Ungkap Strategi Menangkan Ganjar-Mahfud 1 Putaran, Hasto PDIP: Bukan dengan Intimidasi

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meyakini pasangan calon nomor 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan menang satu putaran di Pilpres 2024.

oleh Winda Nelfira diperbarui 15 Jan 2024, 21:50 WIB
Diterbitkan 15 Jan 2024, 21:50 WIB
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat memberikan sambutan dalam acara fun cooking bersama Siti Atikoh di Pasar Jaten, Kampung Jawi, Kecamatan Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023). (Foto: Dokumentasi PDIP).

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto meyakini narasi pemilihan umum (Pemilu) satu atau dua putaran tergantung pada rakyat. Sebab, kata Hasto, sistem pemerintahan Indonesia adalah demokrasi.

Menurut Hasto, partai pengusung dan pasangan calon (paslon) yang banyak bergerak turun langsung ke masyarakat bawahlah yang akan memenangkan Pemilu 2024.

"Jadi kita percayakan pada rakyat. Hanya hukum demokrasi siapa yang bergerak ke bawah, yang memperkuat akar rumput, yang mampu membahasakan mimpi rakyat di dalam kebijakan-kebijakan bagi masa depan itulah yang akan memenangkan pemilu," kata Hasto di Bentara Budaya, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Oleh sebab itu, PDIP gencar turun ke bawah menemui akar rumput. Hasto menyebut, turun ke bawah merupakan gerakan nyata memenangkan Pemilu 2024 satu putaran.

"Karena itulah kami lebih memilih bergerak ke bawah karena itu suatu gerakan nyata untuk menangkan satu putaran, bukan melalui intimidasi," ucap Hasto.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meyakini pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 3, Ganjar-Mahfud, akan menang satu putaran di Pilpres 2024.

Hal tersebut, diungkapkan Megawati saat berpidato di HUT ke-51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Megawati: Sampaikan Kebenaran Meskipun Itu Pahit

Pidato Megawati di HUT PDIP
"Di dalam pemilu, pemilihan umum, ada moral dan etika yang harus dijunjung tinggi. Lo saya pernah presiden. Setelah pemilu, enggak ribut saya. Ya sudah, kalau memang betul rakyat itu memilih, ya sudah," ujarnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pada sambutannya, Megawati mengawali dengan berpesan agar menjaga moral berpolitik dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Pesan politik kebenaran ternyata juga dapat diambil dari keteladanan dari Nabi Muhammad SAW, karena apa? Seorang sahabat nabi, yang hidup katanya paling miskin namun sangat berbahagia, yakni Abuzar Al Gifari, Rasulullah berpesan Qulil Haqqa Walau Kana Murran, apa yang artinya? Sampaikan kebenaran meskipun itu pahit," kata Megawati

"Kok ini kaya ceramah rohani kok? Biarin sadar. Nah ini lagi, siapa yang beragama tolong eling (ingat)," tambahnya.

Megawati menuturkan, Sidharta Gautama pernah menyebutkan bahwa tiga hal yang tak bisa disembunyikan di dunia ini yakni fungsi matahari, bulan, hingga kebenaran.

Infografis HUT ke-51 PDIP dan Pesan Politik Megawati. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis HUT ke-51 PDIP dan Pesan Politik Megawati. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya