Warga Gunungkidul Terima Sapi Kurban Aberdeen Angus 1.030 Kg dari Presiden Jokowi

Presiden Jokowi memberikan sapi kurban kepada masyarakat di DIY jenis Aberdeen Angus seberat 1.030 kg.

oleh Yanuar H diperbarui 30 Jun 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 13:00 WIB
Sapi limosin kurban Jokowi untuk Masjid Al Akbar Surabaya disambut dengan karpet merah. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Sapi limosin kurban Jokowi untuk Masjid Al Akbar Surabaya disambut dengan karpet merah. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo melakukan salat Iduladha di Istana Negara Yogyakarta (29/6) dan telah memberikan satu ekor sapi kurban berjenis Angus atau Aberdeen Angus dengan bobot 1.030 Kg dan berusia 3,5 tahun. Sapi angus berasal dari dataran tinggi Skotlandia dan memiliki ciri khas bulu keriting berwarna hitam, tidak memiliki punuk dan tidak memiliki tanduk. 

"Dari dinas tidak ada spesifikasi khusus. Pertama dari Puskeswan mencari sapi-sapi yang masuk kriteria bapak presiden, kemudian dimasukan ke provinsi, kayak audisi gitu," kata M. Badar Kurniawan pemilik sapi Selasa 27 Juni 2023.

Badar mengatakan jenis sapi ini memiliki kelebihan masa pertumbuhan yang cepat, mutu karkas yang tinggi dan umur pemotongan yang tidak lama. Sapi ini berasal dari Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman dan dibeli dengan harga Rp 107.500.000.

"Kemudian dari BB Vet dan provinsi kunjungan untuk mengambil sampel, keluar hasil labnya dinyatakan sehat. Kemudian kami dikonfirmasi lagi bahwa sapinya sehat dan akan dilaporkan kepada Sekretariat Presiden," terang Badar menceritakan alur pemilihan sapi kurban Presiden RI.

Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Djarot Margiantoro mengatakan Pemda DIY membagikan total sembilan ekor sapi dari Presiden RI dan Gubernur serta Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kepada 5 kabupaten/kota se-DIY. Sapi-sapi kurban tersebut diharapkan akan bermanfaat bagi masyarakat.

 “Hari raya Iduladha atau sering pula disebut hari raya kurban, di situlah kita dapat menyaksikan orang-orang yang mampu untuk berkurban berbagi kepada orang-orang yang tidak mampu. Daging kurban yang dibagi-bagikan tentu banyak manfaatnya,” ungkap Djarot.

Daftar masjid penerima sapi kurban adalah sebagai berikut: Sapi Presiden RI untuk Masjid Al Falaq (Singkil, Tepus, Gunungkidul); sapi Gubernur DIY untuk Kagungan Dalem Masjid Gedhe, Masjid Nurul Haq (Sumberarum, Moyudan, Sleman), Masjid Pangeran Diponegoro (Kota Yogyakarta), Masjid Al Furqon (Banjaran, Girimulyo, Kulon Progo), Masjid Al Ma'ruf (Candi, Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul) dan Masjid Baiturrahman (Krinjing, Selopamioro, Imogiri, Bantul); Sapi Wakil Gubernur DIY untuk Masjid Puro Pakualaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya