Wanda Hamidah Ajak Ibu-Ibu Awasi Anak dari Penggunaan Gadget

Selain pengawasan, lanjut Wanda, seorang ibu juga harus punya cara untuk menjelaskan kepada anaknya terkait berita hoaks.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Des 2018, 15:08 WIB
Diterbitkan 27 Des 2018, 15:08 WIB
wanda hamidah
Wanda Hamidah mengajak ibu-ibu untuk mengawai penggunaan gadget bagi anak-anak. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Aktivis perempuan, Wanda Hamidah mengajak ibu-ibu untuk aktif menjaga anak-anaknya dari kecanduan penggunaan gadget. Wanda menilai paparan gadget akan berdampak negatif pada pertumbuhan anak.

"Jangan sembarangan kasih anak-anak menggunakan gadget tanpa pengawasan," ujar Wanda Hamidah dalam keterangannya, Kamis (27/12/2018).

Mengurangi anak menggunakan gadget juga merupakan salah satu cara agar anak-anak tidak ikut menjadi korban berita hoaks. Utamanya untuk anak-anak usia remaja belia.

"Hoaks itu gampang sekali tersebarnya, terutama melalui gadget ya, media sosial dan lainnya," ungkapnya.

Calon anggota legislatif dapil Jakarta Timur nomor urut 2 dari Nasdem itu mengatakan bukan berarti anak-anak tidak boleh sama sekali menggunakan gadget, karena banyak hal positif juga yang bisa diambil dari situ. Namun alangkah baiknya jika ada pengawasan dari orang tua.

"Nah di sini lah menurut saya salah satu peran perempuan dalam rumah tangga terutama pada anak-anak kita, mencegah keluarga kita, anak-anak kita agar tidak menjadi korban berita hoaks," tutur Wanda.

Selain pengawasan, lanjut Wanda, seorang ibu juga harus punya cara untuk menjelaskan kepada anaknya terkait berita hoaks. Yakni dengan mencari kebenaran dan sumber untuk menangkal hoaks tersebut.

"Cara sumbernya di media-media nasional, apakah benar atau tidak, jelas atau tidak informasi yang beredar, supaya kita punya bekal untuk menjelaskan kepada anak kita. Jangan asal larang dan ngomelin saja," pungkas Wanda Hamidah.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya