Catat, 6 Ide Dekorasi 17 Agustusan Meriah dan Menarik

Menyambut acara 17 Agustus masyarakat Indonesia kerap mendesain rumah atau lingkungan sekitar rumah dengan dekorasi yang menarik. Berikut ini ide dekorasi untuk hari kemerdekaan yang meraih dan menari.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 28 Jul 2024, 22:00 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 22:00 WIB
Perayaan 17 Agustus di komplek Persada Kemala
Dekorasi hari kemerdekaan di komplek Persada Kemala, Bekasi. (foto: Timothy Juliano)

Liputan6.com, Bandung - Perayaan 17 Agustus merupakan momen yang sangat dinantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Mengingat perayaan ini mengingat Hari Kemerdekaan Indonesia yang merupakan momen bersejarah untuk bangsa Indonesia yang merdeka dari penjajahan.

Masyarakat biasanya merayakan 17 Agustus dengan mendekorasi rumah atau lingkungan dengan ornamen khas Hari Kemerdekaan. Dekorasi juga tidak hanya menjadi momen memeriahkan suasana tetapi juga untuk menunjukkan rasa cinta dan bangganya.

Melalui artikel ini akan membahas beberapa ide dekorasi yang meriah dan menarik untuk 17 Agustusan. Sebagai informasi pada Hari Kemerdekaan masyarakat biasanya identik dengan penggunaan bendera merah putih.

Kemudian warna bendera tersebut kerap menjadi warna dasar membuat dekorasi unik yang bervariasi. Selain itu bagi masyarakat Indonesia bendera merah putih merupakan simbol utama Kemerdekan Indonesia.

Biasanya setiap rumah mendirikan bendera merah putih di halaman rumahnya dengan cara sederhana namun tetap menunjukkan rasa nasionalismenya. Masyarakat juga bisa membuat umbul-umbul berwarna merah dan putih yang menarik di halaman rumahnya.

Melansir dari beberapa sumber berikut ini beberapa ide atau inspirasi yang bisa digunakan untuk membuat dekorasi perayaan 17 Agustusan yang meriah dan menarik untuk rumah atau di sekitar lingkungan rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


6 Ide Dekorasi 17 Agustusan Meriah dan Menarik

Penjualan Pernak-Pernik HUT RI Kembali Bangkit
Warga memilih pernak-pernik untuk perayaan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (7/8/2022). Penjualan pernak-pernik perayaan 17 Agustus seperti bendera Merah Putih, alat perlombaan, dan berbagai hiasan Hari Kemerdekaan di Pasar Jatinegara mengalami peningkatan hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu seiring meredanya penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

1. Membuat mural dengan tema kemerdekaan

Dekorasi pertama yang bisa dilakukan adalah membuat mural dengan tema kemerdekaan yang kental. Namun dekorasi ini cocok dilakukan di lingkungan rumah untuk memberikan kesan meriah pada lingkungan masyarakat.

Salah satu desain mural yang cukup populer untuk digunakan adalah desain mural 3D yang bisa dilakukan pada tembok yang besar dan strategis. Pastikan untuk memilih seniman mural lokal atau membiarkan anak muda kreatif menggambar muralnya.

2. Photobooth tema kemerdekaan

Saat ini banyak orang sangat menyukai kehadiran photobooth untuk mengabadikan momen tertentu. Dalam menyambut hari kemerdekaan kita dapat membuat photobooth dengan tema spesial 17 agustusan.

Membuat photobooth ala-ala untuk acara di lingkungan rumah juga bisa dengan mudah dilakukan. Anda hanya perlu membuat satu spot tempat dengan dekorasi elemen-elemen kemerdekaan yang menarik.

Sesi berfoto bisa dilakukan dengan menggunakan kamera atau bahkan biarkan para masyarakat berfoto menggunakan ponselnya masing-masing untuk bergaya dengan photobooth kreatif yang telah dibuat.


Berikutnya

origami
Gao Guangli mengidap lumpuh otak. Namun, keterbatasannya tak menghentikannya berkarya membuat origami menggunakan mulutnya hanya dalam 3 menit. | ilustrasi: pexels.com/@luismedina

3. Hiasan dengan origami

Membuat hiasan dari origami bisa dilakukan bersama anak-anak lingkungan rumah untuk mengembangkan kreativitasnya. Pastikan origami yang dibuat mengandung tema atau warna khas hari kemerdekaan.

Sebagai informasi origami merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang dan biasanya menggunakan kertas origami atau kain untuk membuat bentuk-bentuk yang unik dengan pola yang sudah tersedia.

4. Bendera plastik kecil

Selain memasang bendera besar kita juga dapat membuat bendera plastik kecil yang menghiasi setiap sudut jalan di rumah. Membuat dekorasi bendera tersebut bisa menggunakan bendera plastik kecil dan benang kasur.

Biasanya bendera plastik bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko hiasan, alat tulis, atau toko online. Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan kertas warna atau mencari bahan-bahan bekas dengan warna merah putih yang bisa dijadikan bendera.


Selanjutnya

9 Gaya Nada Tarina Putri, Balerina Cantik Anak Angkat Deddy Corbuzier
Kali ini, Nada tampil bergaya casual berpose di botol-botol plastik yang digantung. (Instagram/nada_tarina_putri).

5. Membuat gantungan dari gelas plastik

Gelas plastik bekas bisa dimanfaatkan untuk menjadi gantungan unik yang dipajang di halaman rumah. Anda bisa memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral kemudian di cat atau ditempel kertas berwarna merah dan putih.

Saat ini ada banyak cara untuk membuat bunga dari gelas plastik yang bisa menghiasi keindahan rumah. Kemudian juga bisa menambahkan rumbai plastik merah putih untuk memberikan kesan manis ketika digantung.

6. Pohon bendera

Jika halaman rumah atau lingkungan rumah terdapat pepohonan maka bisa membuat dekorasi dengan hiasan pohon bendera. Caranya cukup mudah hanya tinggal memanfaatkan bendera merah putih kecil untuk digantung pada ranting-ranting pohonnya.

Gunakan kertas atau kain berwarna merah putih untuk membuat bendera kecil tersebut. Kemudian gantung pada ranting pohon menggunakan benang atau tali dan bisa menambahkan lampu hias untuk efek yang lebih cantik pada waktu malam hari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya