Trivia Saham: Kenali Profil Risiko saat Berinvestasi

Bicara soal risiko, hal ini perlu diketahui untuk melihat produksi investasi apa yang cocok dengan tujuan keuangan dan karakteristik Anda.

oleh Agustina Melani diperbarui 11 Jul 2021, 22:02 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2021, 22:02 WIB
Ilustrasi investasi (Foto: Unsplash/Mayofi)
Ilustrasi investasi (Foto: Unsplash/Mayofi)

Liputan6.com, Jakarta - Saat investasi ada keuntungan dan risiko yang dihadapi. Oleh karena itu, ketika berinvestasi penting untuk mengetahui tujuan investasi, keterampilan, pengetahuan dan risiko yang dihadapi.

Bicara soal risiko, hal ini perlu diketahui untuk melihat produksi investasi apa yang cocok dengan tujuan keuangan dan karakteristik Anda. Mengutip laman most.co.id, ditulis Minggu (11/7/2021), dengan mengetahui risiko juga dapat mengetahui  risiko yang masih bisa ditoleransi.

Kali ini trivia saham membahas mengenai empat kategori investasi investor berdasarkan profil risiko masing-masing dikutip dari laman most.co.id:

1.Sangat konservatif

Jika bagi Anda keutuhan nilai pokok investasi lebih penting dibandingkan potensi keuntungan besar, Anda termasuk ke dalam kategori profil risiko sangat konservatif.

2.Konservatif

Jika Anda lebih menyukai instrumen investasi dengan risiko maupun fluktuasi rendah, Anda termasuk ke dalam kategori profil risiko konservatif. Instrumen investasi yang cocok bagi Anda di antaranya deposito, reksa dana pasar uang dan obligasi dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Agresif

FOTO: PPKM Diperpanjang, IHSG Melemah Pada Sesi Pertama
Karyawan mengambil gambar layar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (22/1/2021). Sebanyak 111 saham menguat, 372 tertekan, dan 124 lainnya flat. (Liputan6.com/Johan Tallo)

3.Moderat

Anda yang termasuk ke dalam profil risiko moderat biasanya sudah berani mengambil risiko lebih besar demi potensi keuntungan yang lebih tinggi. Anda dapat memilih instrumen investasi seperti reksa dana pendapatan tetap, sebagian kecil saha, juga reksa dana campuran (obligasi, saham dan pasar uang).

4.Agresif

Bagi Anda yang tidak keberatan menerima risiko serta fluktuasi tinggi demi potensi hasil investasi yang baik pada masa depan, Anda termasuk ke dalam kategori profil risiko agresif. Instrumen investasi yang cocok bagi Anda di antaranya saham, reksa dana saham hingga derivatif.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya