Beli Hunian Saat New Normal atau Tunda Sampai Situasi Normal?

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membeli properti karena banyak kemudahan yang ditawarkan baik dari pengembang maupun perbankan.

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 30 Jul 2020, 16:51 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2020, 15:22 WIB
Beli Hunian Saat New Normal atau Tunda Sampai Situasi Normal?
Produk properti yang dekat dengan moda transportasi umum atau konsep Transit Oriented Development (TOD) semakin menarik untuk prospek jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Konsultan properti asal Amerika Colliers International Indonesia (CII) telah merilis pandangan bisnis properti untuk kuartal II (Q2) 2020, termasuk pengaruh Covid-19 terhadap kondisi pasar. Nyatanya, ditemukan beberapa poin positif dalam kondisi pasar, salah satunya adalah keuntungan pembelian properti di momen ini.

Menurut Ferry Salanto, Senior Associate Director Research CII, kondisi pasar yang penuh tekanan berkenaan pandemi justru membuat situasinya menjadi demand market. Banyak keuntungan bagi konsumen karena saat perekonomian membaik dan pasar properti pulih, harga properti diprediksi akan meningkat.

“Sekarang adalah good timing untuk membeli properti karena banyak kemudahan yang ditawarkan baik dari pengembang maupun perbankan. Ini juga didukung dengan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) yang terus menurun sehingga tren bunga rendah di pasar akan sangat menguntungkan bila kita membeli sekarang,” ujarnya.

Lebih jauh lagi, imbuh Ferry, produk properti yang dekat dengan moda transportasi umum atau konsep Transit Oriented Development (TOD) semakin menarik untuk prospek jangka panjang. Hal ini dipengaruhi perkembangan gaya hidup, yaitu time travel untuk kepastian waktu tempuh dengan transportasi publik yang nyaman sehingga jarak tidak menjadi kendala utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Metode Digital Turut Memudahkan

Metode Digital Turut Memudahkan
Informasi lengkap meliputi pengenalan produk, metode pemesanan, hingga promosi terkini dengan mudah dapat diakses konsumen melalui platform digital tersebut.

Merespon situasi saat ini, developer justru diberikan peluang untuk berinovasi dalam mengenalkan produknya. Penerapan prinsip new normal semakin memudahkan konsumen untuk memperoleh informasi tentang produk yang diidamkan, yaitu informasi lewat metode digital dengan kenyamanan akses hanya di ujung jari. Informasi lengkap meliputi pengenalan produk, metode pemesanan, hingga promosi terkini dengan mudah dapat diakses konsumen melalui platform digital tersebut.

Salah satu properti yang ikut serta dalam euforia ini adalah LRT City Bekasi - Green Avenue. Proyek yang berada di Jalan HM Joyomartono, Exit Tol Bekasi Timur Km 16, ikut merasakan pertumbuhan pengetahuan (awareness) konsumen yang lebih aktif untuk mencari informasi lewat berbagai sumber.

LRT City dikembangkan oleh anak perusahaan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., yaitu PT Adhi Commuter Properti. Mengadopsi konsep Transit Oriented Development (TOD), hunian yang terintegrasi berbagai moda transportasi umum di dalam kawasan terpadu tersebut, termasuk LRT Jabodebek.

Menurut Project Director Green Avenue Indra Riyanto, efek pandemi ini tidak mengurangi minat masyarakat untuk tinggal di kawasan LRT City Bekasi. “Kami melihat situasi ini tidak mengurangi minat masyarakat, bahkan konsumen yang mencari hunian tetap menjadikan produk LRT City Bekasi - Green Avenue menjadi pilihan utamanya” paparnya.

LRT City Bekasi - Green Avenue merupakan apartemen pengembangan kedua di kawasan LRT City Bekasi, setelah pengembangan pertama melakukan serah terima di awal Juli 2020. Green Avenue, apartemen yang terdiri dari 3 tower, terintegrasi langsung dengan Stasiun LRT Jatimulya. Tersedia pula Pool Transjakarta dan berada hanya 100 meter dari Exit Tol Bekasi Timur, memperkuat pendekatan konsep Transit Oriented Development di kawasan ini.


Momen Tepat Punya Hunian

Momen Tepat Punya Hunian
Selain akses ke transportasi umum yang terletak 0 km dari hunian, LRT City Bekasi – Green Avenue juga mendukung gaya hidup sehat.

Konsep Transit Oriented Development (TOD) yang diterapkan di LRT City Bekasi – Green Avenue semakin diminati seiring dengan antusias masyarakat terhadap transportasi umum. Fasilitas park and ride di LRT City Bekasi memungkinkan masyarakat untuk memarkir kendaraan di area yang tersedia, lalu melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti LRT atau bus Transjakarta.

Selain akses ke transportasi umum yang terletak 0 km dari hunian, LRT City Bekasi – Green Avenue juga mendukung gaya hidup sehat. Salah satu konsep TOD, walkable yaitu keseluruhan area aktivitas di kawasan LRT City Bekasi dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda di jalur khusus yang nyaman.

“Merespon kondisi saat ini, tentunya masyarakat membutuhkan tempat tinggal dengan fasilitas lengkap di dalam kawasan. Kami menyediakan Coworking Space untuk penghuni dapat lebih fleksibel menjalani pekerjaan saat remote working. Beberapa fasilitas lainnya seperti kolam renang, aqua gym, jogging track dan area terbuka hijau dengan kolam tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup penghuni di kawasan kami”, ujarnya.

Bekerja sama dengan beberapa bank ternama, LRT City Bekasi - Green Avenue menawarkan berbagai kemudahan. Untuk unit tipe studio berukuran 24 m2 dengan harga mulai dari Rp400 juta, konsumen dapat memiliki unit apartemen dengan cicilan 3 jutaan per bulan. Ditawarkan pula promo pembayaran yaitu gratis biaya akad KPA, serta subsidi bunga KPA sebesar 3%.

Bersamaan pula dengan perayaan ulang tahun PT Adhi Commuter Properti yang ke-2,  beberapa promo khusus seperti booking fee hanya Rp2 juta, down payment 2%, voucher belanja s/d Rp2 juta, serta harga spesial untuk pembelian ke-2 yang berlaku hanya selama bulan Juli 2020.

“Saat ini merupakan momen tepat memiliki hunian dengan peluang suku bunga rendah dan berbagai promo kemudahan lainnya seperti booking fee dan DP yg kecil, gratis biaya akad KPA, subsidi suku bunga, hingga hadiah langsung. Peluang ini jarang terjadi di kondisi normal, masyarakat yang bertransaksi tentunya diuntungkan jika membeli hunian saat ini” ujar Indra.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya