Bantuan Mengalir untuk Korban Banjir Bekasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat telah menyalurkan bantuan logistik untuk kebutuhan dasar korban banjir di sejumlah titik di Kota Bekasi.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 02 Jan 2020, 03:00 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2020, 03:00 WIB
Banjir Bekasi
Sejumlah rumah tergenang banjir akibat hujan lebat yang mengguyur Bekasi dan sekitarnya. (Dok. BPBD Jabar)

Liputan6.com, Bandung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat telah menyalurkan bantuan logistik untuk kebutuhan dasar korban banjir di sejumlah titik di Kota Bekasi.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu mengatakan, penyaluran bantuan logistik itu diberikan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa dan serangan penyakit menular.

"Kami sudah mengirimkan bantuan logistik berupa Pop Mie 50 dus dan air mineral 50 dus," ujar Budi, Rabu (1/1/2019).

Selain itu, BPBD Jabar juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kota Bekasi dan aparat setempat untuk mengirimkan bantuan air bersih.

"BPBD Kota Bekasi mengirimkan satu unit tanki air besih untuk kebutuhan warga," kata Budi.

Hujan lebat sejak Sabtu 31 Desember 2019 mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Kota Bekasi. Dalam catatan BPBD, banjir di Kota Bekasi merendam 10 kecamatan. Yakni, Kecamatan Jatiasih, Bekasi Barat, Rawalumbu, Bekasi Timur, Bekasi Utara, Medan Satria, Bekasi Selatan, Pondokgede, Mustika Jaya, serta Kecamatan Bantargebang.

Adapun tinggi muka air yang menggenai sejumlah kecamatan tersebut bervariasi mulai dari 20 cm hingga 200 cm.

"Rumah warga masih tergenang (banjir) dengan TMA rata-rata 20-200 cm. Warga juga masih bertahan di rumahnya masing-masing," ucap Budi.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya