Manisnya Kahiyang Ayu Berkebaya Janggan Dampingi Bobby Nasution di Perayaan HUT Kota Medan

Alih-alih mengadopsi tampilan Sumatra Utara, Kahiyang Ayu berbusana khas Jawa, dengan kain batik dan kebaya janggan.

oleh Asnida Riani diperbarui 03 Jul 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 03 Jul 2024, 11:00 WIB
Gaya Kahiyang Ayu saat ulang tahun Medan. [@bobbynst]
Gaya Kahiyang Ayu saat ulang tahun Medan. [@bobbynst]

Liputan6.com, Jakarta - Kahiyang Ayu kembali tampil sebagai ibu pejabat saat mendampingi suaminya, Bobby Nasution, menghadiri perayaan HUT Kota Medan, baru-baru ini. Kompak dengan tamu undangan lain, putri semata wayang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengenakan busana tradisional.

Alih-alih mengadopsi tampilan Sumatra Utara, perempuan yang akrab disapa Ayang ini berbusana khas Jawa, dengan kain batik dan kebaya janggan. Bukan berwarna gelap, ibu tiga anak ini memilih tampil manis dengan atasan merah muda yang serasi dengan heels-nya yang merupakan rilisan jenama Brasil.

Sebagai pelengkap, Kahiyang terlihat memakai bros emas di dada kirinya, juga memakai sepasang anting sebagai aksesori lain. Kian formal, ia menata rambutnya dalam sanggul rendah nan rapi, sementara wajahnya berpulas rose makeup yang tidak hanya terkesan segar, namun memberi kesan muda.

Sedangkan, Bobby terlihat necis dalam setelan jas deep navy dipadukan kemeja putih dan dasi merah. Tidak ketinggalan, ia juga memakai kopiah hitam di kesempatan itu. Merujuk sejumlah foto yang dibagaikan di akun Instagram keduanya, mereka terlihat menghadiri upacara peringatan kota yang tengah dipimpin Bobby tersebut.

"Kota Medan telah melalui perjalanan yang panjang untuk mencapai usia ke-434 tahun. Perjalanan panjang yang dilalui tentunya dapat dijadikan acuan dalam memajukan Kota Medan," tulis menantu Jokowi, Senin, 1 Juli 2024.

Ia melanjutkan, "Melakukan pembangunan infrastruktur dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul menjadi salah satu upaya kami untuk menjadikan Kota Medan dapat menjadi bagian dari Indonesia Emas 2045. Hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-434 Kota Medan tahun ini, yaitu 'Akselerasi Menuju Kota Global.'"

"Semoga ke depannya Kota Medan menjadi kota yang lebih baik, berkah, dan global," harap Bobby Nasution.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tampilan Lain dari Kahiyang

Pakai Wastra Nusantara dan Makin Langsing, Penampilan Baru Kahiyang Ayu Banjir Pujian Warganet
Pakai Wastra Nusantara dan Makin Langsing, Penampilan Baru Kahiyang Ayu Banjir Pujian Warganet.  foto: (dok.Instagram @ayanggkahiyang/https://www.instagram.com/p/C5BQPIbv0cv/Henry)

Ini tentu bukan kali pertama penampilan Kahiyang Ayu jadi sorotan. Di sebuah foto yang dibagikan pada akhir Maret 2024, ia terlihat tampil anggun dengan outfit bernuansa etnik.

"Heloooo," tulisnya singkat dalam keterangan unggahannya pada 27 Maret 2024.  Kahiyang terlihat lebih langsing karena diet yang dijalaninya berhasil membuat berat badannya turun sampai sekitar 30 kilogram. 

Di potret itu, adik Gibran Rakabuming Raka ini tampak mengenakan vest bermaterial wastra Nusantara, ulos yang terdiri dari beragam corak yang cantik berpadu midi skirt hitam dengan belahan cukup tinggi. Kahiyang melengkapi tampilannya dengan menenteng tas kecil hitam dan memakai heels berwarna senada.

Meski atasannya merupakan produk lokal, alas kaki Kahiyang tetap berasal dari merek andalannya. Ia memakai sepatu hak tinggi rilisan jenama Spanyol, Manolo Blahnik, dalam tipe Hangisi 70 Satin Pumps with CLC Crystal Buckle.

Sebagai istri Wali Kota Medan, Kahiyang kerap bersinggungan dengan masyarakat. Tugasnya termasuk memberdayakan warga lokal lewat kegiatan, penanganan kesehatan, membangkitkan perekonomian, dan mengaspirasi kesejahteraan mereka.


Berkegiatan Sebagai Ibu Pejabat

Pesona Anggun Kahiyang Ayu Hadiri HUT ke-44 Dekranas dengan Kebaya dan Kain Ulos
Lihat di sini tampilan anggun Kahiyang Ayu dibalut kebaya dan kain ulos saat hadiri HUT ke-44 Dekranas. [@ayangkahiyang]

Di sebuah kegiatan dengan sejumlah ibu-ibu PKK warga di Kelurahan Bengkel Baru, Kecamatan Medan Timur, misalnya. Saat itu, Kahiyang mengapresiasi pengolahan buah sukun jadi berbagai jenis produk untuk memberdayakan ekonomi keluarga dalam pemanfaatan lahan tidur, dalam hal ini pekarangan.

"Saya mengapresiasi untuk kelurahan ini karena sudah membuat dodol sukun, bolu sukun, keripik sukun. Ada pertanyaan ataukah ada permintaan? Kalau permintaan janganlah banyak-banyak bu," tanya Kahiyang sekaligus bercanda dalam video TikTok diunggah akun @prokopim_pemkomedan pada 23 Februari 2024.

"Kalau ada kesempatan bolehlah bu, kami berstudi banding," jawab seorang ibu berkerudung hijau yang mewakili kelurahan tersebut. Ia berharap bisa belajar dari daerah lebih maju, misalnya di Pulau Jawa. Video lalu terpotong dengan cuplikan kegiatan selama Kahiyang membina kegiatan di kelurahan tersebut.

Mengenakan pakaian kemeja semi formal dan rok hitam, ibu tiga anak ini berkeliling melihat hasil olahan buah sukun yang tadi disebutkan, lalu memetik sayur bersama anggota ibu-ibu PKK. Kegiatan itu diakhiri foto bersama dengan para partisipan.


Kahiyang Santun Saat Berhijab

Kahiyang Ayu pakai hijab (Instagram/ayangkahiyang)
Kahiyang Ayu pakai hijab (Instagram/ayangkahiyang)

Sebelumnya, Kahiyang difoto memakai hijab saat menghadiri sebuah acara. Kali itu, ia mengenakan hijab saat mendampingi suaminya, Bobby Nasution, yang didapuk sebagai Tokoh Nasional Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan).

Hal tersebut diketahui dari unggahan di akun Instagram Bobby dan Kahiyang pada 5 Februari 2024. Di acara yang berlangsung pada 4 Februari 2024 itu, Kahiyang tampak mengenakan dua busana berbeda.

Saat mengikuti prosesi adat, ia mengenakan busana gamis hitam dengan list emas sebagai variasi. Kakak Kaesang Pangarep itu tampak memakai hijab segi empat abu-abu dengan pembawaan nan anggun. Sementara pada deklarasi penyematan yang dihelat di alun-alun Bolak Kota Padangsidimpuan, Kahiyang terlihat mengenakan gaun panjang berwarna abu-abu dengan motif yang unik.

Ia memilih memadukannya dengan pashmina panjang abu-abu. Penampilan ini mendapatkan banyak komentar positif dari warganet, terutama banyak yang memujinya. Tidak sedikit yang menyebutnya semakin cantik, terutama dengan padu-padan busana yang dianggap kian melengkapi penampilannya.

Infografis Jenis-Jenis Wastra Indonesia
Infografis Jenis-Jenis Wastra Indonesia.  (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya