Senjata Alfito Deannova Atasi Ketegangan di Debat Cagub DKI 3

Sebagai moderator Debat Cagub DKI, presenter Alfito Deannova Gintings telah menyiapkan jurus khusus jika hal itu terjadi. Apa itu?

oleh Liputan6 diperbarui 04 Feb 2017, 06:43 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2017, 06:43 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Debat Cagub DKI 2017 yang ketiga tak menutup kemungkinan lebih panas dari debat pertama dan kedua. Debat terakhir tersebut bisa jadi membuat tegang para pasangan calon dan pendukungnya. Sebagai moderator, presenter Alfito Deannova Gintings telah menyiapkan jurus khusus jika hal itu terjadi. Apa itu?

"Debat sudah menegangkan. Jadi kalau misalnya moderatornya tegang nanti semuanya tegang. Saya berusaha sedapat mungkin proporsional. Bagaimana kalau terlalu tegang saya berusaha untuk menurunkan tensi. Kalau nanti terlalu saya coba untuk mengelaborasi suasana,” ujar Alfito di Jakarta, Jumat 3 Februari 2017 seperti dilansir Antara.

Bagi pria yang telah menjalani profesi jurnalis selama belasan tahun itu, debat merupakan sarana pertukaran informasi soal visi misi dan program masing-masing pasangan calon, bukan ajang 'adu ngotot'. Termasuk Debat Cagub DKI yang ketiga nanti.

"Debat itu sebenarnya pertukaran informasi soal visi masing-masing dan program masing-masing. Tetapi kadang-kadang ada yang ngotot dan marah. Itu yang kadang-kadang membuat saya agak prihatin. Tetapi itu biasa terjadi menurut saya," kata Alfito.

Dia memprediksi pusat ketegangan pada debat Jumat 10 Februari 2017 nanti bukan berasal dari ketiga pasangan calon. Namun dari pendukung masing-masing pasangan calon. Dia percaya pasangan calon bisa mengendalikan diri.

"Kalau untuk penonton memang susah dihindari (bila tensi tinggi), karena euforia penggemar itu pasti akan berpengaruh pada penonton yang hadir. Setiap pasangan calon membawa timnya masing-masing. Timnya akan berusaha sedapat mungkin menjadi suporter yang baik," sambung pria berkacama mata itu.

Di sinilah, lanjut dia, seorang moderator harus bisa mengantarkan euforia yang terjadi saat Debat Cagub DKI melalui cara elegan. "Yang bisa dilakukan moderator adalah bagaimana itu bisa di-delivery dengan cara yang elegan. Itu yang jadi pr saya," tukas Alfito.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya