Partai Garuda Ungkap Alasan Dukung Prabowo Subianto, Dinilai Mampu Mengambil Sikap

Partai Garuda telah resmi mendeklarasikan dukungan untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 04 Sep 2023, 22:54 WIB
Diterbitkan 04 Sep 2023, 18:02 WIB
Partai Garuda telah resmi mendeklarasikan dukungan untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.
Partai Garuda telah resmi mendeklarasikan dukungan untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Garuda telah resmi mendeklarasikan dukungan untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi pun menjelaskan alasan partainya yang akhirnya memutuskan mendukung Prabowo Subianto.

Sebab menurut dia, penjelasan tersebut juga merupakan bagian dari perintah Undang-Undang sehingga wajib memberikan pendidikan politik kepada masyarakat pemilih.

"Pertama, Partai Garuda wajib mendukung capres cawapres, itu perintah UU. Jika tidak, maka Partai Garuda dikenakan sanksi, yaitu tidak boleh ikut pada Pemilu 2029," ujar Teddy melalui keterangan tertulis, Senin (4/9/2023).

Kedua, lanjut dia, dari ketiga bakal capres yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, maka Partai Garuda harus memilih mau mendukung yang mana.

"Maka kami mendalami, siapa yang akan kami dukung. Kami berdiskusi, kami sepakat untuk melihat dari sisi pribadi. Bagaimana seseorang bersikap dalam keadaan yang tidak menyenangkan bagi dirinya," ucap Teddy.

Menurut dia, karakter asli itulah yang nantinya akan dibawa dalam mengambil berbagai kebijakan dan keputusan ketika menjadi pimpinan di negeri ini.

"Bukan melihat saat berkampanye. Karena kalau kampanye, sudah ada sutradaranya," papar Teddy.

Dia menilai, ketika kalah dalam Pilpres 2019 lalu, Prabowo tentu dalam keadaan kecewa tetapi mampu mengambil sikap, mematikan kekecewaannya, dengan membela orang yang mengalahkannya.

"Walaupun dalam keadaan kecewa, Prabowo rela menjadi benteng dari orang yang mengalahkannya. Prabowo rela dihina, dimaki, disalahkan oleh orang-orang yang menyanjungnya agar supaya rakyat di negeri ini tidak berlarut-larut dalam pertengkaran. Itu yang membuat kami memutuskan memilih Prabowo," terang dia.

"Tentu masing-masing punya pandangan sendiri dalam mendukung Bakal Calon Presiden. Kami tidak bisa mengatakan bahwa alasan kalian salah, calon yang kalian pilih salah, atau yang paling benar alasan kami dan calon kami. Karena itu hak masing-masing dalam menilai Calon yang akan didukung," jelas Teddy Gusnaidi.

 


Partai Garuda Resmi Dukung Prabowo Subianto Jadi Capres di Pemilu 2024

Prabowo Resmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pidato saat meresmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra di Jalan Letjen S Parman, Jakarta, Sabtu (7/1/2023). Prabowo berpesan kepada para kader untuk bekerja keras menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024 atau tinggal satu tahun lagi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, dukungan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden 2024 terus mengalir. Dukungan untuk Prabowo Subianto, kali ini datang dari Partai Garuda.

Wakil Sekretaris Jendral Partai Garuda, Sulistianing Sasih menerangkan, Partai Garuda telah memutuskan arah dukungan politik dalam Pilpres 2024.

Dukungan tersebut telah ditetapkan dalam Rapat Pleno DPP dan tertuang dalam surat keputusan yang ditandatangani oleh Ketum dan Sekjen Partai Garuda.

"Secara resmi dukungan tersebut akan disampaikan kepada Bapak Prabowo Subianto dalam pertemuan pengurus DPP Partai Garuda dengan pengurus DPP Partai Gerindra yang akan dilaksanakan di Kantor DPP Partai Garuda pada Jumat 1 September 2023," kata Sulistianing dalam keterangan tertulis, Jumat 1 September 2023.

 


Pertimbangan Partai Garuda

Prabowo Subianto Sambangi Markas Golkar
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat memberikan materi bertema kebangsaan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sulistianing menerangkan, pertimbangan Partai Garuda mendukung Prabowo Subianto sebagai capres.

Pertama, sosok Prabowo masuk ke dalam kriteria pemimpin masa depan yang dibutuhkan Indonesia. Kedua, setelah mendengar aspirasi seluruh kader dan pengurus Partai Garuda di seluruh Indonesia.

"Maka Partai Garuda memantapkan dukungan kepada Bapak Prabowo Subianto sebagai capres dalam pemilihan presiden 2024," ujar Sulistianing.

Infografis Budiman Sudjatmiko Nekat Dukung Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Budiman Sudjatmiko Nekat Dukung Prabowo Subianto. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya