Kata Ridwan Kamil Soal Penampilan Prabowo di Debat Capres Perdana untuk Pemilu 2024: Beliau Paling Jenaka, Mengurangi Tensi

Ridwan Kamil menyebut capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang didukungnya menjadi calon presiden yang paling jenaka selama debat perdana yang digelar oleh KPU.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 13 Des 2023, 14:36 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 14:36 WIB
Ekspresi Para Capres/Cawapres saat Paparan Visi Misi pada Debat Perdana Pilpres 2024
Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto saat paparan visi dan misi pada debat perdana Calon Presiden pada Pilpres 2024, Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Jelang Pemilu 2024, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, diketahui tengah menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran untuk Provinsi Jawa Barat. Tentunya, Ridwan Kamil turut menyaksikan jalannya debat yang berlangsung pada Selasa (12/12/2023) malam.

Dalam penjelasannya, Ridwan Kamil menyebut capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang didukungnya menjadi calon presiden yang paling jenaka selama debat perdana yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut.

Selain itu, menurut Ridwan Kamil menyampaikan bahwa sisi jenaka dari Prabowo yang menjadi bukti tersendiri bahwa mantan danjen Kopassus itu bisa menampilkan nuansa politik yang penuh dengan riang gembira.

"Kami objektif ya, dari penampilan debat malam ini yang paling jenaka, bikin hiburan, mengurangi tensi ya, karena debat kan persepsinya itu menegangkan. Jadi berhasil dicairkan dengan gaya beliau," ucap Ridwan Kamil di Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Selasa (12/12) malam, mengutip Antara News.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ridwan Kamil Sebut Instruksi dari Prabowo

Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto.
Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Calon Presiden (Capres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto. (Dok. Istimewa)

Ridwan Kamil juga mengungkapkan bahwa Prabowo memang menginstruksikan seluruh tim kampanye agar bisa menunjukkan praktek politik riang gembira selama Pemilihan Umum 2024.

Tidak hanya dilakukan selama kampanye, instruksi itu juga dipraktekkan selama melaksanakan debat calon presiden dan wakil presiden.

Ridwan Kamil menjelaskan, kejenakaan tidak mengurangi substansi dari visi dan misi yang disampaikan Prabowo pada tiap segmen debat yang diatur oleh KPU.

"Masyarakat juga bisa melihat keseriusan sekaligus kejenakaan yang menjadi kepribadian pak Prabowo hari ini," terang Ridwan Kamil.

 


Mengundang Tawa Penonton

Debat Perdana Capres Pilpres 2024
Tiga Calon Presiden, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (kiri ke kanan) mengangkat tangan usai debat perdana Pilpres 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selama debat perdana yang dimulai sejak pukul 19.00 WIB, Prabowo Subianto terlihat paling banyak menunjukkan gerak-gerik tubuh yang mengundang tawa penonton di lokasi ketimbang capres lainnya.

Mulai berjoget, gerakan silat, hingga menggerakkan bibir seolah mencibir lawan debatnya, kerap ditunjukkan oleh sosok yang masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

 


Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024, diselenggarakan KPU di Jakarta pada Selasa (12/12/2023) malam.

Debat malam tadi mengangkat tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasang capres-cawapres mulai dari nomor urut 1: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2: Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, hingga nomor urut 3: Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Debat akan kembali dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya