Melepaskan Ketakutan Warga Distrik Suru-suru Papua Usai Teror KKB

Danyonif 600 Modang Kodam VI Mulawarman memastikan distrik Suru-suru Kabupaten Yahukimo, Papua dalam kondisi aman. Mereka mengimbau agar masyarakat yang mengungsi ke hutan agar kembali lagi ke rumah masing-masing.

oleh Apriyanto diperbarui 13 Okt 2022, 09:00 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 09:00 WIB
Pastikan Aman
Danyonif Raider 600 Modang Letkol Inf Hanif saat meninjau wilayah Distrik Suru-suru Kabupaten Yahukimo Papua. (Istimewa)

Liputan6.com, Balikpapan - Masyarakat di Distrik Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua memilih mengungsi ke dalam hutan lantaran ketakutan usai penembakan terhadap anggota Satuan BKO Apter Koramil Persiapan Suru-suru, Sabtu 20 November 2021 silam. Penembakan ini diduga dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Teroris Papua. Selain meninggalkan distrik, warga juga menutup akses transportasi ke distrik Suru-suru.

Kejadian itu terjadi hingga saat ini. Kompleks perumahan di Suru-suru masih tidak berpenghuni. Hanya ada personel TNI yang tinggal di Pos Ramil Suru-suru dari Satgas Yonif Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman dipimpin oleh Kapten Inf Gilang Ramadhan dan Satgas Aparat Teritorial dipimpin oleh Kapten Arm Nasori.

Untuk memastikan distrik Suru-suru sudah aman, Komandan Yonif Raider 600 Modang Letkol Inf Hanif Arridho berhasil mendarat menggunakan dua unit helikopter yaitu Heli Caracal TNI AU No Reg HT-7204 dan Heli Bell 412 TNI AD No Reg HA-5185, pada Selasa (11/10/2022).

Kedatangan Letkol Hanif untuk meyakinkan masyarakat bahwa situasi di wilayah Suru-suru aman, serta meninjau prajurit TNI yang berada di Pos Ramil Suru-suru.

"Kami pastikan wilayah distrik Suru-suru sudah aman, kami mengimbau kepada masyarakat untuk silahkan kembali ke rumah. Kami juga sekaligus mengirimkan dukungan logistik dari Timika ke Suru-suru," papar Hanif saat dikonfirmasi, Rabu (12/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Personel TNI Siap Jaga Kestabilan Keamanan

Yonif Raider 600 Modang
Para personel Yonif Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman saat berada di Distrik Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua. (Istimewa)

Hanif menegaskan bahwa personel TNI di Suru-suru siap menjaga stabilitas keamanan di wilayah tersebut. "Saya mewakili pemerintah mengimbau kepada masyarakat Suru-suru untuk kembali ke rumah masing-masing di Suru-suru dan melaksanakan kegiatan seperti biasa," imbaunya kembali.

Dia juga berpesan kepada seluruh personel yang bertugas di Suru-suru dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Dan dapat meyakinkan ke masyarakat Suru-suru bahwa wilayahnya sudah aman terkendali serta tidak usah takut.

"Saya juga ucapakan selamat atas kenaikan pangkat para prajurit pada 1 Oktober lalu dan Selamat HUT TNI ke 77 kepada prajurit TNI yang bertugas di Suru-suru," pungkasnya.

Diketahui, sebanyak 450 personel dari Bataliyon Infanteri (Yonif) Raider 600/Modang Kodam VI/Mulawarman diberangkatkan dalam misi satuan tugas (satgas) Satuan Organik Papua, pada Mei 2022 lalu. Mereka akan bertugas selama sembilan bulan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya