Pembangunan Apartemen Semakin Marak. Ini Sebabnya!

Anda mungkin bertanya, mengapa pembangunan apartemen kian marak terjadi di sejumlah daerah. Salah satunya karena lahan terbatas.

oleh Kantrimaharani diperbarui 12 Okt 2016, 19:00 WIB
Diterbitkan 12 Okt 2016, 19:00 WIB
Apartemen Semakin Banyak, Kok Bisa?
Anda mungkin bertanya, mengapa pembangunan apartemen kian marak terjadi di sejumlah daerah. Salah satunya karena lahan terbatas.

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan apartemen belakangan ini semakin gencar saja. Tidak hanya di pusat kota, bahkan pembangunan hunian vertikal ini mulai bergeser ke area pinggir kota yang merupakan wilayah ‘satelit’, seperti Depok, Cibinong, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Alasan utama tentu saja karena keterbatasan lahan. Dan kondisi tersebut mendorong tingginya harga rumah tapak yang salah satunya dipengaruhi oleh harga tanahnya. Semakin maju suatu daerah, semakin lengkap infrastrukturnya, maka akan semakin tinggi juga harga tanahnya.

Tidak hanya di Kawasan Jabodetabek, bahkan di sejumlah tempat seperti Surabaya dan Semarang sudah mulai mengembangkan apartemen yang memang diperuntukan bagi masyarakat kelas menengah.

Menurut Dondy Ariesdianto, direktur dari perusahaan properti PT. Tiga Pilar Utama Sejahtera, kelebihan dari apartemen adalah lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perkantoran, area pendidikan, dan mal-mal.

Apartemen, Pilihan Tepat Masyarakat Urban di Surabaya

Lihat juga: Daftar Harga Terbaru Apartemen Menara Rungkut di Surabaya

“Dengan segala kelebihannya itu memungkinkan penghuni bisa dengan mudah untuk menjangkau tempat-tempat tersebut lebih cepat dan terhindar dari kemacetan,” ujar Dondy kepada Rumah.com.

Harga yang terjangkau

Tidak hanya lokasi yang memungkinkan untuk menjangkau semua fasilitas penting, tetapi juga bisa menjangkau harga jual apartemennya. Dengan kata lain kisaran harga jual apartemen tidak terlalu tinggi dibandingkan rumah tapak.

Praditya Sentanu, Manajer Marketing dan Promosi PT. Jaya Real Property,Tbk mengatakan bahwa tawaran harga apartemen yang terjangkau ditujukan untuk karyawan dan pasangan muda yang membutuhkan tempat tinggal

“Minat konsumen terhadap apartemen dengan harga yang terjangkau sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan terjual habisnya tower pertama Apartemen Emerald Bintaro yang dipasarkan pada Agustus 2015,” katanya.

Baca juga: Resensi Proyek Apartemen Emerald Bintaro

Bahkan, menurut penelusuran project review Rumah.com, apartemen ini juga begitu menarik banyak konsumen untuk pembangunan tower kedua yang sedang dibangun pada Oktober 2016.

“Harga penawaran mengalami kenaikan, yang mana saat launching, harga dibanderol sebesar Rp240 juta. Dan per Oktober 2016, harga pejualan menjadi Rp285 juta untuk tipe Studio,” tambahnya.

Apartemen lain yang juga menawarkan penawaran harga yang terjangkau antara lain Apartemen Adede Park & Apartemen di Jatinangor seharga Rp199 juta, Apartemen Tamansari Urbano di Bekasi seharga Rp250 juta, dan masih banyak lagi.

Lihat juga: Cari apartemen harga terjangkau di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya