mengalami penurunan harga hingga 20%. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk menjaga kondisi kendaraan agar nilai jualnya tetap tinggi.


Kelengkapan Dokumen dan Berikan Bonus atau Kelebihan

Pastikan semua dokumen kendaraan lengkap dan berada dalam kondisi baik. Hal ini mencakup STNK, BPKB, faktur pembelian, dan dokumen-dokumen lain yang terkait dengan mobil. Calon pembeli akan merasa lebih percaya untuk membeli mobil bekas Anda jika semua dokumen berada dalam kondisi lengkap dan teratur.

Untuk meningkatkan daya tarik mobil bekas Anda, pertimbangkan untuk memberikan bonus atau kelebihan tertentu kepada calon pembeli. Misalnya, Anda bisa memberikan layanan cuci mobil gratis selama beberapa bulan, memberikan kaca film tambahan, atau memberikan asuransi gratis untuk beberapa waktu. Bonus-bonus ini dapat menjadi nilai tambah yang menarik bagi calon pembeli.

Penting untuk menjalin hubungan baik dengan calon pembeli. Dengarkan kebutuhan mereka dan berikan informasi yang akurat mengenai mobil yang Anda jual. Terkadang, sikap ramah dan berkomunikasi dengan baik dapat membuat calon pembeli lebih tertarik untuk membeli mobil bekas Anda.

Sebelum menyerahkan mobil kepada pembeli yang telah menyetujui harga, lakukan pemeriksaan terakhir untuk memastikan mobil dalam kondisi yang optimal. Pastikan semua perjanjian telah tertulis dengan jelas dan tidak ada hal yang terlewat. Selesaikan semua transaksi dengan teliti dan profesional.

Sumber: Otosia.com

Penulis: Nazarudin Ray

Infografis Prediksi Puncak El Nino di Indonesia Agustus-September 2023
Infografis Prediksi Puncak El Nino di Indonesia Agustus-September 2023 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya