Kapal Khusus Penyeberangan ke Nusakambangan Milik Kemenkumham Tenggelam, 2 Dilaporkan Tewas

Kapal Pangayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayakusuma Cilacap pukul 08.45 WIB menuju Dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan sebelum tenggelam

oleh Liputan6.comRudal Afgani Dirgantara diperbarui 17 Sep 2021, 14:44 WIB
Diterbitkan 17 Sep 2021, 11:34 WIB
Kapal Pangayoman IV, kapal khusus penyeberangan ke Pulau Nusakambangan miliki Kemenkumham tenggelam di perairan Nusakambangan. (Foto: Liputan6.com/Basarnas)
Kapal Pangayoman IV, kapal khusus penyeberangan ke Pulau Nusakambangan miliki Kemenkumham tenggelam di perairan Nusakambangan. (Foto: Liputan6.com/Basarnas)

Liputan6.com, Cilacap - Kapal Pengayoman IV milik Kemenkumham dilaporkan terbalik di Perairan Pulau Nusakambangan atau Segara Anakan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat pagi.

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan Kapal Pengayoman IV terbalik di tengah alur dalam perjalanan dari Dermaga Wijayapura, Cilacap, menuju Dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan.

"Kami masih mengumpulkan data-data," katanya, dikutip Antara.

Mengutip catatan kronologi dari Saeful Anwar, Humas Basarnas Cilacap, Kapal Pangayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayakusuma Cilacap pukul 08.45 WIB menuju Dermaga Sodong, Pulau Nusakambangan.

Di dalam kapal, ada dua truk. Di tengah perjalanan, kurang lebih setelah menempuh perjalanan 1,8 kilometer, kapal dihantam angin dan arus deras. Akhirnya kapal terbalik.

Sebanyak tujuh orang dievakuasi, lima selamat dua lainnya meninggal dunia dalam insiden tenggelamnya Kapal Pengayoman, kapal penyeberangan khusus ke Nusakambangan tersebut.

Lima orang selamat adalah, Subagyo (Nahkoda), Diki (ABK), Melga (ABK), Suheris (sopir), Wahyu (penumpang).

Korban meninggal dunia, yakni Wahyu (Petugas Lapas) dan Kardim (Sopir).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan Ini:

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya