Ingin Jadi Gubernur Banten, Airin Sebut Masih Butuh 6 Kursi Lagi

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, partainya Golkar masih membutuhkan enam kursi lagi agar dirinya bisa berlaga di Pilkada 2024 meraih posisi Gubernur Banten.

oleh Tim News diperbarui 03 Mei 2024, 02:02 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2024, 02:02 WIB
Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Airin Rachmi Diany mencatatkan suara tinggi dalam pemilu 2024. (Istmewa)
Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI Airin Rachmi Diany mencatatkan suara tinggi dalam pemilu 2024. (Istmewa)

Liputan6.com, Jakarta Mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, partainya Golkar masih membutuhkan enam kursi lagi agar dirinya bisa berlaga di Pilkada 2024 meraih posisi Gubernur Banten.

"Sekitar enam kursi lagi kalau untuk provinsi," kata dia usai acara Taaruf Politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Airin mengungkapkan, untuk maju sebagai Calon Gubernur Banten harus membutuhkan sebanyak 20 kursi dari 100 kursi di DPRD Banten.

"Baru ada 14 kursi dan sekarang ketua DPRD-nya dari Partai Golkar," sebutnya.

Sehingga, menurut Airin, dengan pendekatan kepada PKB akan bisa tercukupi.

"Cukup karena PKB 10 kursi, tapi kan kalau pemenangan kan mudah-mudahan bisa sama-sama," pungkasnya.

Sebelumnya, Politikus Golkar sekaligus Mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meghadiri ta'aruf politik calon kepala daerah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pada Kamis (2/5/2024).

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut, Airin telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur Banten.

“Yang Banten gubernur banyak salah satu nama yang muncul ada Airin dari Golkar,” kata Cak Imin di Grand Sahid Jaya, Kamis (2/5/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PKB Juga Membuka untuk Jakarta

Sementara untuk Jakarta, Cak Imin menyebut ada nama Menaker Ida Fauziah dan Politikus Golkar Ahmad Zaki Iskandar.

Menurut Cak Imin, bakal calon yang sudah mendaftar ke PKB akan melalui seleksi ketat yang meliputi tes kapasitas, kapabilitas dan elektabilitas.

“Mereka mulai hari ini mengikuti berbagai proses seleksi. Tentu tiga aspek utama yang pertama kapasitas kapabilitas, kedua visi, ketiga elektabilitas. Kita masih punya waktu sekitar enam bulan untuk mematangkan apabia elektabilitas dari calon-calon yang kita siapkan ini perlu kita tingkatkan, kita support,” bebernya.

 


Belum Jalin Komunikasi dengan Airlangga

Terkait adanya kader partai Golkar yang mendaftar, Cak Imin mengaku belum menjalin komunikasi dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Belum. Ini proses dari bawah. Nanti pada akhirnya, tapi rata-rata mereka sudah pamit kepada para ketua umumnya,” pungkasnya.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya