Pulung Agustanto Perkenalkan Lagu Mung Kanggo Kowe, Ingin Jadikan Budaya Jawa Lebih Populer

Pulung Agustanto merilis single Mung Kanggo Kowe

oleh Aditia Saputra diperbarui 01 Sep 2022, 18:54 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2022, 14:20 WIB
Pulung Agustanto
Pulung Agustanto

Liputan6.com, Jakarta Politisi yang juga seniman Pulung Agustanto mengeluarkan single terbarunya yang berjudul Mung Kanggo Kowe. Pilihan Pulung untuk memperkenalkan lagu Jawa memiliki alasan tersendiri.

"Kenapa (pilih) pop Jawa,  karena memang perjalanan saya sebagai musisi, seniman, dan karena memang saya sendiri orang Jawa. Saya ingin memberikan apresiasi, dan supaya budaya Jawa ini lebih populer dengan kondisi yang sekarang ada," ujar Pulung Agustanto saat jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2022). 

Pria kelahiran 17 Agustus 1971 itu menghabiskan masa mudanya di Yogyakarta. Pulung adalah juara kelas, hingga beranjak remaja dirinya menyadari bakat seni yang dia miliki. 

Lewat lagu Mung Kanggo Kowe menjadi langkah penting bagi Pulung Agustanto bisa ikut mewarnai musik Indonesia dengan mengusung lagu pop Jawa yang saat ini banyak diminati masyarakat Indonesia. 

"Seperti kita tahu, lagu Jawa menggema pada Peringatan HUT RI di Istana Negara. Siapa yang nggak bangga," ujar Pulung.

"Semenjak fenomena Didi Kempot, banyak artis muda yang nyanyi lagu Jawa, ya saya pokir momen ini saya harus ikutan. Lagunya nggak cuma ini ya, selanjutnya ada 3 lagu lagi, dan itu tidak hanya koplo, ada rock Jawa dan ambyar ada juga," tutur Pulung. 

 


Menawarkan

Pulung Agustanto
Pulung Agustanto

Hal senada juga dikatakan oleh Irsan Wallad sang produser. Irsan adalah orang yang pertama kali menawarkan Pulung lagu Pop Jawa lagu Mung Kanggo Kowe. 

"Kalau kita dengar liriknya, semua kita aduk. Ada rock, ada popnya, ada bunyian yang klasikal. Ditambah ada juga jazz. Ada Mas Rio Sidik. Itu cara saya tidak kehilangan identitas jazz kita," ujar Irsan.

 


Dibantu

Pulung Agustanto
Pulung Agustanto

Dalam penggarapan single Pop Jawa ciptaan Bayu Himawan, Irsan Wallad sebagai music director menunjuk  Jeffrey Stefanus sebagai arranger yang telah banyak bekerjasama dengan beberapa penyanyi muda sebut saja di antaranya Nagita Slavina, Anneth, Aldi Maldini, Salshabilla Adriani, Aron Ashab. 

Bayu Himawan sebagai penulis lagu menambahkan single terbaru yang dinyanyikannya Pulung Agustanto ini bercerita tentang seseorang yang tidak menyangka akan ditinggal kekasihnya tanpa sebab. 

"Ceritanya tentang seorang laki-laki yang sangat mencintai seorang perempuan, tapi ditinggal di tengah jalan. Jadi kisah cinta seseorang yang ditinggal pergi," ucap Bayu. 

 


Merilis

Usai memperkenalkan single barunya, dalam waktu dekat,  rencananya Pulung Agustanto akan merilis tiga lagu berikutnya yakni, Piye Keadaanmu, Tau Bertahan, dan Koyo Awakmu. 

Sebelumnya Pulung sempat berkolaborasi bareng Barry Likumahuwa, gitaris ternama Indonesia.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya