Impack Pratama Akuisisi Saham Mulford, Distributor Bahan Bangunan di Australia

Impack Pratama Industri akuisisi Mulford Holdings Pty Ltd untuk memperluas jaringan pemasaran produk perseroan di luar Indonesia.

oleh Agustina Melani diperbarui 26 Jun 2024, 13:35 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2024, 13:35 WIB
Impack Pratama Akuisisi Saham Mulford, Distributor Bahan Bangunan di Australia
PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) akuisisi 2.165.273 saham atau setara 100 persen saham Mulford Holdings Pty Ltd (MH) dari Mulford International Pte Ltd.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) akuisisi 2.165.273 saham atau setara 100 persen saham Mulford Holdings Pty Ltd (MH) dari Mulford International Pte Ltd.

Adapun transaksi penyertaan modal saham perusahaan yang bergerak di bidang distribusi lembaran plastik dan barang sejenisnya di Australia dan Selandia Baru tersebut dilakukan pada 28 Juni 2024.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Rabu (26/6/2024), Impack Pratama telah menandatangani perjanjian pengikatan jual beli saham dengan Mulford International Pte Ltd pada 24 Juni 2024. Perseroan merogoh kocek Rp 808 miliar untuk akuisisi 100 persen saham MH. Adapun MH berdomisili di Oakdale Close, Horseley Park, Australia.

Perseroan mengakuisisi saham MH untuk menunjang perluasan jaringan pemasaran produk Perseroan bukan hanya di Indonesia tetapi juga di luar Indonesia. Hal ini seiring kemungkinan ekspansi dan inovasi peluncuran produk-produk baru yang akan diproduksi oleh Perseroan.

“Sejalan dengan rencana Perseroan untuk memperluas ekspansi dan market usaha di Australia dan Selandia Baru, Perseroan berencana untuk menambah jaringan distribusi dan market baru di Australia dan Selandia Baru,” demikian dikutip dari keterbukaan informasi BEI.

Sementara itu, Multiford International Pte Ltd memiliki jaringan distribusi yang luar di Australia dan Selandia Baru melalui entitas anaknya yakni MH.

Saat ini, Impack Pratama Industri telah memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur dalam pembuatan fiber yang berlokasi di Australia dan Selandia Baru.

“Perseroan mempertimbangkan untuk melakukan pembelian objek transaksi, dibandingkan dengan memperbesar jaringan distribusi sendiri, karena biaya yang dikeluarkan lebih efisien dan efektif,” demikian dikutip.

Perseroan dengan membeli kepemilikan saham atas Mulford Holdings Pty Ltd dari Mulford International Pte akan mendapatkan jaringan distribusi dalam waktu lebih singkat dan lebih memudahkan perencanaan ke depan dengan ada pasar baru yang didapatkan dengan transaksi ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akuisisi Pakai Pinjaman Bank

Ilustrasi pinjaman (Foto: Unsplash/Scott Graham)
Ilustrasi pinjaman (Foto: Unsplash/Scott Graham)

Perseroan memakai kas dan pinjaman bank untuk akuisisi saham MH. PT Impack Pratama Tbk telah menandatangani perjanjian pinjaman dengan Bank Central Asia (BCA) yang merupakan fasilitas kredit investasi senilai Rp 720 miliar dengan tenor tujuh tahun sejak realisasi pertama kali atau tanpa grace periode. Adapun suku bunga tujuh persen per tahun.

“Fasilitasi kredit investasi hanya dapat digunakan untuk akuisisi 100 persen saham Perseroan MH dan dapat direalisasikan secara sekaligus atau bertahap,”

Untuk agunan kredit yakni aset Perseroan berupa tanah dan bangunan, piutang dan barang persediaan.

Selain itu, Perseroan mendapatkan penambahan fasilitas kredit dari BCA yakni time loan revolving 2 sebesar Rp 150 miliar pada 24 Juni 2024. Pinjaman itu bertenor satu tahun sejak penandatanganan kredit dengan suku bunga 7 persen per tahun. Perseroan menyatakan penggunaan kredit untuk membeli bahan baku produksi Perseroan. “Agunan kredit berupa aset perseroan yakni tanah dan bangunan, piutang dan barang persediaan,”

Adapun transaksi tersebut termasuk transaksi yang mengandung unsur transaksi afiliasi sebagaimana tertuang dalam POJK Nomor 42/2020.

Hubungan afiliasi pihak yang terlibat dalam transaksi ini seiring anggota direksi Mulford International Pte Ltd (MIN) yang menjabat sebagai anggota direksi Perseroan yakni Philip Tjipto. Selain itu terdapat hubungan afiliasi antara Perseroan dan MH yani direksi MH yang juga menjabat sebagai anggota direksi Perseroan yakni Sugiarto Romeli.


Tebar Dividen

Indeks Harga Saham Gabungan Akhir Tahun 2022 Ditutup Lesu
Karyawan melintasi layar yang menampilkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat acara Penutupan Perdagangan Bursa Efek Indonesia Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (30/12/2022). PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada 59 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) atau pencatatan saham sepanjang 2022. Pada penutupan perdagangan akhir tahun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup lesu 0,14% atau 9,46 poin menjadi 6.850,62. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) akan membagikan dividen sebesar Rp 244,2 miliar atau Rp 4,5 per saham. Rencana pembagian dividen telah disepakati pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan yang diselenggarakan pada 20 Mei 2024.

Pembagian dividen merujuk pada data keuangan perseroan tahun buku 2023 yang berakhir pada 31 Desember 2023. pada periode tersebut, perseroan membukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 430,52 miliar.

Hingga 31 Desember 2023, perseroan membukukan saldo laba ditahan yang tidak dibatasi penggunaannya sebesar Rp 1,63 triliun. Bersamaan dengan itu, total ekuitas tercatat sebesar Rp 2,49 triliun.

Mengutip data RTI, saham IMPC ditutup turun 2,16 persen ke posisi 362 per saham pada perdagangan Rabu, 22 Mei 2024.

Dalam sepekan, saham IMPC turun 0,55 persen. Sejak awal tahun atau secara year to date (YTD), IMPC turun 6,70 persen. Meski begitu, saham IMPC maish naik 16,09 persen dalam satu tahun terakhir.

 


Jadwal Pembagian Dividen

IHSG Menguat
Pekerja melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (8/6/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 1,34% ke level 5.014,08 pada pembukaan perdagangan sesi I, Senin (8/6). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (25/5/2024), berikut jadwal lengkap pembagian dividen PT Impack Pratama Industri Tbk:

  • Tanggal cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi: 30 Mei 2024
  • Tanggal ex dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi: 31 Mei 2024
  • Tanggal cum dividen di pasar tunai: 3 Juni 2024
  • Tanggal ex dividen di pasar tunai: 4 Juni 2024
  • Tanggal daftar pemegang saham (DPS) yang berhak atas dividen tunai: 3 Juni 2024
  • Tanggal pembayaran dividen: 7 Juni 2024
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya