Megahnya Perpustakaan Kabupaten Siak, Rumah Peradaban Tempat Tumbuhnya Literasi

Kabupaten Siak akhirnya memiliki gedung layanan perpustakaan umum baru.

oleh Tim Regional diperbarui 13 Agu 2024, 05:46 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 05:46 WIB
perpus siak
Gedung Layanan Perpustakaan Kabupaten Siak. (Liputan6.com/ Dok Ist)

Liputan6.com, Kabupaten Siak - Kabupaten Siak Provinsi Riau akhirnya memiliki gedung layanan perpustakaan umum baru. Gedung layanan perpustakaan tiga lantai ini menggantikan fasilitas sebelumnya yang berada di Jalan Raja Kecik. Gedung baru ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Subbidang Perpustakaan Tahun Anggaran 2023 senilai Rp10 miliar.

Peresmian gedung perpustakaan dilakukan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Adin Bondar bersama Wakil Bupati Siak Husni Merza, di Siak, Riau, Senin (12/8/2024).

Adin berharap gedung perpustakaan Kabupaten Siak ini dapat menjadi ikon penerang pengetahuan, rumah peradaban, dan ruang tumbuhnya ekosistem literasi.

"Semoga keberadaan gedung layanan perpustakaan umum daerah Kabupaten Siak bisa menjadi ikon penerang pengetahuan, rumah peradaban, dan ruang tumbuh ekosistem literasi menuju masyarakat Kabupaten Siak yang mandiri, sejahtera, berkarakter, dan berwawasan," ungkapnya.

Di era teknologi yang semakin berkembang, lanjutnya, perpustakaan dituntut untuk menyediakan informasi yang lebih luas dan lengkap, bersaing dengan internet yang menyajikan data dengan mudah dan cepat.

"Hal ini berdampak pada tuntutan dari pengguna jasa layanan perpustakaan yang semakin tinggi. Para pengguna sekarang mengharapkan layanan informasi yang cepat, tepat, dan mudah diakses, baik dalam bentuk tercetak maupun elektronik," lanjutnya.

Adin juga mengatakan, seiring dengan pergeseran paradigma layanan perpustakaan, yang kini lebih mengandalkan teknologi informasi, perpustakaan diharapkan dapat terus beradaptasi dan berkembang.

"Koleksi buku yang dulunya hanya tersedia dalam bentuk fisik kini mulai dialihkan ke format digital, memudahkan akses informasi dari berbagai sumber," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Deputi Adin menyerahkan bantuan dari Perpusnas, bahan bacaan bermutu dalam penguatan literasi Masyarakat Kabupaten Siak tahun 2024 untuk 29 perpustakaan desa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kata Bupati Husni

Sementara itu, Wakil Bupati Husni Merza mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas atas bantuan DAK untuk pembangunan gedung perpustakaan.

Dia berharap gedung baru perpustakaan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan literasi masyarakat serta menyediakan sarana yang memadai untuk pengembangan potensi dan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Siak.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak mendukung pengadaan fasilitas Gedung layanan perpustakaan, seperti mebel dan AC, yang dialokasikan dalam APBD 2025.

"Perpustakaan tidak hanya sebagai tempat membaca saja, tetapi juga sebagai tempat masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan minat dan bakat," imbuhya.

Wakil Bupati menjelaskan masyarakat di Kabupaten Siak sangat antusias dalam mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak, yang menjadi salah satu upaya perwujudanpeningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM).

"Berdasarkan hasil survei tahun 2003, tingkat kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Siak berada pada kategori sedang, angka ini diharapkan akan terus meningkat denganadanya gedung perpustakaan yang baru ini," harapnya.

Infografis Fakta Mengenai Indeks Literasi di Indonesia.
Fakta Mengenai Indeks Literasi di Indonesia. (Liputan6/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya