Deretan Festival Musik Terbesar dan Terpopuler di Dunia, Ada Coachella hingga Lollapalooza

Coachella menampilkan sejumlah musisi populer, mulai dari Lana Del Rey, Doja Cat, The Rose, No Doubt, Sabrina Carpenter, DJ Snake, Yoasobi, hingga grup Kpop LE SSERAFIM dan ATEEZ.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 19 Apr 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2024, 15:00 WIB
Le Sserafim di Coachella. (Instagram/ 39saku_chan)
Le Sserafim di Coachella. (Instagram/ 39saku_chan)

Liputan6.com, Yogyakarta - Salah satu festival musik terbesar dan terpopuler di dunia, Coachella, baru saja digelar pada 12-14 April 2024. Festival musik ini masih akan berlanjut akhir pekan ini, yakni pada 19-21 April 2024.

Coachella menampilkan sejumlah musisi populer, mulai dari Lana Del Rey, Doja Cat, The Rose, No Doubt, Sabrina Carpenter, DJ Snake, Yoasobi, hingga grup Kpop LE SSERAFIM dan ATEEZ. Tak hanya Coachella, berikut deretan festival musik terbesar di dunia:

1. Coachella

Tahun ini, Coachella digelar di Empire Polo Club di Indio, California. Festival musik tahunan ini menjadi salah satu acara musik paling terkenal dan menguntungkan di Amerika Serikat.

Mulai digelar pada 1999, Coachella pernah batal digelar pada 2020 dan 2021 karena pandemi. Tak hanya musisi Hollywood, Coachella juga beberapa kali mengundang musisi KPop hingga JPop.

2. Donauinselfest

Donauinselfest adalah festival musik yang digelar di tengah-tengah Sungai Danube, Wina, Austria. Tahun ini, Donauinselfest bakal digelar pada 21-23 Juni 2024.

Donauinselfest juga menjadi rumah bagi para seniman lokal dan internasional di seluruh Eropa karena menyajikan berbagai pertunjukan dari semua genre musik, mulai dari pop, rock, hip-hop, folk, metal, blues, EDM, hingga reggae. Kabarnya, meski diselenggarakan secara cuma-cuma, Donauinselfest selalu memperoleh keuntungan fantastis yang tak terduga setiap tahunnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fuji Rock Festival

3. Fuji Rock Festival

Fuji Rock Festival adalah festival musik besar di Jepang yang diadakan di kaki Gunung Fuji setiap tahunnya. Festival yang pertama kali digelar pada 1997 ini telah menjadi salah satu festival musik terbesar di Asia. 

Tahun ini, Fuji Rock Festival bakal digelar 26-28 Juli 2024. Salah satu grup band asal Indonesia yang terbentuk karena proyek musik, Ali, bakal menjadi line-up Fuji Rock Festival 2024. Ali akan tampil di festival tersebut pada 28 Juli 2024.

4. Glastonbury Festival

Glastonbury Festival adalah festival musik tahunan yang digelar di dekat Pilton, Somerset, Inggris. Festival yang digelar setiap musim panas ini bakal kembali dihelat pada 26-30 Juni 2024 mendatang.

Glastonbury Festival of Contemporary Performing Arts juga kerap disebut sebagai Glasto. Selain musik kontemporer, festival ini juga menampilkan tarian, komedi, teater, sirkus, cabaret, dan seni lainnya.

Glastonbury Festival juga dikenal karena larangan penjualan dan penggunaan plastik sekali pakai. Pihak penyelenggara telah menyediakan keran dan waduk air yang dibuat khusus oleh Worthy Farm. 


 


Lollapalooza

5. Lollapalooza

Lollapalooza adalah festival musik tahunan yang sudah berlangsung sejak 1991. Dari yang awalnya berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, Lollapalooza kini menetapkan di Chicago.

Festival musik tahunan ini menampilkan musisi beraliran rok-alternatif, heavy-metal, punk-rock, hip-hop, dan EDM, serta pertunjukan tari, komedi, dan stand pameran yang diselenggarakan di berbagai kota di Eropa dan Amerika. Beberapa musisi yang pernah tampil di Lollapalooza, di antaranya J-Hope BTS, Metallica, Dua Lipa, J.Cole, Green Day, Machine Gun Kelly, Lil Baby, dan Kygo. Tahun ini, Lollapalooza dijadwalkan akan digelar pada 1-4 Agustus 2024.

6. Summerfest

Summerfest adalah festival musik yang sudah berlangsung sejak 1968 di Milwaukee, Wincounsin, Amerika. Tahun ini, Summerfest bakal digelar di sepanjang 20 Juni-6 Juli 2024.

Selain pertunjukan musik, festival ini juga menyajikan pertunjukan komedi, bazaar, kembang api, pesta kuliner, hingga berbagai permainan outdoor. Musisi-musisi yang pernah tampil di Summerfest, di antaranya Red Hot Chili Peppers, Bob Dylan, Pink, hingga Paul McCartney

7. Woodstock

Woodstock atau biasa dikenal sebagai Festival Rock Bethel juga merupakan salah satu festival musik terbesar dan terpopuler di dunia. Festival musik yang digelar di Bethel, New York, ini bakal kembali digelar pada 18 Mei 2024.

Bukan sebatas hiburan, Woodstock juga menyimpan sejarah tersendiri bagi rakyat Amerika Serikat. Woodstock menjadi simbol perdamaian dan kebebasan rakyat AS.

 

Penulis: Resla

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya