Artis Ghostbuster Di-bully, Twitter Ambil Tindakan

Sejak bermain dalam versi wanita Ghostbuster, Leslie Jones sering mendapat hujatan dan kejaman di sosial media, terutama Twitter.

oleh Nilam Suri diperbarui 21 Jul 2016, 21:20 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2016, 21:20 WIB
Leslie Jones
Sejak bermain dalam versi wanita Ghostbuster, Leslie Jones sering mendapat hujatan dan kecaman di social media, terutama Twitter.

Liputan6.com, Jakarta Sejak dibuat ulang, film Ghostbusters mendapatkan banyak kritikan dan serangan dari para "penggemar" yang tidak terima film kesayangan mereka dibuat dalam versi lain.

Paul Feig (tengah) dengan para bintang Ghostbusters.

Biasanya sang sutradara, Paul Feig, hanya menanggapi kritikan dan serangan tadi dengan satu kata, "cukup". Tapi ketika salah satu bintang Ghostbusters, Leslie Jones, mulai mendapat serangan secara personal, dan bahkan membawa-bawa isu ras, sutradara yang juga menyutradarai Bridesmaid dan Spy itu tidak terima, dan mulai angkat suara.

 

"Leslie Jones adalah salah satu orang terhebat yang pernah kukenal," tulisnya di akun Twitter pribadinya, @paulfeig. "Setiap serangan personal terhadapnya adalah serangan terhadap kami semua. #LoveForLeslieJ @Lesdoggg"

Cuitan Paul Feig itu lantas menjadikan hashtag LoveForLeslieJ menjadi trending di Twitter sejak Senin malam lalu, seperti diberitakan The Hollywood Reporter, Kamis (21/7/2016).

Leslie Jones sebelumnya memang pernah menyampaikan melalui Twitter bahwa dia banyak menerima pesan seksis dan rasis melalui sosial media. Untungnya, pemeran Patty Tolan dalam Ghostbuster ini berani melawan dengan mengekspos pembullynya.

Sayangnya, apa yang dilakukan oleh Leslie Jones itu tidak berhasil membuat para pembullynya berhenti, beberapa dari mereka malah jadi semakin sadis.

Akhirnya, Leslie Jones menyampaikan pada Twitter untuk menghapus dan memblok beberapa akun, tapi hal itu juga tidak berhasil.

Tak tahan terus dibully, Leslie Jones memutuskan untuk meninggalkan Twitter.

"Aku tidak melakukan apapun yang membuatku layak menerima hal ini," ujarnya. Tidak tahan, Leslie Jones akhirnya memutuskan untuk berhenti dari Twitter.

"Aku berhenti dari Twitter malam ini dengan air mata dan hati yang sangat sedih. Semua ini hanya karena aku membintangi sebuah film. Kalian bisa membenci suatu film tapi apa yang kalian lakukan hari ini itu salah," tulisnya di akun pribadinya, @lesdoggg.

Sebelumnya Leslie Jones juga memang sudah mendorong TWitter untuk membantunya menghentikan para pembully dan haters.

Reaksi Leslie Jones atas serangan yang diterimanya mendorong banyak publik figur Hollywood untuk ikut berkomentar dan membelanya. Banyak dari mereka menyampaikan dukungan dan rasa cinta mereka pada Leslie. Sementara yang lain menuliskan di akun TWitter mereka masing-masing betapa hebatnya artis berusia 48 tahun itu.

 

Tak lama setelahnya, CEO TWitter, Jack Dorsey, mentwit Leslie dan mengatakan bahwa dia mengirimkan pesan ke akun Twitter sang artis. Dan tak lama sesudahnya, pihak Twitter secara resmi mengeluarkan pernyataan untuk menekankan bahwa TWitter tidak mengizinkan adanya pembully-an dan penyerangan di dalam platform-nya.

"Bentuk kekerasan seperti ini tidak diizinkan di Twitter, dan kami sudah mengambil tindakan terhadap beberapa akun yang dilaporkan oleh Leslie dan orang lain. Kami bergantung pada orang-orang untuk melaporkan tingkah laku seperti ini kepada kami, tapi kami juga terus berinvestasi secara serius untuk mengembangkan perlengkapan dan menguatkan sistem kami untuk mencegah tindak kekerasan seperti ini. Kami sadar, masih banyak tindakan yang harus kami lakukan sebelum berhasil membawa TWitter ke tempat yang seharusnya tentang bagaimana kami menyikapi isu ini."

Ghostbusters (2016)

Film Ghostbusters sendiri sudah tayang di AS, yang dibintangi juga oleh Melissa McCarthy, Kristen Wiig, dan Kate McKinnon, dengan angka penjualan yang baik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya