Tips dan Ide Kreatif untuk Arak-arakan 17 Agustusan

Arak-arakan adalah aktivitas menarik yang selalu dilakukan saat 17 Agustus. Berikut ini tips dan ide untuk arak-arakan Hari Kemerdekaan tahun ini.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 29 Jul 2024, 02:00 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 02:00 WIB
Ilustrasi lomba 17 Agustusan, hari kemerdekaan RI
Ilustrasi lomba 17 Agustusan, hari kemerdekaan RI. (Image by Yaumil Akbar from Pixabay)

Liputan6.com, Bandung - Mengadakan arak-arakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus menjadi acara yang cukup dinantikan oleh masyarakat. Pasalnya menggelar arak-arakan menjadi bentuk ekspresi budaya dan memeriahkan perayaan itu sendiri.

Sebagai informasi arak-arakan merupakan salah satu bentuk parade atau pawai yang melibatkan sejumlah besar orang untuk bergerak bersama dalam barisan atau formasi tertentu yang biasanya dilakukan untuk merayakan atau memperingati suatu peristiwa.

Arak-arakan sering dilaksanakan dengan iringan musik, tari-tarian, dan atraksi menyenangkan lainnya. Biasanya acara ini bertujuan untuk menarik perhatian dan memeriahkan suasana.

Arak-arakan dilaksanakan pada suatu perayaan budaya, keagamaan, hingga peringatan nasional. Dalam menggelar arak-arakan biasanya terdiri dari beberapa kelompok atau barisan dengan formasi tertentu.

Adapun untuk menggelar arak-arakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia bisa menampilkan keunikan budaya dan kesenian lokal. Kegiatannya bisa dilakukan bersama masyarakat, anak-anak sekolah, atau bahkan kelompok seni.

Pastikan untuk menggunakan musik atau tari-tarian khas lokal dengan pemilihan musik tradisional yang khas. Pemilihan musik dan tarian lokal bisa membawa acara arak-arak semakin meriah dan menyenangkan.

Kemudian dalam mendukung acara berlangsung dengan menyenangkan para peserta arak-arakan dapat mengenakan kostum dan atribut yang sesuai dengan tema. Misalnya mengenakan kostum khas budaya lokal serta atribut pelengkap seperti bendera.

Selain berbari dan berkeliling arak-arakan juga bisa memberikan atraksi atau pertunjukan oleh seseorang yang bisa memberikan penampilan tersebut. Misalnya menampilkan pertunjukan tari atau penampilan seni lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


6 Ide Arak-Arakan Kreatif untuk Hari Kemerdekaan

Ilustrasi kemerdekaan RI, 17 Agustus
Ilustrasi kemerdekaan RI, 17 Agustus. (Photo Copyright by Freepik)

1. Mengenakan kostum pahlawan nasional

Pada hari kemerdekaan tema pahlawan nasional menjadi pilihan yang pasti menarik untuk menggelar arak-arakan. Para peserta bisa menunjukkannya dengan kostum para pahlawan yang ikonik dan menarik.

Tentunya para peserta bisa mengenakan kostum yang sesuai dengan pahlawan yang mereka pilih. Kemudian untuk kesan meriah para peserta bisa melakukan adegan singkat yang menggambarkan perjuangan para pahlawan tersebut.

2. Arak-arak dengan budaya lokal nusantara

Menggelar arak-arak dengan budaya lokal Indonesia bisa menjadi ide yang selalu menarik untuk dilakukan. Pasalnya arak-arakan ini membawa para peserta untuk menampilkan kekayaan budaya Indonesia dari berbagai daerah.

Untuk arak-arakan dalam skala besar atau sekolah bisa membuat kelompok peserta untuk mewakili berbagai daerah di Indonesia. Misalnya mengenakan kostum adat Jawa, Sunda, dan adat lainnya yang unik.

Selain pakaian arak-arakan juga bisa dilakukan dengan membuat miniatur rumah adat yang terkenal dari daerah yang diwakili atau menampilkan pertunjukan seni dari daerah tersebut untuk meramaikan acara.


Ide Selanjutnya

16 Sepeda Hias 17 Agustus yang Kreatif untuk Meriahkan HUT RI
Ilustrasi sepeda hias (shutterstock.com)

3. Tema olahraga

Dalam perayaan Hari Kemerdekaan peserta juga bisa menggelar arak-arakan dengan menampilkan sederet prestasi olahraga dan atlet-atlet Indonesia yang telah membawa nama Indonesia semakin dikenal dunia.

Caranya bisa dilakukan dengan mengenakan kostum olahraga atau membawa atribut pendukung mulai dari piala, alat olahraga, atau medali. Kemudian bagi kelompok peserta dengan olahraga tertentu.

Misalnya menampilkan cabang olahraga sepak bola, bulu tangkis, pencak silat, voli, dan olahraga lainnya. Peserta yang mahir dalam olahraga tersebut juga bisa menampilkan demonstrasi olahraganya.

4. Membuat arak-arakan cinta lingkungan

Saat ini lingkungan masih menjadi perhatian khusus yang harus dipahami oleh para masyarakat dunia. Dalam momen Hari Kemerdekaan kita dapat menggelar acaranya dengan memanfaatkan barang-barang daur ulang untuk ornamen arak-arakan.

Peserta dapat membuat pesan lingkungan dan kampanye ajakan mengurangi sampah. Kemudian juga bisa membuat miniatur alam megah Indonesia atau menggunakan kostum tanaman yang unik.


Berikutnya

Ilustrasi 17 Agustus, hari kemerdekaan Indonesia
Ilustrasi 17 Agustus, hari kemerdekaan Indonesia. (Photo Copyright by Freepik)

5. Tema film Indonesia

Mengusung tema film Indonesia bisa menjadi ide yang menarik terutama untuk memperkenalkan dunia perfilman yang telah menciptakan banyak karya membanggakan dari anak bangsa.

Cara melakukannya tentu bisa dengan melakukan cosplay pakaian kostum atau karakter khas dari film atau animasi populer Indonesia. Misalnya mengenakan pakaian Gundala, Sri Asih, Petualangan Sherina, dan lain-lain.

6. Menampilkan kuliner khas Indonesia

Kegiatan arak-arakan juga bisa mengenakan kostum yang terinspirasi dari makanan tradisional Indonesia. Misalnya mengenakan pakaian sate, rendang, atau gudeg yang didesain dengan unik.

Anda juga dapat membuat replika makanan tradisional Indonesia dalam bentuk yang besar untuk kemudian diarak di sepanjang jalan. Tema ini tentunya bermanfaat untuk menampilkan kekayaan kuliner Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya