Ini Kegiatan Ridwan Kamil-Suswono hingga Pramono Anung-Rano Karno Jelang Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024

Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 ini akan diikuti oleh 3 pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur, yaitu nomor 1 Ridwan Kamil-Suswono, nomor 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 06 Okt 2024, 17:00 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 17:00 WIB
Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Para kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta menunjukkan hasil undian no urut pasangan calon pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta, di Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jakarta bakal menggelar debat perdana Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta 2024 pada hari ini, Minggu (6/10/2024) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Debat perdana Pilkada Jakarta 2024 ini akan diikuti oleh 3 pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur. Mereka yaitu nomor 1 Ridwan Kamil-Suswono, nomor 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno.

Lantas, bagaimanakah kegiatan atau pun persiapan dari masing-masing paslon jelang debat perdana Pilkada Jakarta 2024 malam nanti?

Rupanya, pada hari ini, Minggu (6/10/2024), paslon Ridwan Kamil-Suswono mendapatkan dukungan dari sopir angkutan umum di wilayah Jakarta Utara yang tergabung dalam Koperasi Wahana Kalpika (KWK).

Perwakilan pengurus Koperasi Wahana Kalpika, Ramli juga menginstruksikan kepada pengurus dan pengemudi angkot di Jakarta untuk dapat memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO). Dia mengatakan, ada sekitar tiga ribu sopir angkot yang tergabung dalam KWK.

"Sahabat-sahabatku para pengemudi KWK, Jakarta Utara yang berjumlah 1.267 unit dengan jumlah sopir sebanyak 3.000, saya instruksikan bekerja keras mengajak saudara, keluarga dan tetangga untuk mendukung RIDO, Bang Haji Ustad Ridwan Kamil," kata Ramli dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (6/10/2024).

Kemudian, Ridwan Kamil (RK) pun mengaku optimistis bakal mendominasi debat perdana Pemilihan Gubernur atau debat perdana Pilgub Jakarta 2024. Sebab, kata RK sudah berpengalaman memimpin di Jawa Barat (Jabar).

"Kalau nggak optimis, masa jadi pemimpin. Saya selalu optimis, pengalaman 10 tahun (di Bandung dan Jabar)," kata RK.

Berbeda, cagub nomor urut 3 Pramono Anung menemui ribuan warga Kediri di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Hal itu dilakukannya menjelang momen debat perdana yang akan diselenggarakan di Jakarta International Expo atau JIExpo Kemayoran malam nanti.

"Ini keluarga Besar Kediri dan Kediri tempat kelahiran saya. Saya sebenarnya mau mengosongkan acara (sebelum debat), tapi hanya untuk Kediri, saya mau. Sehingga, menambah energi kepada saya pribadi," tutur Pramono di Kawasan TMII.

Berikut melihat kegiatan atau pun persiapan dari masing-masing paslon jelang debat perdana Pilkada Jakarta 2024 pada Minggu malam (6/10/2024) dihimpun Tim News Liputan6.com:

 


1. Paslon Nomor Urut 1 Ridwan Kamil-Suswono Temui Sopir Angkutan Umum dan Optimistis saat Debat

Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Hasil pengundian tersebut adalah untuk pasangan nomor urut 1 adalah Ridwan Kamil-Suswono. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono mendapatkan dukungan dari sopir angkutan umum di wilayah Jakarta Utara yang tergabung dalam Koperasi Wahana Kalpika (KWK).

Perwakilan pengurus Koperasi Wahana Kalpika, Ramli juga menginstruksikan kepada pengurus dan pengemudi angkot di Jakarta untuk dapat memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono. Dia bilang, ada sekitar tiga ribu sopir angkot yang tergabung dalam KWK.

"Sahabat-sahabatku para pengemudi KWK, Jakarta Utara yang berjumlah 1.267 unit dengan jumlah sopir sebanyak 3.000, saya instruksikan bekerja keras mengajak saudara, keluarga dan tetangga untuk mendukung RIDO, Bang Haji Ustad Ridwan Kamil," kata Ramli dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (6/10/2024).

Ramli mengatakan, tak hanya KWK, ia juga akan mencari dukungan untuk Ridwan Kamil-Suswono dengan cara mengajak semua pengemudi angkutan umum di seluruh Jakarta.

"Ajakan ini juga akan dilakukan oleh pengurus dan anggota KWK di wilayah-wilayah lain. Jika berkesempatan mereka siap semua dan kekuatannya sama seperti ini, karena jumlah kita ada 6.328 unit untuk Jakarta, setengah dari seluruh angkutan kota," ujarnya.

Salah satu pengemudi angkot, Fiqri mengaku terharu dengan kehadiran Ridwan Kamil ke acara Koperasi Wahana Kalpika. Dia menilai, Ridwan Kamil akan memberikan perubahan yang besar untuk Jakarta, termasuk memerhatikan nasib para pengemudi angkot.

"Kami sangat menaruh harapan besar ya ke Ridwan Kamil. Semoga Pak Ridwan menang satu putaran. Perhatikan rakyat-rakyat kecil seperti kami ya," ujarnya.

Senada, Pengemudi angkutan umum lainnya, Ridwan juga menyebut akan bekerja keras membantu kemenangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

"Saya mau sosialisasikan, mau bantu Pak Ridwan Kamil jadi gubernur. Saat narik angkot saya akan bilang ke penumpang untuk pilih nomor 1, pasangan RIDO," kata dia.

Selain itu, RK pun optimistis bakal mendominasi debat perdana pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta yang dihelat Minggu malam (6/10/2024). Sebab, kata RK sudah berpengalaman memimpin di Jawa Barat (Jabar).

"Kalau nggak optimis, masa jadi pemimpin. Saya selalu optimis, pengalaman 10 tahun (di Bandung dan Jabar)," kata RK kepada wartawan di Posko Bang Mul, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2024).

Menurut RK, bersama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Suswono segala persiapan menjelang debat Pilkada Jakarta telah dilakukan. Semisal, melangsungkan latihan-latihan yang diperlukan.

Mantan Gubernur Jabar ini berharap, debat cagub-cawagub nanti malam akan berjalan dengan hangat. Dia ingin agar gagasan yang disampaikan dalam debat dapat tersampaikan dengan baik ke warga Jakarta.

"Namanya juga debat, tentunya kita berharap ramai, hangat tapi tetap sopan ya. Sehingga warga Jakarta bisa langsung melihat bagaimana kita membawa Jakarta Baru Jakarta Maju dalam bentuk catatan-catatan yang sudah disiapkan. Mudah-mudahan mereka makin jatuh cinta," kata RK.

 


2. Paslon Nomor Urut 3 Pramono Anung-Rano Karno Hadiri Festival 1.000 Nasi Uduk dan ke TMII

Sah, Ini No Urut Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta
Sedangkan, Pramono Anung-Rano Karno mendapat nomor urut 3. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung mengaku bangga atas inisiatif penyelenggaraan Festival 1.000 Nasi Uduk yang digelar di GOR Cengkareng, Jakarta Barat. Menurut dia, festival tersebut adalah bentuk pelestarian budaya kuliner.

"Nasi uduk bukan sekadar makanan, tapi juga simbol kebersamaan dan gotong royong masyarakat Jakarta. Festival ini mengingatkan kita akan kekayaan budaya lokal yang harus kita kenalkan pada generasi muda," kata Pramono di lokasi, seperti dikutip Minggu (6/10/2024).

Senada dengan itu, calon wakil gubernur Rano Karno alias Si Doel, turut memberikan apresiasi kepada panitia festival.

"Saya berterima kasih kepada panitia yang sudah menyelenggarakan Festival 1.000 Nasi Uduk ini. Mari kita jaga bersama tradisi dan kebudayaan kita," ujar Rano, yang disambut tepuk tangan meriah dari masyarakat.

Rano juga menyinggung program keamanan yang ia rencanakan jika terpilih sebagai Wakil Gubernur Jakarta. Ia menyatakan rencananya untuk memasang CCTV di setiap RT/RW guna meningkatkan keamanan lingkungan.

Selain itu, bersama Pramono, dia berencana menggratiskan layanan MRT dan LRT untuk kelompok tertentu serta memberikan insentif bagi Posyandu, PKK, dan pengurus RT/RW sebagai upaya mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Keamanan adalah prioritas, dan kami ingin memastikan setiap warga Jakarta merasa aman di lingkungan mereka," tegas dia.

Selain itu, Pramono Anung juga menemui ribuan warga Kediri di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Hal itu dilakukannya menjelang momen debat perdana yang akan diselenggarakan di Jakarta International Expo Kemayoran malam ini.

"Ini keluarga Besar Kediri dan Kediri tempat kelahiran saya. Saya sebenarnya mau mengosongkan acara (sebelum debat), tapi hanya untuk Kediri, saya mau. Sehingga, menambah energi kepada saya pribadi," tutur Pramono di Kawasan TMII, Jakarta Timur, Minggu (6/10/2024).

Kepada warga Kediri di Jakarta, Pramono berharap mendapatkan banyak dukungan atas pencalonannya sebagai gubernur. Jika nanti terpilih, mantan sekretaris kabinet itu akan menjadi orang Kediri pertama yang menjadi gubernur Jakarta.

"Kalau saya terpilih, saya akan menjadi orang Kediri pertama yang menjadi gubernur," jelas dia disambut tepuk tangan meriah.

Soal debat nanti malam, Pramono mengaku sudah mempersiapkan segala hal, mulai dari substansi hingga tenggat waktu yang akan diberikan oleh panitia saat menjawab berbagai pertanyaan nanti.

"Tadi memang berlatih, terutama timing dan substansi. Apa yang menjadi program kami sebenarnya pelan-pelan sudah diketahui oleh publik," Pramono menandaskan.

Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Adu Program 3 Paslon di Debat Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya