Pesan Mengharukan Kevin Sanjaya Usai Pensiun dari Bulu Tangkis

Kevin Sanjaya berpamitan kepada fans melalui media sosial. Kevin pensiun diusia 28 tahun.

oleh Thomas diperbarui 17 Mei 2024, 05:28 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2024, 16:00 WIB
Bulu Tangkis Daihatsu Indonesia Masters 2022: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
Pasangan ganda putra Indonesia unggulan pertama, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat bertanding melawan pasangan Malaysia unggulan ke-8, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dalam babak perempatfinal Turnamen Bulu Tangkis Daihatsu Indonesia Master 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (10/6/2022). Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menang rubber game 10-21, 21-11 dan 21-18. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Liputan6.com, Jakarta Kevin Sanjaya Sukamuljo pada Kamis 16 Mei 2024 mengumumkan secara resmi pensiun sebagai atlet bulu tangkis. Kevin gantung raket di usia yang relatif masih muda yakni 28 tahun.

Dalam pernyataan resminya Kevin Sanjaya merasa bersyukur bisa meraih banyak prestasi membanggakan di dunia badminton. Kevin juga bercerita mengenai awal perjalanan kariernya dari kecil hingga dikenal sebagai salah satu atlet tepok bulu terbaik di dunia.

"Saya sangat bersyukur Tuhan telah memberikan karier yang luar biasa di dunia badminton. Perjalanan saya di dunia badminton di mulai dari saya berusia 5 tahun. Di usia saya yang ke-12, saya merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-cita saya sebagai atlet nasional. Di tahun 2013 saya mendapat kesempatan untuk bergabung ke PBSI di kota Jakarta," tulis Kevin di media sosial.

Keputusan gantung raket ini sangat berat diambil Kevin. Apalagi dia harus melupakan impian menjadi medali emas Olimpiade yang belum pernah dirasakan. Salah satunya juga karena pengaruh tandem abadinya Marcus Gideon yang sudah lebih dulu memutuskan pensiun.

"Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan @marcusfernaldig sampai saat ini, walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World championship. Namun sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini, Saya telah berfikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini. Di mulai dari cidera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Di tambah, partner saya cidera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke olimpiade 2024," sambung Kevin.

"Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan. Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah kedepan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Sesuai Harapan

Kevin/Marcus Pulang Lebih Cepat di Indonesia Open 2022
Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon (tak terlihat) saat bertanding melawan pasangan Korea Selatan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae pada babak 16 besar Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022). Kevin/Marcus terhenti di babak 16 besar setelah kalah 14-21, 12-21. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton."  

"Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini. Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa di bilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya."

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya