Alasan Petenis di Wimbledon Tak Bungkukkan Badan Tanda Hormat ke Ratu Camilla

Ratu Camilla debut dengan gelar barunya di Wimbledon 2023, pada Rabu 12 Juli lalu.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 18 Jul 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2023, 08:00 WIB
Ratu Camilla. (Phil Noble/Pool Photo via AP)
Ratu Camilla. (Phil Noble/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi tenis bergengsi Wimbledon baru saja berakhir dengan kemenangan Carlos Alcaraz. Di luar kemenangannya, ada hal lain yang ramai diperbincangkan orang, termasuk kehadiran para anggota keluarga Kerajaan Inggris di bangku penonton. Termasuk Ratu Camilla.

Istri Raja Charles III ini debut dengan gelar barunya di Wimbledon 2023, pada Rabu 12 Juli lalu. Ia duduk di tempat kehormatan, Royal Box, bersama dengan saudarnya, Annabel Elliot, dan Pangeran Albert dari Monako.

Ada satu pemandangan menarik dalam peristiwa Wimbledon 2023. Para petenis tidak membungkukkan atau merendahkan tubuh sebagai tanda hormat kepada sang Ratu Inggris. Padahal, dulu hal ini biasanya para petenis melakukan hal ini sebelum masuk ke lapangan bila ada keluarga kerajaan di Royal Box.

Dilansir dari People, kebiasaan ini rupanya berubah pada 2003, atas permintaan Ketua Klub Tenis dan Kriket All England kala itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tradisi yang Direvisi

Ratu Camilla. (Finnbarr Webster/PA via AP)
Ratu Camilla. (Finnbarr Webster/PA via AP)

Pada saat itu, disepakati bahwa tradisi di mana pemain membungkuk tanda hormat saat memasuki atau meninggalkan lapangan, dihentikan.

Namun aturan ini kemudian diperbarui. Saat itu dinyatakan tata cara pemberian masih diterapkan bila Ratu Elizabeth dan Charles—yang kala itu masing bergelar pangeran—yang merupakan sang pemimpin Kerajaan dan penerusnya, hadir di Wimbledon.


Reaksi Para Petenis

Gaya Santuy Putri Charlotte Debut di Final Wimbledon Bareng Kate Middleton dan Pangeran William
Kate Middleton duduk bersebelahan dengan Putri Charlotte saat menyaksikan pertandingan tenis final Wimbledon, Minggu, 16 Juli 2023. (dok. AP Photo/Alastair Grant)

Atlet yang menunduk memberi penghormatan saat berlaga di Wimbledon contohnya adalah Andy Murray dan Jarkko Nieminen pada 2010. Kala itu, Ratu Elizabeth II datang menghadiri turnamen tenis ini. Kepada The New York Times kala itu, Andy Murray sempat merasa canggung melakukan penghormatan seperti itu.

Sebaliknya, Martina Navratilova dengan senang hati membungkuk memberi hormat kepada para keluarga Kerajaan Inggris. “Itu adalah tradisi yang hebat,” kata dia kala itu.


Keluarga Pangeran William

Gaya Santuy Putri Charlotte Curi Perhatian di Final Wimbledon 2023 Bareng Kate Middleton
Keluarga Wales, Pangeran William, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Kate Middleton, menghadiri pertandingan Wimbledon. (dok. AP Photo/Alastair Grant)

 

Tahun ini, selain Ratu Camilla, keluarga Pangeran William juga ikut juga menghadiri Wimbledon. Pada hari terakhir turnamen Minggu (16/7/2023) kemarin, sang pangeran membawa serta sang istri, Kate Middleton, serta Pangeran George dan Putri Charlotte untuk nonton.

Acara ini juga dihadiri sejumlah artis kondang dunia seperti Brad Pitt, Ariana Grande, Tom Hiddleston, Jonathan Bailey, Hugh Jackman, Andrew Garfield, Idris Elba, Emma Watson, Rachel Weisz, dan Daniel Craig.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya