Sudirman Said: Lebih dari 550 Simpul Relawan AMIN Sudah Terdaftar, dan Terus Bertambah

Menurutnya, mereka yang akan bergabung dalam tim pemenangan Anies-Cak Imin tidak akan semuanya didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

oleh Muhammad Ali diperbarui 28 Okt 2023, 04:30 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2023, 04:30 WIB
Juru Bicara Anies Baswedan Sudirman Said di Rumah Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Nomor 46, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023).
Juru Bicara Anies Baswedan Sudirman Said di Rumah Koalisi Perubahan, Jalan Brawijaya X, Nomor 46, Jakarta Selatan, Rabu (18/10/2023). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

 

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Bacapres dari Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) sebagai calon presiden dan calon wakil presiden, Sudirman Said mengaku, bakal membuka diri untuk siapa pun yang ingin bergabung dalam Timnas Pemenangan.

Hingga kini, belum diumumkan kapan Timnas Pemenangan AMIN ini akan diumumkan secara resmi.

"Tentu kita akan sangat berterimakasih bila tokoh-tokoh besar seperti Babeh, Jumhur, tadi yang hadirlah bisa bergabung dalam posisi apa pun," kata Sudirman Said kepada wartawan di Gedung Joang 45, Jakarta, Jumat (27/10/2023).

"Karena seperti yang saya katakan dalam forum kan ini kerja besar, kerja kolosal yang bahkan Tim Nasional isinya 1.000 orang enggak cukup," sambungnya.

Menurutnya, mereka yang akan bergabung tidak akan semuanya didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Kedua, sesungguhnya ini kerja bersama, dan kesukarelawanan atau voluntirism bakal jadi penentu kemenangan ini. Alhamdulillah tenaga utama dari Pak Anies dan Muhaimin ini ternyata relawan yang luar biasa, tentu saja dengan partai-partai. Relawan luar biasa lebih dari 550 simpul yang terdaftar," ujarnya.

"Artinya supaya kita bisa mengidentifikasi lokasinya, gimana pergerakan. Alhamdulillah terus bertambah dengan segala macam minat dan bidang-bidang tugas yang mau dikerjakan," sambungnya.

Selain itu, terkait dengan Timnas Pemenangan yang belum diumumkan secara resmi dan siapa saja yang bergabung. Menurutnya, sejumlah orang sudah mulai bekerja untuk memenangkan Anies-Cak Imin.

"Sebenarnya kan bukan soal diumumkan ya. Tapi sejumlah nama sudah bekerja juga. Jadi yang penting pekerjaan tidak putus terus beraktivitas. Itukan soal formalitas, itu bukan hal prinsipil, itu hanya soal teknis," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tim Baja AMIN Bakal Urus Pendaftaran

Koalisi Perubahan yang mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai bakal calon presiden (capres)-bakal calon wakil presiden (cawapres) membentuk Badan Pekerja atau Baja AMIN. Total Tim Baja AMIN beranggotakan 15 orang.

Ketua DPP Partai NasDem sekaligus Tim Baja AMIN Willy Aditya mengatakan, nantinya Baja AMIN punya tugas yang cukup krusial menggantikan peran Tim 8 Koalisi Perubahan.

Namun, kata dia, Baja AMIN punya gugus tugas yang berbeda dengan Tim Nasional Pemenangan (Timnas) AMIN yang tengah digodok.

"Gini, tim pemenangan itu kan yang akan didaftarkan ke KPU. Baja ini badan pekerja yang mempersiapkan A sampai Z. Sekarang dia include juga menjadi tim pemenangan," ujar Willy di Sekretariat Pemenangan, Jalan Brawijaya X Nomor 46, Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2023).

Dia mengungkapkan, Baja AMIN bakal mempersiapkan kebutuhan Timnas Pemenangan AMIN. Termasuk, kata Willy, mempersiapkan pendaftaran Anies Baswedan-Cak Imin ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, hingga visi misi pasangan Anies-Cak Imin.

"Jadi gugus tugasnya pendaftaran, pemenangan, visi misi, program, sampai pada komunikasi publik, semuanya," ungkap Willy.

Menurut dia, Tim Baja AMIN lebih juga bisa bergabung menjadi anggota pemenangan. Bedanya, kata Willy, tim pemenangan Anies-Cak Imin lebih terbuka karena anggotanya akan meliputi unsur internal partai dan unsur eksternal.

"Ada, maybe yes, maybe no. Karena apa? Karena untuk pemenangan kita lebih terbuka tapi tentu ada unsur dari partai, unsur dari luar, unsur dari relawan, unsur profesional," jelas dia.


Bentuk Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

Sebelumnya, bakal capres dan bakal cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi membentuk Badan Pekerja (Baja) Anies-Cak Imin (AMIN). Anies menyebut, Baja AMIN menggantikan Tim 8 Koalisi Perubahan yang tugasnya telah berakhir.

"Ini menggantikan peran yang kemarin dikerjakan oleh Tim 8, dan dengan ada BAJA ini maka semua komunikasi teman-teman juga adalah lewat BAJA," kata Anies di Sekretariat Pemenangan Anies-Cak Imin di Jalan Brawijaya X Nomor 46, Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2023).

Anies menyampaikan, Baja AMIN beranggotakan 15 orang yang terdiri dari tiga perwakilan dari masing-masing partai politik (parpol) KoaIisi Perubahan (NasDem, PKS, dan PKB), tiga orang kepercayaan Bakal Capres Anies Baswedan, dan tiga orang kepercayaan Bakal Cawapres Cak Imin.

Ada pun perwakilan dari Partai NasDem meliputi Ketua DPP NasDem Willy Aditya, Koordinator Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP NasDem, Suyoto (Kang Nyoto), dan Ketua DPP Pemenangan Pemilu Jawa 4 (Jatim) Dossy Iskandar Prasetyo.

Kemudian, dari PKB, tiga nama yang terlibat dalam Baja AMIN antara lain Wasekjen PKB Syaiful Huda, Koordinator Bidang Pencalegan DPP PKB Nihayatul Wafiroh, Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim.

Reporter: Nur Habibie

Infografis Geger Kabar Cak Imin Jadi Cawapres Anies dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Geger Kabar Cak Imin Jadi Cawapres Anies dan Tudingan Khianat. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya