Strategi Karolin Bangkitkan Sektor Pertanian Bila Menang Pilkada Kalbar

Karolin menjelaskan bahwa mekanisasi pertanian merupakan suatu ilmu tentang penggunaan alat dan mesin untuk aktivitas pertanian.

oleh Liputan6.com diperbarui 11 Jun 2018, 18:25 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2018, 18:25 WIB
Cagub Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa bersama warga saat berkampanye bersama warga (Istimewa)
Cagub Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa bersama warga saat berkampanye bersama warga. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Sektor pertanian harus mendapat perhatian yang lebih dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada masa mendatang. Namun diperlukan terobosan terutama dalam mekanisasi pertaniannya. Hal ini sudah masuk menjadi program prioritas Calon Gubernur Kalbar nomor urut dua Karolin Margret Natasa.

"Pertanian yang dikelola secara tradisional dengan sistem yang lebih modern, tentu saja hasilnya akan jauh berbeda. Apalagi jika menerapkan mekanisasi pertanian," ujar Karolin saat menjalani aktivitas kampanyenya di Kalimantan Barat, Sabtu, 12 Mei 2018. 

Karolin menjelaskan bahwa mekanisasi pertanian merupakan suatu ilmu tentang penggunaan alat dan mesin untuk aktivitas pertanian (alsintan).

"Alat dan mesin pertanian yang digerakkan baik dengan tenaga manusia, tenaga hewan, tenaga motor maupun tenaga mekanis lainnya," terang dia.

Di negara berkembang, kata Karolin, pengembangan sektor pertanian terutama penerapan mekanisasi pertanian sudah lama diterapkan. "Di Indonesia juga sudah memulai. Tinggal yang kita inginkan, ada pemahaman yang merata di setiap petani," kata Karolin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mekanisasi Pertanian

Karolin menjelaskan, pertanian merupakan salah satu dari tujuh program prioritas yang akan dijalankan bila terpilih menjadi gubernur di Pilkada Kalbar.

"Salah satu upaya meningkatkan potensi pertanian tersebut, adalah dengan mekanisasi pertanian," ucap Politikus PDI Perjuangan itu. 

Guna mendorong mekanisasi pertanian berjalan dengan baik ke depan, Karolin siap memperjuangkan petani-petani Kalbar untuk bisa mendapatkan alat dan mesin pertanian (alsintan), baik itu dari bantuan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya