Intip Indahnya Bukit Pengilon, Spot Cantik Menikmati Pantai di Yogyakarta

Bukit Pengilon merupakan salah satu wisata alam memesona di Yogyakarta. Pasalnya, para pengunjung bisa melihat indahnya pantai dari ketinggian.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 21 Jul 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 06:00 WIB
Yuki Kato
Yuki Kato di Bukit Pengilon Gunung Kidul Yogyakarta (Instagram/yukikt)

Liputan6.com, Bandung - Menikmati keindahan pantai atau laut tidak selalu harus dilakukan dengan bermain pasir di pinggir pantai, tetapi juga bisa dengan menikmati pemandangan dari bukit yang tinggi dan memesona.

Pasalnya, menikmati pantai dari ketinggian bisa memberikan pandangan atau perspektif yang berbeda karena lebih luas dan memesona. Dari atas bukit para wisatawan bisa melihat bagaimana keseluruhan garis pantai hingga gelombang yang datang.

Kemudian menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam dari ketinggian juga menawarkan tampilan yang memukau dan menciptakan kenangan yang tidak mudah untuk dilupakan.

Bukit yang tinggi juga kerap kali lebih sepi dari area pantai yang ramai oleh wisatawan. Sehingga suasananya bisa lebih damai dan tenang terutama untuk merasakan kedamaian yang jauh dari keramaian orang-orang.

Menikmati pemandangan di atas bukit biasanya memiliki udara yang lebih segar dan sejuk dari pada area pantai. Angin yang bertiup dari ketinggian biasanya terasa lebih segar dan alami.

Pengalaman tersebut tentunya menjadi lebih nyaman dan menyenangkan sehingga populer sebagai tempat menghilangkan stres. Di Indonesia saat ini ada banyak pilihan wisata alam yang menarik.

Terutama wisata bukit yang menawarkan pemandangan laut atau pantai yang memesona. Salah satunya adalah Bukit Pengilon yang cukup populer di antara wisatawan lokal di Yogyakarta.

Diketahui tempatnya menawarkan pemandangan alam indah berupa perbukitan dan laut lepas yang memesona. Pengunjung juga bisa bersantai untuk melihat indahnya Pantai Selatan dari ketinggian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daya Tarik Bukit Pengilon

Gudung Kidul Akan Miliki Flying Fox Terpanjang di Asia Tenggara
Bukit Pengilon, Gunung Kudul/dok: @Yudie_chazchuz

Bukit Pengilon dikenal sebagai tempat wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang hijau dan laut yang biru. Bukit Pengilon mempunyai daya tarik utama berupa pemandangan alam yang megah dan menakjubkan.

Pasalnya para wisatawan bisa melihat pemandangan laut, bukit, hingga langit cantik yang memesona. Kemudian di bukit ini juga terdapat hamparan rumput luas yang indah dan memanjakan mata.

Bukit Pengilon populer dikunjungi ketika hari cerah terutama di musim kemarau karena pemandangannya yang terlihat indah. Selain itu di sekitar bukit ini juga terdapat area berkemah yang bisa digunakan para pengunjung.

Perlu untuk diperhatikan bagi wisatawan yang ingin berkemah harus membawa perlengkapan berkemahnya sendiri. Kemudian wisatawan juga bisa melihat pemandangan atau berfoto dengan latar belakang yang indah.

Wisatawan juga bisa menikmati aktivitas trekking dari rute-rute tertentu yang bisa dipilih. Pemandangan saat trekking juga tidak kalah indahnya terutama untuk mengingat perjalanan agar sampai di atas puncaknya.


Harga Tiket dan Fasilitas di Bukit Pengilon

Kirana Larasati ternyata juga suka hiking loh. Lihat saja unggahannya saat berada di Bukit Pengilon, Purwodadi, Yogyakarta. (Foto: Instagram/@kiranalarasati)
Kirana Larasati ternyata juga suka hiking loh. Lihat saja unggahannya saat berada di Bukit Pengilon, Purwodadi, Yogyakarta. (Foto: Instagram/@kiranalarasati)

Bukit Pengilon merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat. Pada akhir tahun lalu harga tiket masuk ke tempat ini masih tergolong sangat terjangkau sekitar Rp5 ribu per orang.

Kemudian terdapat tarif parkir sebesar Rp2 ribu untuk pengendara roda dua dan Rp5 ribu untuk kendaraan roda empat. Bagi wisatawan yang ingin mendirikan tenda dapat membayar uang tambahan sebesar Rp20 ribu.

Meskipun fasilitas di tempat ini masih terbatas tapi fasilitas umumnya sudah cukup lengkap, mulai dari fasilitas area parkir, toilet, musala, hingga sejumlah warung makan untuk beristirahat.


Lokasi dan Rute ke Bukit Pengilon

Pantai di Gunung Kidul
Pantai di Gunung Kidul. (Bola.com/Rheza Aditya Gradianto)

Bukit Pengilon di Gunung Kidul berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisatanya berlokasi cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Para pengunjung yang datang dari kota Yogyakarta harus menempuh jarak 84,3 km atau 2 jam 13 menit perjalanan. Begitu pula wisatawan yang datang dari Stasiun Tugu Yogyakarta menempuh waktu yang sama.

Kemudian wisatawan yang datang dari pusat kota Pacitan bisa menempuh jarak 71,5 km atau 1 jam 44 menit perjalanan. Adapun ketika tiba di lokasi wisatawan bisa memilih untuk berjalan kaki ke atas bukit atau menaiki ojek dan sewa motor.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya