Tingkatkan Perekonomian, PAMA Dukung Pembentukan UMKM Kelompok Nelayan Manggar

Salah satu kontribusi PT Pamapersada Nusantara Balikpapan Operation (PAMA BPOP) di bidang ekonomi adalah berkomitmen untuk melakukan pembinaan kepada pelaku ekonomi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

oleh Apriyanto diperbarui 09 Nov 2023, 22:00 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2023, 22:00 WIB
UMKM
PAMA menggelar pelatihan pengolahan produk UMKM pada kelompok nelayan RT 48 Manggar, Balikpapan Timur.

Liputan6.com, Balikpapan - Salah satu kontribusi PT Pamapersada Nusantara Balikpapan Operation (PAMA BPOP) di bidang ekonomi adalah berkomitmen untuk melakukan pembinaan kepada pelaku ekonomi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dan belum lama ini, perusahaan pun melaksanakan kegiatan corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk mendukung pelatihan pengolahan produk UMKM.

Chief PAMA BPOP Expert Sulasman melalui CSR Officer Aziz Kusuma Aji menjelaskan, pelatihan pengolahan produk UMKM kali ini menyasar pada kelompok nelayan RT 48 Manggar, Balikpapan Timur. Di mana perusahaan memberikan bantuan bahan baku untuk bahan praktik untuk melatih olahan ikan asin. Selain itu bantuan juga berupa pemberian konsumsi bagi peserta pelatihan.

“Produk ikan asin menjadi salah satu komoditas unggul bagi kelompok nelayan yang bernilai ekonomi. Sehingga dengan adanya pelatihan tersebut, bakal muncul hasil olahan ikan asin yang berstandar baku mutu produk UMKM yang lebih baik lagi,” ungkap Aziz.

Di sisi lain, komitmen sepenuh hati PAMA BPOP tidak hanya sampai pada membantu bahan baku. Namun sampai pada membantu mengenalkan sampel produk olahan yang sudah ada kepada kelompok nelayan. Contohnya pepes tuna sebagai produk UMKM yang sudah masuk di Galeri UMKM Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

“Sampel produk ini menjadi hal penting agar kelompok ini mampu mengetahui bagaimana standar mutu hingga bentuk kemasan yang diharapkan nanti bisa meningkatkan nilai ekonomi produk olahan UMKM,” jelas Aziz.

Selain itu, dengan CSR ini, maka PAMA BPOP juga berkontribusi dalam pembentukan Kampung Mandiri Kelompok Nelayan RT 48 Manggar. Di mana kegiatan tersebut searah dengan lima program terpadu perusahaan, yakni pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Terima kasih kepada PT PAMA yang sudah membantu dan menghadiri pembentukan Kampung Mandiri RT 48 Manggar oleh Tim Penggerak PKK kelurahan. Semoga bisa semakin memberdayakan dan menyejahterakan keluarga dan masyarakat RT 48,” ungkap Lurah Manggar Dedy Prasetia Utama Idris.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya