Didukung 8 Parpol, Pasangan Zainal-Yansen Daftar Pilkada Kalimantan Utara

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Utara Suryanata Al Islami bersama anggota KPU lainnya menerima berkas pendaftaran dari pasangan Zainal-Yansen.

oleh Mevi Linawati diperbarui 06 Sep 2020, 12:44 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2020, 12:43 WIB
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang-Yansen Tipa Padan (ZIYAP) merupakan pendaftar pertama ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltara di Tanjung Selor, Minggu (6/9/2020).

Kedatangan pasangan tersebut disambut dengan warga yang berpakaian adat suku yang ada di Kaltara, di antaranya Dayak, Tidung, Bugis, dan Jawa. Atraksi Barongsai, reog, dan tarian suku Dayak turut memeriahkan kedatangan Zainal-Yansen.

Dikutip dari Antara, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Utara Suryanata Al Islami bersama anggota KPU lainnya menerima berkas pendaftaran dari pasangan Zainal-Yansen.

Saat mendaftar, pasangan tersebut didampingi para ketua partai pendukung dan pengusung. Sebanyak delapan partai politik mendukung pasangan ini di Pemilihan Gubernur Kalimantan Utara 2020.

Partai pendukung tersebut di antaranya, yakni PDIP, Partai Demokrat, PPP, PKB, Partai Gerindra, Partai Gelora, dan PKPI.

Saat memasuki salah satu ruangan di KPU Kalimantan Utara, jumlah orang dibatasi dengan pemeriksaan ketat, terutama penerapan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Senang Banyak Diusung Parpol

[Bintang] Jangan Cuma Mikirin Hari Libur, Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Pilkada 27 Juni
Setelah libur Lebaran agak-agaknya aroma liburan sudah mulai tercium. Katanya Pilkada 27 Juni jadi hari libur lho. (Ilustrasi: Liputan6.com/Yoshiro)

Sebelumnya, mantan Wakapolda Kaltara, Brigjen Pol Zainal A Paliwang diusung PDIP menjadi calon Gubernur Kaltara pada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kaltara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Zainal A Paliwang yang dihubungi melalui sambungan telepon dari Nunukan, Jumat membenarkan telah menerima rekomendasi tersebut. Dia dipasangan dengan Bupati Malinau dua periode, Yansen Tipa Padang, pada 28 Agustus 2020.

Terkait hal ini, dia mengaku sangat senang karena partai politik yang mengusung dirinya bertambah. 

Bakal pasangan calon Zainal A Paliwang-Yansen TP (ZIYAP) ini telah mendapatkan rekomendasi dari sejumlah partai seperti Partai Demokrat, Gerindra, dan PKB.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya