Pemain Busi Palsu NGK Terancam Sanksi 5 Tahun Penjara

Presiden Direktur Niterra Mobility Indonesia, Atsushi Aoki mengungkapkan kalau tahun ini pihaknya fokus untuk memberantas peredaran busi palsu.

oleh Tim Otomotif diperbarui 05 Jul 2024, 13:08 WIB
Diterbitkan 05 Jul 2024, 13:08 WIB
Busi Motor
Ilustrasi busi motor. (NGK)

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya peredaran busi palsu merek NGK membuat geram sang pabrikan. Mereka pun siap menindak tegas praktik yang merugikan ini.

Presiden Direktur Niterra Mobility Indonesia, Atsushi Aoki mengungkapkan kalau tahun ini pihaknya fokus untuk memberantas peredaran busi palsu.

“Demi memberantas peredaran busi palsu NGK, kami segera mengambil langkah-langkah tegas melalui jalur hukum,” jelasnya saat berlangsung acara media gathering di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bukan cuma penjual online, NMI juga mengambil tindakan hukum bagi produsen, pengedar maupun toko spare part yang terbukti menjual atau memasarkan busi NGK palsu. Menurut Aoki, tindakan tegas ini diambil untuk melindungi konsumen dan menjaga integritas perusahaan.

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis Pasal 100, 101, dan 102, memperdagangkan barang palsu merupakan tindakan pidana yang dapat diproses secara hukum.

Merujuk dari UU tersebut, sanksinya bisa pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp2 miliar.

Sementara Citra Aji Sanjaya, Marketing Manager PT Niterra Mobility Indonesia meminta agar konsumen untuk lebih berhati-hati saat membeli busi untuk kendaraannya, terutama ketika melakukan transaksi via toko online.

“Peredaran busi palsu ini sudah sangat mengkhawatirkan, karena dapat merusak brand NGK, dan juga komponen dari mesin kendaraan itu sendiri. Kami bakal menempuh jalur hukum untuk menangani penjual busi palsu. Langkah penting ini kami lakukan untuk memastikan bahwa konsumen mendapatkan produk yang aman dan berkualitas,” tegas Citra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beli di Official Store

Citra menyarankan konsumen membeli di toko online maupun offline store yang sudah terpercaya agar terhindar dari penggunaan busi palsu. Selain itu, pelanggan juga diwajibkan teliti sebelum memboyong busi NGK.

Khusus pembelian daring, produk NGK asli bisa didapatkan di official store di dua marketplace, yakni Shopee dan Tokopedia.

Sementara secara luring bisa langsung mengunjungi ‘Bengkel Juara’ atau bengkel speed shop yang ditunjuk oleh NMI sebagai partner bengkel untuk menjual produk NGK dan DID versi high end atau upgrade.

"Ciri-ciri bengkel juara ada logo atau NGK sign berbentuk bulat dengan background merah kombinasi putih bertuliskan NGK Spark Plugs khas NGK. Saat ini sudah ada sekitar 90 toko yang tersebar di kota-kota besar," jelas Citra.

Sumber: Oto.com

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya