Pengamat Nilai Erick Thohir Kompeten Jadi Bakal Cawapres di Pilpres 2024

Kompetensi kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sangat mumpuni untuk dapat melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 01 Okt 2023, 18:50 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2023, 18:50 WIB
Foto: Buka-bukaan Erick Thohir Mulai dari Hukuman FIFA hingga Wasit Nakal di Liga Indonesia
Ketua umum PSSI, Erick Thohir, memberikan keterangan saat wawancara ekslusif pada program acara Liputan 6 Talks di SCTV Tower, Jakarta, Minggu (09/04/2023). Sanksi dari otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu berupa pembekuan dana dari FIFA Forward. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Kompetensi kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sangat mumpuni untuk dapat melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sosoknya dinilai begitu konsisten mendapatkan dukungan besar untuk dapat maju sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Hal itu seperti disampaikan Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang Salahudin. Dia mengatakan, Erick Thohir sukses menghadirkan kepemimpinan yang sangat teruji.

"Dampak dari kepemimpinan Erick Thohir mendorong hadirnya banyak kemajuan besar. Hal demikian tentu menjadi sebuah keunggulan yang mendapat banyak perhatian dari semua kalangan masyarakat. Membuatnya semakin mendapat nilai positif untuk meneruskan kerberhasilan-keberhasilan dari Jokowi," ujar Salahudin melalui keterangan tertulis, Minggu (1/10/2023).

"Erick Thohir ini mempunyai kekuatan yang membuat publik percaya ia mampu melanjutkan kepepimpinan Jokowi," sambung dia.

Lebih lanjut dia memaparkan, Erick Thohir mampu menghadirkan kinerja BUMN yanh efektif dengan banyak hasil kemajuan. Salahudin menyebut, perusahaan-persuahaan pelat merah dibawa Erick Thohir tidak hanya menguntungkan bagi negara, namun juga pada kesejahteraan rakyat sepenuhnya.

"Alhasil membuat Erick Thohir mampu menghadirkan berbagai program kebijakan yang berlandaskan pada kepentingan rakyat. Berbagai kebijakan pro rakyat pun berhasil dihadirkan yang semakin menguntungkan bagi rakyat," terang dia.

"Kini perusahaan-perusahaan BUMN tidak didesain untuk berbinis dengan masyarakat. Melainkan untuk memberikan bantuan sampai akar rumput agar kesenjangan ekonomi dapat teratasi," sambung Salahudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mampu Gerakkan Sektor Ekonomi

Konferensi Pers Erick Thohir Mengenai Piala Dunia U-17 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan kepada media saat konferensi pers mengenai Piala Dunia U-17 2023 di Menara Danareksa, Jakarta, Sabtu (24/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kemudian menurut Salahudin, dari sektor ekonomi, Erick Thohir juga berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat kecil dengan menggalakkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR), Mekaar, dan Makmur.

"Imbasnya kini semakin membuat pertumbuhan perekonomian masyarakat semakin bergeliat," ucap dia.

"Lewat gagasan Erick Thohir tersebut berhasil menyalurkan KUR sebesar Rp 104,5 triliun kepada 2,7 juta pelaku UMKM atau setara 41,12 persen dari target breakdown pemerintah di tahun ini sebesar Rp 254,1 triliun," pungkas Salahudin.

 


Survei: Kinerja Baik Jadi Alasan Erick Thohir Cocok Dipasangkan Prabowo

Momen Menteri Pertahanan Prabowo Subianto semobil dengan Menteri BUMN Erick Thohir
Momen Menteri Pertahanan Prabowo Subianto semobil dengan Menteri BUMN Erick Thohir (dok: @erickthohir / Ilyas)

Sebelumnya, Indikator Politik Indonesia (IPI) baru saja merilis hasil survei terbarunya pada periode 25 Agustus hingga 3 Septermber 2023.

Dalam pantauan survei tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menduduki posisi teratas sebagai kandidat Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto.

Menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi ini berhasil menduduki posisi teratas dengan torehan 25,8 persen suara. Ia berhasil mengalahkan kandidat potensial lainnya untuk pendamping dari KIM.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi menjelaskan mengapa Erick Thohir cocok jadi cawapres Prabowo. Para responden menilai kinerja yang dimiliki Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini sangat baik untuk membawa kemajuan Indonesia.

"Alasan mengapa responden menganggap Erick Thohir pantas mendampingi Prabowo di pilpres mendatang adalah kinerja dinilai baik oleh responden," kata Burhanuddin dikutip dari kanal YouTube IPI, Sabtu 30 September 2023.

Melihat hal tersebut, Erick Thohir memang memiliki rekam jajak yang berhasil menakhodai BUMN dan PSSI. Seperti, Erick Thohir berhasil meningkatkan laba Kementerian BUMN yang tadinya hanya Rp13 triliun di tahun 2020, meningkat tajam menjadi Rp303 triliun pada tahun 2022.

 


Apresiasi

Menteri BUMN Erick Thohir turut serta memperingati ulang tahun Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Menteri BUMN Erick Thohir turut serta memperingati ulang tahun Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia pun memberikan ulasan sosok Jokowi dari kacamatanya. (Sumber: akun Instagram @erickthohir)

Selain itu di PSSI, Eks Presiden Inter Milan ini sukses mengantarkan Timnas Indonesia meraih medali emas di SEA Games 2023. Terbaru, Erick Thohir sukses membawa kemenangan Timnas Indonesia dalam ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Perlu diketahui, semua kinerja hasil kerja keras oleh Erick Thohir ini mendapatkan apresiasi maupun pujian langsung dari Presiden Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia ini sangat senang dan bahagia kapada Erick Thohir karena telah berhasil mentranformasi BUMN dan PSSI secara bersamaan.

Untuk mencapai kesuksesan, tidak jarang Erick Thohir ini turun langsung ke lapangan untuk mengecek sebuah pekerjaan, memastikan semuanya berjalan sesuai dengan perencanaan. Tentu ini menjadi bukti konkret Erick Thohir cocok dipasangkan Prabowo.

"Erick Thohir 25,8 persen paling banyak dinilai sebagai yang paling pantas menjadi wakil presiden untuk Prabowo Subianto," pungkas Burhanuddin.

Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya