Toyota Siapkan Mobil Listrik bZ5x, Intip Bocoran Spesifikasinya

Toyota berencana untuk meluncurkan banyak kendaraan listrik, dengan 10 peluncuran di seluruh dunia

oleh Arief Aszhari diperbarui 11 Nov 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2023, 16:00 WIB
Toyota Siapkan SUV Listrik Besar bZ5x, Ini Bocaran Spesifikasinya (Carscoops)
Toyota Siapkan SUV Listrik Besar bZ5x, Ini Bocaran Spesifikasinya (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota berencana untuk meluncurkan banyak kendaraan listrik, dengan 10 peluncuran di seluruh dunia. Salah satunya adalah SUV dari Amerika Serikat, yang dikabarkan akan mengadopsi papan nama bZ5x.

Disitat dari Carscoops, Jumat (10/11/2023), bZ5x bakal didasarkan konsep SUV besar bZ yang diperkenalkan pada Desember 2021. Jika dilihat dari model lain yang sudah muncul, Toyota bZ5x dengan spesifikasi produksi kemungkinan besar akan terlihat mirip dengan konsepnya, meskipun dengan penyesuaian dan peningkatan yang biasa untuk penggunaan sehari-hari.

Jika dilihat dari redering spekulatif, bZ5x diperkirakan akan mempertahankan wajah hammerhead shark yang merupakan fitur umum di antara jajaran mobil listrik dan hybrid Toyota. Pelek diameter besar, lampu belakang LED yang memanjang di atas spatbor belakang, dapat menjadi salah satu daya tarik

Sementara itu, untuk desain interior, memang belum diungkapkan oleh Toyota. Namun, kemungkinan besar, mdoel ini akan berbagai desain dasbor dengan sang adik, bZ4x dengan teknologi yang ditingkatkan dan menggabungkan elemen dari model baru seperti Prius.

Model ini juga akan mendapatkan teknologi keselamatan lengkap, termasuk ADAS, dan juga Toyota Safety Sense.

Toyota masih bungkam tentang spesifikasi teknis mobil listrik tersebut, tetapi masuk akal untuk berasumsi bahwa mobil bertenaga baterai ini akan menggunakan arsitektur e-TNGA yang diperluas.


Kapasitas baterai

Mengingat ukuran dan bobotnya yang lebih besar, perangkat ini seharusnya dilengkapi baterai berkapasitas lebih tinggi dibandingkan dengan unit 71,4 kWh di bZ4x, sehingga menghasilkan jangkauan yang lebih baik dan pengisian daya yang lebih cepat.

Dari segi performa, Toyota kemungkinan akan menggunakan pengaturan motor listrik ganda, memungkinkan kemampuan penggerak semua roda (AWD) dan akselerasi cepat, sehingga mampu bersaing dengan lawannya seperti Kia EV9.

Telah dikonfirmasi secara resmi, bahwa SUV listrik tiga baris Toyota yang akan datang akan diproduksi di pabrik Kentucky mulai 2025. Fasilitas tersebut saat ini memproduksi Camry dan RAV4 hybrid. Baterai untuk kendaraan listrik ini akan bersumber dari pabrik baru Toyota di North Carolina.

Infografis: Persaingan Ketat, Ekosistem Bank Digital Harus Kuat (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis: Persaingan Ketat, Ekosistem Bank Digital Harus Kuat (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya