Profil Harashta Haifa Zahra, Puteri Indonesia Pertama yang Dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024

Dalam ajang Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra berhasil mengalahkan puluhan peserta dari berbagai negara di dunia untuk menjadi yang pertama.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 08 Jul 2024, 12:55 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2024, 12:55 WIB
Harashta Haifa Zahra Peraih Gelar Puteri Indonesia 2024. [@harashtata]
Harashta Haifa Zahra Peraih Gelar Puteri Indonesia 2024. [@harashtata]

Liputan6.com, Yogyakarta - Harashta Haifa Zahra menjadi perbincangan publik setelah berhasil membawa Indonesia menjadi pemenang Miss Supranational 2024 untuk pertama kalinya. Ini menjadi pencapaian besar karena kompetisi tersebut merupakan salah satu ajang pegeant bergengsi di dunia.

Perempuan yang akrab disapa Tata ini lahir di Garut, 5 September 2003. Meski lahir di Garut, anak pertama dari dua bersaudara ini lebih banyak menghabiskan masa kecilnya di Bandung.

Ia menyelesaikan pendidikan menengah atas pada 2020 di SMA Negeri 2 Bandung. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS) dengan mengambil jurusan Teknik Lingkungan.

Sebelum membawa nama Indonesia dalam ajang Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra merupakan pemenang pertama Puteri Indonesia Jawa Barat 2024. Pada tahun yang sama, ia mewakili Jawa Barat untuk Puteri Indonesia 2024 dan berhasil menjadi pemenang pertama.

Tak berhenti di situ, Harashta Haifa Zahra sempat dipercaya untuk membawakan prolog Perdamaian dan Kesejahteraan Dunia pada Mei 2024. Kegiatan bertajuk Borobudur International World Peace and Prosperity Event itu berlangsung di Taman Aksobhya, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Selanjutnya pada Juli 2024, Harashta Haifa Zahra berhasil menjadi pemenang Miss Supranational 2024. Prestasi ini menambah jajaran pencapaiannya.

 


Aktivis Lingkungan

Selain di ajang pegeant, Harashta Haifa Zahra juga merupakan model dan aktivis lingkungan. Ia adalah penggagas dari program Mother of Nature yang fokus berkampanye pada isu sampah makanan atau limbah makanan.

Dari program tersebut, ia dinobatkan sebagai Duta Scholars of Sustenance (SOS) dari Indonesia. SOS merupakan sebuah organisasi non-profit penyelamatan pangan yang berbasis di Thailand.

Sementara itu dalam ajang Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra berhasil mengalahkan puluhan peserta dari berbagai negara di dunia untuk menjadi yang pertama. Adapun posisi runner-up pertama ada Jenna Dykstra dari Amerika Serikat, lalu Justyana Zednikova dari Republik Ceko, Isadora Murta dari Brasil, dan Chanelle Wilhelmina Maria De Lau dari Curacao. Harashta Haifa Zahra berhasil menjadi perempuan pertama dari Indonesia yang memenangkan Miss Supranational 2024.

(Resla)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya