Arti Sat-set dan Tas-tes, Tulisan di Baju Ganjar-Mahfud Saat Debat Capres

Sat-set dan tas-tes pun menjadi trending topic di platform media sosial X. Istilah ini mungkin sudah kerap terdengar, tetapi sebenarnya keduanya tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

oleh Switzy Sabandar diperbarui 13 Des 2023, 13:59 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 13:55 WIB
Ekspresi Para Capres/Cawapres saat Paparan Visi Misi pada Debat Perdana Pilpres 2024
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Yogyakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja menggelar debat perdana capres. Hal lain yang menjadi sorotan pada debat tersebut adalah arti kata sat-set dan tas-tes yang tertulis di baju paslon nomor urut 3, Ganjar-Mahfud MD.

Keduanya mengenakan atasan berwarna putih. Ganjar mengenakan pakaian dengan tulisan sat-set, sementara Mahfud mengenakan pakaian dengan tulisan tas-tes.

Dua istilah ini pun menjadi trending topic di platform media sosial X. Istilah ini mungkin sudah kerap terdengar, tetapi sebenarnya keduanya tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Mengutip dari berbagai sumber, dua kata atau bahasa ini merupakan bahasa slang yang kerap diucapkan masyarakat Jawa. Tak hanya oleh masyarakat Jawa, kedua bahasa slang ini juga kerap digunakan dalam percakapan di dunia maya. Pada kenyataannya, istilah ini memang berasal dari bahasa daerah, tepatnya bahasa Jawa.

Bahasa slang ini digunakan untuk mengganti istilah gerak cepat, cepat, segera, atau lekas. Sat-set dan tas-tes sebenarnya telah lama ada dan digunakan sebagai bahasa tutur sehari-hari.

Selain sat-set dan tas-tes, istilah lain yang memiliki arti serupa adalah lhas-lhes dan cak-cek. Bahasa ini banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari karena dinilai lebih sederhana, singkat, dan ringkas.

Sebagai informasi, Debat Capres-Cawapres 2024 digelar pada Selasa (12/12/2023) malam. Hal ini menarik perhatian publik, baik di dunia nyata maupun maya. Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo saling menyampaikan gagasan dan visi-misinya sesuai tema untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya