Susan Bachtiar Yakin Pancasila Bisa Damaikan Indonesia

Dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, Susan Bachtiar yakin dapat menyatukan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia.

oleh Rizky Aditya Saputra diperbarui 01 Jun 2017, 20:42 WIB
Diterbitkan 01 Jun 2017, 20:42 WIB
Susan Bachtiar
Dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, Susan Bachtiar yakin dapat menyatukan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Susan Bachtiar mengaku senang dengan langkah pemerintah menjadikan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai hari libur nasional. Dengan begitu, Susan Bachtiar berharap semua masyarakat dapat lebih mengenal nilai Pancasila.

"Baik sekali (dijadikan hari libur nasional). Jadi orang kan bisa lihat lagi dan membuat mata bangsa Indonesia bisa terbuka bahwa kerukunan agama, beda golongan dan RAS diperlukan di negara kita," kata Susan Bachtiar kepada Liputan6.com di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2017).

Dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar negara, Susan Bachtiar yakin dapat menyatukan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia. Pemain film Surat Kecil untuk Tuhan ini percaya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat memberikan kedamaian bangsa.

"Pancasila itu keanekaragaman supaya bisa bersatu, karena kita hidup di negara bhinneka tunggal ika. Jadi semua suku, RAS dan agama bisa hidup damai dengan adanya Pancasila. Itu juga yang diharapkan dari pendiri-pendiri negara kita pastinya," ujar presenter 44 tahun tersebut.

Sebagai warga negara yang baik, Susan Bachtiar mengaku telah menerapkan nilai-nilai Pancasila khususnya dalam hal pergaulan sehari-hari. "Saya berusaha bergaul dengan setiap orang dari suku, RAS, golongan dan agama yang berbeda. Saya warga negara Indonesia keturunan, agama saya minoritas, tapi saya punya puluhan teman dari agama yang berbeda," ucap Susan Bachtiar.

"Saya juga mengajarkan diri, anak dan orang di sekitar saya untuk bertoleransi dengan orang yang memang memiliki agama lain, terutama saat dia beribadah," pungkasnya. (Gie)

Susan Bachtiar (Herman Zakharia/Liputan6.com)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya