Relawan Kita Pendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024 Gelar Konsolidasi di Jakut dan Kepulauan Seribu

Kelompok Relawan Kita (RK), pendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024 melakukan penguatan teritorial dengan menggelar pertemuan konsolidasi untuk tingkat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

oleh Tim News diperbarui 08 Jul 2024, 00:07 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2024, 21:02 WIB
Kelompok Relawan Kita (RK), pendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024 melakukan penguatan teritorial dengan menggelar pertemuan konsolidasi untuk tingkat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.
Kelompok Relawan Kita (RK), pendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024 melakukan penguatan teritorial dengan menggelar pertemuan konsolidasi untuk tingkat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok Relawan Kita (RK), pendukung Ridwan Kamil di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024 terus bergerak.

Setelah menggelar konsolidasi dan dialog dengan komunitas, kini kelompok independen Relawan Kita (RK) melakukan penguatan teritorial dengan menggelar pertemuan konsolidasi untuk tingkat Jakarta Utara.

Pertemuan konsolidasi tersebut dilaksanakan di Nomadic Cafe, Koja, Jakarta Utara (Jakut) pada Minggu malam (7/7/2024).

"Kami dipertemukan oleh visi dan semangat yang sama untuk mendukung Bang Emil (panggilan Ridwan Kamil) di Pilkada Jakarta. Sebagai relawan, kami memang mengambil jalur non-politik lewat dialog-dialog warga dan komunitas," ujar Koordinator RK Jakarta Utara Pasih Sawito yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Minggu (7/7/2024).

Dalam acara tersebut dibahas rencana rekrutmen dan pembentukan struktur teritorial relawan di Jakarta Utara.

Menurut Pasih, saat ini pengurus Relawan Kita (RK) sudah ada di seluruh kecamatan di Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pasih bertekad segera memenuhi struktur di kelurahan-kelurahan di wilayah pinggir pantai Kota Jakarta tersebut.

Dia mengatakan, selain pengembangan teritorial, konsolidasi RK di Jakarta Utara membahas rencana komunikasi kepada segmen-segmen khusus seperti buruh, perempuan, disabilitas, lansia, pelaku UMKM, serta generasi milenial dan Gen Z.

"Bang Emil, sebagai arsitek, mantan walikota dan gubernur sukses, punya banyak gagasan untuk Jakarta ke depan. Apalagi saat ini Jakarta ada di persimpangan sejarah dengan dibangunnya IKN. Jakarta mau ke mana? Kami melihat Pak Ridwan Kamil pemimpin yang cocok untuk Jakarta di masa-masa kritis ini," jelas Pasih.

 


Jakarta Butuh Perubahan

Kelompok Relawan Kita (RK), pendukung kelompok independen yang mendukung Ridwan Kamil maju pada Pilgub Jakarta 2024, menekankan pentingnya pelibatan disabilitas dan kelompok rentan lainnya dalam pembangunan sejak dalam tahap perencanaan.
Kelompok Relawan Kita (RK), pendukung kelompok independen yang mendukung Ridwan Kamil maju pada Pilgub Jakarta 2024, menekankan pentingnya pelibatan disabilitas dan kelompok rentan lainnya dalam pembangunan sejak dalam tahap perencanaan. (Ist)

Ketua Umum RK Henry Baskoro menambahkan, isu di Jakarta Utara menyimpan DNA sejarah Jakarta sebagai kota pelabuhan, perdagangan, dan melting pot tempat banyak suku dan etnis bertemu.

"Kekayaan sejarah ini bertemu dengan berbagai problem perkotaan saat ini, seperti kemiskinan, kesenjangan, kriminalitas. Ini yang mau kita urai satu per satu dengan mendengarkan berbagai kelompok dan komunitas," ucap dia.

"Kami sebagai relawan saat ini berperan sebagai mata dan telinga Pak Ridwan Kamil di lapangan karena tugas pemimpin yang pertama adalah mendengar," jelas Henry.

Dalam konsolidasi RK se-Jakarta yang dilaksanakan pada HUT Jakarta pada Juni lalu, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Jakarta butuh perubahan yang dibawa oleh pemimpin yang memiliki imajinasi.

 


Dihadiri Seluruh Koordinator di Jakut dan Kepulauan Seribu

Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri Rakor Virtual Mobilisasi Relawan Mahasiswa PPKM Jawa-Bali dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (6/8/2021) malam. (Foto: Pipin/Biro Adpim Jabar).

Konsolidasi tersebut dihadiri oleh seluruh koordinator tingkat kota di lima kota administrasi dan Kabupaten Pulau Seribu.

"Di kota sebesar Jakarta, seperti juga di New York, London, atau Beijing, semua ada. Dari konglomerat sampai orang miskin, teknologi tinggi sampai rumah kumuh. Mau makan atau fesyen yang jutaan ada, tapi yang masih susah makan juga ada," ucap dia.

"Maka dalam mengelola sebuah kota, kita harus melihat apa yang menjadi esensi sebuah kota, yakni manusia. Dan, inti dari memimpin kota adalah memahami manusia dengan segala harapan, cita-cita, ketakutan, dan kecemasannya," pungkas Ridwan Kamil yang merupakan mantan arsitek di Departemen Perencanaan Kota Berkeley, California, AS itu.

Infografis Dicabutnya Dukungan Golkar untuk Ridwan Kamil
Golkar mencabut dukungannya untuk Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya