Film Thaghut Tayang Hari Ini, Berikut Sinopsis dan Daftar Pemainnya

Film Thaghut dijadwalkan tayang hari ini, Kamis (29/8/2024) di seluruh bioskop Indonesia. Namun sayangnya film tersebut kembali terseret kontroversi dan kena somasi.

oleh Natasa Kumalasah Putri diperbarui 30 Agu 2024, 02:00 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 02:00 WIB
Film Thaghut
Thaghut siap menghantui bioskop. Film ini dibintangi Yasmine Napper, Ria Ricis, Arbani Yasiz, Hana Saraswati, Whani Darmawan, hingga Dennis Adhiswara. (Foto: Dok. Leo Pictures)

Liputan6.com, Bandung - Film horor Indonesia, Thaghut dijadwalkan tayang hari ini, Kamis (29/8/2024) di seluruh bioskop Indonesia. Film ini digarap oleh rumah produksi Leo Pictures dan sebelumnya sempat terseret kontroversi dan diboikot karena judulnya.

Kemudian baru-baru ini film Thaghut kembali tuai kontroversi dan kena somasi dari kelompok yang membela dukun. Menurut kelompok tersebut filmnya dianggap menyinggung praktisi yang menggunakan kultur dan klenik dalam pengobatan karena narasi dukun sesat.

Diketahui dalam surat somasi tersebut Dewi Lestari, budayawan, pemelihara kejawen, dan perwakilan dari rekan-rekan yang berprofesi sebagai “dukun putih” menyebutkan bahwa pihaknya menyayangkan adanya stigma negatif tersebut dalam film Thaghut.

Pihak yang memberikan somasi terhadap Leo Pictures juga menuntut untuk menjelaskan terkait promosi filmnya yang dinilai terlalu menyudutkan seluruh dukun. Menurut pihaknya praktik tersebut kebanyakan tidak seseram apa yang diceritakan dalam film tersebut.

“Tindakan menggeneralisasi tersebut dijadikan profesi ini seolah-olah semuanya adalah tindakan yang salah dan sifatnya keji. Hal ini tentu sangat merugikan secara materil dan imateril bagi pihak-pihak yang disebut sebagai “dukun putih” yang melakukan pekerjaannya secara logis dan tidak melakukan kegiatan atau upacara mistis,” kata Dwi Lestari.

Sebagai informasi Thaghut merupakan film horor yang diperankan oleh artis kondang mulai dari Yasmin Napper, Arbani Yasiz, Ria Ricis, hingga Whani Darmawan. Filmnya digarap oleh sutradara kondang Bobby Prasetyo.

Bobby dikenal sebagai sutradara dari film Kultus Iblis (2023), Pamali: Dusun Pocong (2023), dan Pamali (2022). Sementara naskah filmnya ditulis oleh Lele Laila yang dikenal sebagai penulis naskah horor populer seperti Danur, Pemandi Jenazah, dan Keluarga Tak Kasat Mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sempat Tuai Kontroversi Terkait Judul

Yasmin Napper di film Thaghut (Istimewa)
Yasmin Napper di film Thaghut (Istimewa)

Film Thaghut durasi 1 jam 42 menit ini juga sempat menuai kontroversi bahkan jadi sorotan di media sosial beberapa waktu lalu. Diketahui, saat itu filmnya mempunyai judul “Kiblat” dan dianggap mempermainkan gerakan ibadah.

Sejumlah publik figur hingga warganet bahkan menyerukan boikot terhadap film tersebut. Bahkan, kontroversinya semakin menyebar setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut mengomentari poster dan judul filmnya.

MUI saat itu menyayangkan poster filmnya yang menampilkan potret tokoh yang melakukan gerakan rukuk secara terbalik. Sehingga, dari posternya film ini dianggap telah mempermainkan gerakan ibadah.

Leo Pictures pun langsung melakukan pembicaraan saat itu juga dengan MUI agar bisa menghasilkan film lolos sensor yang saat ini judulnya telah diubah menjadi “Thaghut”.


Sinopsis Film Thaghut

Yasmine Napper sebagai Ainun dalam film Thaghut. (Foto: Dok. Leo Pictures)
Yasmine Napper sebagai Ainun dalam film Thaghut. (Foto: Dok. Leo Pictures)

Thaghut menceritakan tentang seorang remaja yang tinggal di pesantren bernama Ainun (Yasmin Napper). Sebagai remaja, Ainun ternyata mempunyai sosok yang dikaguminya bernama Abah Mulya (Whani Darmawan).

Ainun diketahui kagum dengan sosok tersebut karena kesaktiannya yang hanya ia lihat dalam layar televisi. Suatu hari, Abah Mulya dikabarkan meninggal dunia dan perlahan Ainun mengetahui bahwa sosok yang ia kagumi ternyata ayah kandungnya.

Alhasil dengan rasa penasaran yang tinggi dia mengunjungi Padepokan bersama teman-temannya yaitu Bagas (Arbani Yasiz) dan Rini (Ria Ricis). Di tempat tersebut Ainun ternyata terjebak dalam ajaran sesat yang dipimpin oleh Lingga (Dennis Adhiswara).

Meskipun telah diperingatkan oleh Ajeng (Hana Saraswati) istri ketiga Abah dan adik Ainun, Rahmat (Keanu Azka). Kini, Bagas dan Rini tetap berusaha untuk membantu teman dan keluarganya untuk terlepas dari cengkeraman ajaran sesat tersebut.


Daftar Pemain Film Thaghut

Yasmin Napper di film Thaghut (Istimewa)
Yasmin Napper di film Thaghut (Istimewa)

Melansir dari IMDb berikut ini daftar pemain film Thaghut:

1. Yasmin Napper sebagai Ainun.

2. Arbani Yasiz sebagai Bagas.

3. Ria Ricis sebagai Rini.

4. Whani Darmawan sebagai Abah Mulya.

5. Dennis Adhiswara sebagai Lingga.

6. Hana Saraswati sebagai Ajeng.

7. Keanu Azka sebagai Rahmat.

8. Nasarius Sudaryono sebagai Uwak Budi.

9. Joanna Dyah sebagai Ayu.

10. Avigail Gracia sebagai Ara.

11. Kurniawan Hasnajaya sebagai Bapak Ina.

12. Oliveana Kaneishia Nugroho sebagai Ina.

13. Reza Pramudya Rizky.

14. Maharani Ayu Putri.

15. Dion Dph April.

16. Azaro Putri Kirana.

17. Slamet Lucyana.

18. Alvino Azizah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya