Profil Tegalluar, Daerah di Bandung yang Disebut-sebut Calon Pusat Pemerintahan Jabar

Yang berpindah bukanlah ibu kota provinsi, melainkan pusat pemerintahan yang akan disatukan dengan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Tegalluar, Kabupaten Bandung. Itupun baru pada tahap wacana.

oleh Huyogo Simbolon diperbarui 17 Okt 2022, 00:00 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2022, 00:00 WIB
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terparkir di Stasiun Tegalluar
Foto udara suasana rangkaian kereta cepat di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). Progres pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 88,8 persen dan direncanakan beroperasi pada Juli 2023. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Bandung - Kawasan Tegalluar belakangan menjadi perbincangan ihwal dikaitkan dengan wacana pemindahan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat (Jabar). Hal itu bermula dari obrolan Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi yang menyebutkan soal isu pemindahan Ibu Kota Jabar dari Kota Bandung ke Tegalluar.

Dari perbincangannya dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, muncul keinginan nantinya Ibu Kota Jabar dipindahkan ke Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

"Dengan adanya rencana Pemkab (Bandung), PE (Jawa Barat), bahkan Pak Gubernur menyampaikan, menjadi satu opsi yang besar kemungkinannya untuk ibu kota provinsi Jawa Barat itu di sini (Tegalluar). Tinggal mendorong secara politik," ungkapnya di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Kamis ,13 Oktober 2022.

Namun, Ridwan Kamil menegaskan, yang berpindah bukanlah ibu kota provinsi, melainkan pusat pemerintahan yang akan disatukan dengan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Tegalluar, Kabupaten Bandung. Itupun baru pada tahap wacana.

"Bukan pemindahan ibu kota, tapi wacana penyatuan pusat pemerintahan. Jadi jangan pakai sebutan ibu kota karena itu jelas berbeda," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (15/10/2022).

Adapun Stasiun Kereta Cepat Tegalluar jika dilihat dari Google Maps, berjarak sekitar 29,9 kilometer dari Gedung Sate, Kota Bandung. Artinya, wilayah pusat Pemerintahan Provinsi Jabar dengan Tegalluar cukup dekat.

Selain itu, Tegalluar juga memiliki titik akhir pemberhentian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Hal ini menjadikan wilayah tersebut dinilai sebagai kawasan strategis karena jadi simpul beberapa ruas jalan tol dan pusat ekonomi lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut profil Tegalluar di Kabupaten Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masuk Wilayah Kecamatan Bojongsoang

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Bandung, Jawa Barat, (13/10/2022). Kereta Cepat Jakarta-Bandung direncanakan beroperasi pada Juli 2023. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seperti sudah diungkap sebelumnya, Tegalluar berada di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pusat kotanya berada di Desa Bojongsoang.

Kecamatan Bojongsoang berada pada ketinggian 630 mdpl di atas permukaan laut dengan suhu maksimum 26º dan minimum 18º bertopografi datar sampai berombak dengan curah hujan rata-rata 2000 - 4000 m³ per tahun.

Kecamatan Bojongsoang adalah salah satu dari 31 Kecamatan yang berada di bawah Pemerintahan Kabupaten Bandung, yang dalam melaksanakan kegiatan Pemerintahan memiliki enam desa terdiri dari Desa Bojongsoang, Desa Lengkong, Desa Cipagalo, Desa Bojongsari, Desa Buahbatu dan Desa Tegalluar. Terdapat 19 Dusun, 94 RW dan 582 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 95.078 jiwa (laki-laki 47.380 jiwa, perempuan 47.698 jiwa).

Stasiun Kereta Cepat Bandung-Jakarta

Rencana awal dari Stasiun Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung pilihannya adalah Stasiun Tegalluar yang berada di Kabupaten Bandung. Untuk menuju pusat Kota Bandung dari Tegalluar, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 30-40 menit, itu pun jika jalanan tanpa macet.

Namun, belakangan beredar kabar bahwa lokasi perhentian akhir sementara ada di daerah penambangan batu kapur, Kabupaten Bandung Barat atau tepatnya di Padalarang, yang berjarak lebih dari 20 kilometer ke pusat Kota Bandung.


Diusulkan Bupati Bandung Hubungkan Tegalluar-Tol Cigatas

Jalan Tol Cigatas
Proyek Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas). (dprd.jabarprov.go.id)

Seiring rencana pembangunan Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), Pemkab Bandung mengusulkan pembangunan akses atau gerbang Tol Cigatas. Tepatnya di kawasan Kota Baru Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, usulan gerbang tol tersebut sangat penting. Khususnya wilayah timur Kabupaten Bandung, dalam rangka percepatan pengembangan Kota Baru Tegalluar.

“Kita bersiap melakukan percepatan pengembangan Kota Baru Tegalluar. Kebetulan, pemerintah pusat akan membangun Tol Cigatas. Makanya kita usulkan untuk bisa dibangun akses tolnya di Tegalluar. Pendirian gate tol ini penting dan strategis untuk pengembangan Kota Baru Tegalluar ke depan,” kata Dadang, 25 September 2021 lalu.


Dekat Stadion GBLA

Foto: Sudut-sudut Indah GBLA, Stadion Bertaraf Internasional yang Semoga Bawa Hasil Indah Bagi Timnas Indonesia Atas Curacao
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) terpilih menjadi venue laga uji coba Timnas Indonesia menghadapi Curacao dalam ajang FIFA Matchday September 2022 pada Sabtu (24/9/2022) malam WIB. Dengan lokasi yang indah, Stadion GBLA diharapkan mampu membawa hasil indah bagi Timnas Garuda atas Timnas Curacao. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Wilayah Desa Tegalluar juga dekat dengan salah satu fasilitas olahraga di Kota Bandung yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api di kawasan Gedebage.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya