Menengok Sisa-Sisa Taman Bermain Wonderia Semarang yang Kini Seperti Kota Mati

Pada 17 Febuari 2017, Pemerintah Kota Semarang secara resmi menutup Taman Bermain Wonderia akibat tunggakan utang yang mencapai miliaran.

oleh Tifani diperbarui 03 Feb 2022, 10:56 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi taman bermain wonderia semarang (iStock)
Ilustrasi taman bermain wonderia semarang (iStock)

Liputan6.com, Semarang - Taman Bermain Wonderia merupakan taman bermain keluarga yang terletak di Jalan Sriwijaya Nomor 29, Semarang. Taman bermain ini pertama kali dibuka pada 2007 dan diresmikan Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono.

Dikutip dari berbabagi sumber, Taman Bermain Wonderia memiliki luas tiga hektare. Saat itu merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Jadi, tidak heran masyarakat sangat antusias untuk mengunjungi tempat ini pada masa kejayaannya.

Nahas tidak lama setelah peresmian tersebut, salah satu wahana permainan mengalami kecelakaan. Wahana permainan planet tower yang sedang beroperasi mendadak jatuh dari ketinggian 15 meter. Bahkan beberapa pengungjung dikabarkan mengalami patah tulang akibat kecelakaan itu.

Pengunjung Taman Bermain Wonderia berangsur-asur surut setelah kejadian tersebut. Kemudian, dua hari setelahnya taman bermain ini dikabarkan tutup sampai batas waktu yang belum ditentukan karena penyelidikan.

Setelah kembali dibuka, rupanya kecelakaan kembali terjadi di wahana permainan yang sama pada 2016. Kecelakaan kedua ini memicu berkembangnya rumor berbau mistis beredar di tengah masyarakat, sehingga jumlah pengunjung taman bermain ini surut.

Pada 17 Febuari 2017, Pemerintah Kota Semarang secara resmi menutup Taman Bermain Wonderia akibat tunggakan utang yang mencapai miliaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Kesan Angker

Sekarang taman bermain ini menjelma layaknya kota mati yang dibiarkan terbengkalai. Hampir seluruh area Taman Bermain Wonderia ditumbuhi semak belukar dan pepohonan yang tinggi.

Kesan angker dan mistis sangat terasa,  menjadikan taman bermain ini salah satu tempat angker yang sering dikunjungi para youtuber.

Meski sudah lama ditinggalkan rumor-rumor seram masih sering kali terdengar di kalangan masyarakat, terutama bagi masyarakat setempat. Konon taman bermain ini sudah bermasalah dengan hal-hal gaib sejak pertama kali dibangun.

Menurut warga setempat, Taman Bermain Wonderia dibangun dibekas rawa yang sering menelan korban jiwa dan komplek pemakanan lawas di daerah tersebut. Meski sudah sering diberi peringatan, pembangunan Taman Bermain Wonderia tetap berlanjut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya