2 Daerah Ini Jadi Perhatian Khusus Polda Jambi Jelang Pencoblosan

Polda Jambi mendapat bantuan Bawah Kendali Operaasi (BKO) Brimob dari Mabes Polri sebanyak 2 kompi atau 200 personel.

oleh Bangun Santoso diperbarui 08 Des 2015, 09:42 WIB
Diterbitkan 08 Des 2015, 09:42 WIB
20150909-Simulasi Penanganan Pilkada-Tangsel
Seorang pria terlihat menyerang petugas saat simulasi pengamanan pilkada Tangerang Selatan yang digelar Polres Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2015). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Liputan6.com, Jambi - Pemilihan kepala daerah akan dilakukan serentak pada 9 Desember 2015. Khusus di Jambi, pilkada akan digelar di 6 kabupaten/kota. Polda Jambi menyatakan 2 di antara 6 daerah itu akan mendapat perhatian khusus pengamanan pilkada.

Wakapolda Jambi Kombes Nana Sudjana mengatakan ada 2 daerah yang mendapatkan perhatian khusus, yakni Kabupaten Bungo dan Kabupaten Kerinci. Ini berdasarkan pemetaan yang telah dilakukan polisi. Namun, dia tidak menyebut secara rinci tingkat kerawanan di kedua daerah tersebut.

"Melihat eskalasi, wilayah (Bungo dan Kerinci) ini perlu ada perhatian khusus," ujar Nana di Jambi, Selasa (8/12/2015).

Dia hanya menyebutkan, untuk pengamanan, Polda Jambi mendapat bantuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Brimob dari Mabes Polri sebanyak 2 kompi atau 200 personel. Personel BKO Brimob tersebut akan disebarkan ke daerah-daerah di Jambi dan akan bertugas hingga 14 Desember 2015.

"Brimob BKO ini, 1 kompi diarahkan ke Kerinci, dan 2 pleton di Bungo. Kemudian disebar di tiap Polres (selain Kerinci dan Bungo) masing-masing 1 pleton," jelas Nana.

Untuk pengamanan Pilkada serentak di Jambi, sebanyak 650 personel gabungan dari Polda Jambi mulai Senin 7 Desember 2015 kemarin resmi disebar ke daerah untuk ikut mengamankan jalannya pemungutan suara pilkada serentak 9 Desember 2015. 650 personel tersebut akan melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ratusan personel Polda itu akan di-back up oleh personel dari sejumlah polres dan polresta. Di antaranya, Polresta Jambi mengerahkan 35  personel, Polres Batanghari 52 personel, dan Polres Muarojambi 83 personel. Kemudian Polres Tanjung Jabung Barat 65 orang dan Polres Tanjung Jabung Timur 65 orang.

Selanjutnya Polres Bungo 49 personel, Polres Tebo 58 personel, dan Polres Merangin 76 personel. Lalu dari Polres Sarolangun 128 personel dan Polres Kerinci 39 personel.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Jambi diikuti 2 pasang calon. Pasangan nomor urut 1 yaitu Hasan Basri Agus-Edi Purwanto, didukung 2 partai besar yaitu Partai Demokrat dan PDIP, PKS, dan Partai Gerindra. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Zumi Zola-Fachrori Umar disokong PKB, PAN, Nasdem, Hanura, PBB.

Selain menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pilkada serentak ‎di Jambi juga digelar di 6 kabupaten/kota. Di antaranya ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Bungo, Kerinci dan Sungaipenuh.‎

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya