MUI Jabar Dampingi Keluarga Sambut Jenazah Eril

Pendampingan dilakukan sebagaimana warga Muslim lainnya yang sedang mengalami musibah.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 11 Jun 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2022, 10:00 WIB
Emmeril Kahn Mumtadz
Ungkapan belasungkawa Emmeril Kahn Mumtadz di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (10/6/2022). (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Bandung - Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat (MUI Jabar) akan mendampingi pihak keluarga untuk menyambut kedatangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Ketua MUI Jabar Rachmat Syafe’i mengungkapkan, tim pendampingan disiapkan atas permintaan keluarga Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Tadi keluarga berbincang mohon didampingi ketika keluarga datang dan dalam menyambut Eril. Insya Allah dikasih tahu jamnya karena tergantung perjalanan atau jadwal penerbangan dari Swiss," kata Rachmat, Jumat (10/6/2022).

Menurut Rachmat, pendampingan dilakukan sebagaimana warga muslim lainnya yang sedang mengalami musibah.

"Menjadi kewajiban kami seorang Muslim harus mendampingi orang yang sedang dalam keadaan musibah, apalagi ini berkaitan dengan pemulasaraan jenazah," ujarnya.

Lebih lanjut, Rachmat menuturkan, saat jenazah tiba di Tanah Air kemudian disemayamkan di rumah duka yang direncanakan di Rumah Dinas Gubernur Jabar.

"Begitu jenazah datang nanti disemayamkan. Walaupun sudah disemayamkan di Swiss, kami keluarga yang ada di sini masih disunahkan dan dianjurkan untuk salat jenazah lagi," ucapnya.

Jenazah putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan dan segera diberangkatkan ke Indonesia. Rencananya jenazah Eril, akan disemayamkan di Rumah Dinas Gubernur Jabar di Gedung Pakuan pada Minggu (12/6/2022).

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lahan Pemakaman Keluarga Disiapkan

Gedung Pakuan
Suasana Gedung Pakuan di Kota Bandung, masih diselimuti duka setelah ditemukannya Emmeril Kahn Mumtadz. (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sementara itu, lahan untuk pemakaman Eril di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, sudah disiapkan pihak keluarga.

"Rencananya almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung," kata Kepala Biro Adpim Jabar Wahyu Mijaya di Gedung Pakuan, Jumat (10/6/2022).

Adapun lokasi pemakaman berada di Jalan Raya Pangalengan, atau sekitar lima kilometer dari Alun-Alun Banjaran, Kabupaten Bandung. Di lokasi tersebut akan dibuat Islamic Center sejak 2019.


Polisi Kawal Proses Pemakaman

Emmeril Kahn Mumtadz
Warga mendatangi Gedung Pakuan, Kota Bandung, tempat berlangsungnya takziah untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Sabtu (4/5/2022). (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Terpisah, Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengatakan, pihaknya pun menyiapkan pengamanan untuk prosesi pemakaman Eril.

"Kami siapkan pengamanan jalur, termasuk di lokasi. Sementara ini ada 90 personel, 40 di jalur dan 50 di lokasi," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya