Tips Jitu cegah Tikus Masuk Rumah

Cara ampuh agar tikus tidak masuk ke rumah adalah memeriksa seluruh bagian rumah seperti pondasi, pintu, lubang wc.

oleh Kantrimaharani diperbarui 13 Jul 2016, 12:00 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2016, 12:00 WIB
cegahtikus
Cara ampuh agar tikus tidak masuk ke rumah adalah memeriksa seluruh bagian rumah.

Liputan6.com, Jakarta Tentu sangat menyebalkan bila tikus berkeliaran di rumah Anda. Selain memiliki sifat merusak benda-benda, tikus juga menyebarkan penyakit.

Seekor tikus tidak selalu berburu makanan di rumah. Bahkan lebih parah, tikus bisa menyerang manusia dengan cara menggigit.

Gigitan tikus sebaiknya tidak dianggap remeh. Jenis penyakit yang ditimbulkan dari gigitan tikus antara lain hantavirus, hermorhagic, lassa fever, leptospirosis, plague, tularemia, dan lain-lain.

Dilansir dari laman Rumah.com terdapat cara paling ampuh agar tikus tidak masuk ke dalam rumah, adalah dengan cara menutup bagian-bagian rumah yang rentan retak dan terbuka. Pada dasarnya tikus adalah hewan sigap yang dengan sangat mudah meretakkan lubang kecil menjadi lebih besar.

Berikut ini tempat-tempat yang kerap menjadi pintu favorit tikus masuk ke dalam rumah:

Pintu masuk rumah

Tikus tidak selalu masuk pada celah yang sempit. Sebuah pintu dengan kondisi terbuka lebar pun bisa menjadi gerbang favorit mereka untuk masuk secara leluasa.

Biasanya, Anda kerap lupa untuk menutup pintu kembali. Misalnya, saat menjemur pakaian, membeli sesuatu di warung, mencuci mobil, atau hanya sekedar menyiram tanaman.

Jadi, usahakan pintu agar selalu tertutup setelah Anda melalui pintu masuk utama. Bila tidak, tikus akan sangat mudah masuk tanpa permisi.

Pipa

Periksa pipa rumah Anda. Tikus ternyata menyukai jalur pipa yang panjang dan memiliki celah. Uniknya, tikus seperti memiliki insting bahwa pipa tersebut akan menyambung ke dalam rumah.

Untuk itu periksa pipa pada sink wastafel, pipa air, dan pipa pengantar air hujan. Bila terjadi kerusakan, jangan tunda terlalu lama untuk memperbaikinya.

Jendela

Tutup jendela saat malam hari. Sebab, biasanya tikus-tikus beraktifitas pada saat malam hari. Anda harus berhati-hati bila Anda ternyata memiliki rutinitas buka jendela saat malam hari. Siasati dengan memasang saringan udara untuk menghalau tikus masuk ke rumah.

Cek pondasi rumah

Tikus juga bisa masuk melalui pondasi rumah, terlebih yang dekat dengan ruang jendela dan pintu. Bila sudah keropos, maka sangat memudahkan bagi tikus untuk menggorogoti material pondasi untuk bisa dijadikan pintu favorit mereka.

Lubang kloset WC

Gunakan kloset wc dengan model duduk. Desain kloset ini memiliki tutup bagian atas yang bisa digunakan untuk menghalau tikus masuk dan keluar dari sana.

Feature picture: pixabay.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya