Bandara Kualanamu Jalankan Arahan Regulator Penuhi Aspek Keselamatan hingga Keamanan

PT Angkasa Pura Aviasi berkomitmen memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan di Bandara Kualanamu, yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

oleh Reza Efendi diperbarui 02 Mei 2023, 17:01 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2023, 17:01 WIB
Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara.
Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara.

Liputan6.com, Deli Serdang PT Angkasa Pura Aviasi berkomitmen memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan di Bandara Kualanamu, yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Direktur Utama PT Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai mengatakan, komitmen sejalan dengan Surat Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tertanggal 1 Mei 2023 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Bandar Udara Selaku Penanggung Jawab Tunggal (single accountable) Operasional di Bandar Udara.

"Sesuai surat tersebut, kita (PT Angkasa Pura Aviasi) memeriksa seluruh fasilitas di Bandara Kualanamu guna tersedia fasilitas yang memenuhi standar keselamatan, keamanan dan pelayanan terhadap pengguna jasa bandara," kata Achmad Rifai, Selasa (2/5/2023).

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura Aviasi, Dedi Al Subur menambahkan, kesiapan fasilitas juga didukung dengan pemeliharaan dengan jangka waktu tertentu dengan cara pengecekan, tes, verifikasi, dan atau kalibrasi sesuai ketentuan.

Disampaikannya, sesuai surat Kemenhub, Bandara Kualanamu memastikan terdapat SOP baik prosedur pengoperasian, pemeliharaan serta penilaian risiko yang memenuhi aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan di bandara.

Bandara Kualanamu juga memastikan personel bandara memiliki sertifikat kompetensi sesuai dengan bidang pekerjaan dan mempunya kewenangan penugasan.

"Kita juga melakukan pengawasan dan pengendalian secara internal atas kelaikan fasilitas bandara, pelaksanaan prosedur dan pengoperasian fasilitas bandara serta kompetensi personel bandara, seperti tercantum di dalam surat Direktorat Bandar Udara tersebut," terang Dedi Al Subur.

VP Corsec Angkasa Pura II, Cin Asmoro menuturkan, PT Angkasa Pura II selaku induk usaha dari PT Angkasa Pura Aviasi mendukung penuh peningkatan keselamatan, keamanan dan pelayanan di Bandara Kualanamu.

"Setiap bandara AP II, termasuk Bandara Kualanamu yang dikelola PT Angkasa Pura Aviasi harus memenuhi surat Direktorat Bandar Udara yang ditujukan ke seluruh kepala bandara," sebutnya.

 


Insiden

Bandara Kualanamu
Lift di Bandara Kualanamu

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kemenhub, telah mengirimkan surat kepada PT Angkasa Pura Aviasi pasca ditemukannya mayat perempuan yang diduga terjatuh di lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, pada Kamis, 27 April 2023 lalu.

"Saya perintahkan agar lebih meningkatkan lagi aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di bandara serta segera melakukan perbaikan pada fasilitas yang mengalami kerusakan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M Kristi Endah Murni dalam keterangan persnya, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.

Kristi menyebut pihaknya telah berkomunikasi dengan PT Angkasa Pura Aviasi selaku penanggungjawab tunggal (single accountable) operasional di Bandara Kualanamu. Dia meminta agar penanggung jawab bandara untuk meningkatkan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan di bandara.

Selain itu, Kristi juga memerintahkan kepada Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap pelayanan bandara di wilayah kerjanya. Sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.


Penemuan Mayat

Mayat Perempuan di Bandara Kualanamu
Proses evakuasi

Diberitakan sebelumnya, mayat wanita ditemukan di dasar lift di area kedatangan internasional Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Polisi menyebut penemuan mayat itu pertama kali diketahui otoritas bandara.

"Otoritas bandara melaporkan kepada pihak bandara di lift kedatangan internasional. Ada mencium aroma tidak sedap," kata Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji.

Polisi mengatakan, tim inafis dan laboratorium forensik dari Polda Sumut diturunkan untuk mengecek lokasi penemuan mayat tersebut. Setelah mengecek lokasi kejadian, polisi akhirnya memastikan aroma tak sedap yang berada di lift bersumber dari mayat perempuan tersebut.

Kemudian, polisi langsung mengevakuasi mayat tersebut dari dasar lift. Diketahui mayat itu merupakan warga Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya