Lucky Hakim Ungkap Detik-Detik Kebingungannya di Ponpes Al-Zaytun yang Viral: Saya Lihat Ada Hal Berbeda dari Pesantren Lainnya

Lucky Hakim merinci lebih lengkap mengenai kehadirannya di acara Ponpes Al-Zaytun sewaktu masih menjadi Wakil Bupati Indramayu.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 12 Mei 2023, 17:42 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 17:42 WIB
Lucky Hakim
Lucky Hakim [Foto: KapanLagi.com/Bayu Herdianto]

Liputan6.com, Jakarta Setelah buka suara perihal video viral wajah bingungnya di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat melalui kolom komentar di sejumlah media sosial, Lucky Hakim kembali melakukan klarifikasi. Kali ini, ia menjelaskannya melalui tiga unggahan video di akun Instagram miliknya.

Dalam ketiga video itu, Lucky Hakim merinci lebih lengkap mengenai kehadirannya di acara Ponpes Al-Zaytun. Setelah menjelaskan alasan kedatangannya ke Ponpes Al-Zaytun seperti yang disampaikannya di media sosial, Lucky Hakim pun merinci lebih lanjut detik-detik kebingungannya setelah diminta berdiri oleh pimpinan Ponpes, Panji Gumilang.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya ingin menjawab pertanyaan yang banyak, jadi saya jawab langsung di sini terkait tentang kehadiran saya di pondok pesantren Al Zaytun. Itu terjadi tahun yang lalu, saya datang dua kali," ujar Lucky Hakim melalui akun Instagram @luckyhakimofficial, Kamis (11/5/2023).

Lucky Hakim menjelaskan bahwa pada kedatangan pertama ia tak menemukan kejanggalan pada Ponpes Al- Zaytun. Lalu pada kedatangan kedua, Lucky yang diundang sebagai Wakil Bupati Indramayu, mengaku sekadar silaturahmi untuk melihat peternakan, pertanian modern, pembuatan kapal, serta program para santri untuk berwirausaha.

 


Lucky Hakim Sempat Memuji Santri Al-Zaytun

Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim (ist)
Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim (ist)

Awalnya, Lucky Hakim mengaku secara tersirat sempat memuji cara Ponpes Al-Zaytun bisa membuat para santrinya memiliki ilmu agama serta ilmu terapan yang bisa memunculkan para pemimpin baru.

"Ada kegiatan dan ada peringatan satu suro. Lalu ada khataman Al Quran dan saya sempat dikasih kesempatan untuk bicara juga," terang Lucky Hakim.

"Ya saya katakan bahwa kalau santri pintar ngaji, pintar secara ilmu dunianya terus mandiri, maka itu menjadi calon-calon pemimpin yang baik dan bagus," sambungnya.

 


Lucky Hakim Baru Tahu Ada yang Janggal di Ponpes Al-Zaytun

Lucky Hakim
[Foto; KapanLagi.com/Bayu Herdianto]

Barulah setelah itu Lucky Hakim mengungkapkan detik-detik kebingungannya kala pimpinan sekaligus pendiri Ponpes Al-Zaytung, Panji Gumilang tiba-tiba meminta hadirin menyanyikan salam yang dikemas seperti salam untuk umat Yahudi.

"Di akhir acara itu ada sambutan dari Pak Syekh, Pak Panji (Panji Gumilang). Dan baru tuh yang ramai kemarin ada ini apa, salam yang katanya ala Yahudi," jelas Lucky Hakim.

"Saya juga kan enggak pernah tahu ada seperti itu. Malah saya baru tahu di situ. Jadi sebagai tamu, saya diminta berdiri, ya berdiri. Saya juga sempat rada bingung sebenarnya," lanjutnya.

 


Menurut Lucky Hakim Ada Hal yang Berbeda dari Pesantren Lainnya

Pada saat itu, Lucky Hakim mengakui bahwa memang ada hal yang berbeda di Ponpes Al-Zaytun yang tak ia temukan di pesantren-pesantren lainnya setelah ia dan hadirin lain diminta untuk berdiri.

"Semua yang hadir diminta berdiri, lalu untuk mengikuti. Kan enggak tahu itu apa. Saya malah sempat berpikir apa ini, mungkin karena keterbatasan pengetahuan saya. saya enggak tahu kalau itu bahasa Ibrani atau Yahudi, mana saya tahu," jelas Lucky Hakim.

"Ya sudah mengikuti, tapi setelah itu saya melihat, 'Kok ada hal yang berbeda, yang biasanya saya tidak lihat di pesantren lainnya.' Cuma sebatas itu saja. Sesudah itu, acara selesai, pamitan, sudah tak pernah ke situ lagi," tandas Lucky Hakim.

 


Wajah Bingung Lucky Hakim di Ponpes Al-Zaytun

Wajah Lucky Hakim belum lama ini viral di media sosial lantaran sebuah video menyorot ekspresi kebingungannya saat menghadiri sebuah acara di Ponpes Al-Zaytun yang terletak di Indramayu, Jawa Barat. Kala itu, sang pimpinan pondok pesantren mengucapkan salam yang diketahui tak sesuai ajaran agama Islam.

Setelah menyadari video tersebut viral di media sosial dan menjadi perbincangan warganet, Lucky Hakim pun buka suara untuk mengklarifikasi di komentar sejumlah akun media sosial. Lucky mengaku bahwa momen video itu direkam tahun lalu.

 


Ponpes Al-Zaytun Tengah Menjadi Kontroversi

Ponpes Al-Zaytun kini memang tengah menjadi kontroversi masyarakat. Sebelumnya, pondok pesantren tersebut kedapatan menggelar sholat Idul Fitri dengan perempuan berdiri sejajar di barisan depan bersama jamaah laki-laki.

Lebih dari 20 tahun lalu, ponpes ini juga pernah menimbulkan polemik hingga MUI menurunkan tim penelitinya. Pada 2002, tim peneliti Majelis Ulama Indonesia (MUI) melakukan riset terkait Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun atau Ma’had Al-Zaytun (MAZ), Indramayu Jawa Barat.

Anggota Komisi Fatwa MUI, Aminuddin Yakub menyampaikan MUI pernah membentuk tim untuk meneliti adanya gerakan NII KW IX yang dikaitkan dengan MAZ. Dari penelitian tersebut dikaji tiga hal.

“Kami mengkaji tiga aspek yaitu, profil NII KW IX dan ajaran di dalamnya, profil MAZ dan kegiatan kurikulum yang diajarkan, serta menggali kemungkinan adanya hubungan antara NII KW IX dengan MAZ,” kata Aminuddin, yang juga merupakan sekretaris tim peneliti MUI dalam kajian tersebut, dikutip dari laman mui.or.id, Minggu (30/4/2023), mengutip kanal Islami Liputan6.com.

Infografis Penodaan Agama (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Penodaan Agama (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya