Mengenang Amy Winehouse, Lukisannya Dilelang untuk Amal

Lukisan minyak yang menampilkan sosok penyanyi Amy Winehouse terjual senilai Rp 8,9 juta lebih dalam sebuah lelang amal.

oleh Anr diperbarui 15 Sep 2013, 23:00 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2013, 23:00 WIB
amy-130915c.jpg
Lukisan minyak yang menampilkan sosok penyanyi perempuan Amy Winehouse terjual dengan harga 500 pounsterling atau senilai Rp 8,9 juta lebih dalam sebuah lelang amal di Concorde Club, Hampshire, Inggris, belum lama ini.

Seperti dikutip dari BBC, Minggu (15/9/2013), lukisan karya seniman asal Essex, Inggris, James Wilkinson setinggi 1,5 meter ini dilelang dalam sebuah acara amal yang ditujukan untuk mengenang penyanyi perempuan eksentrik itu.

Dana yang didapat dari lelang ini sebagian disumbangkan untuk yayasan Amy Winehouse Foundation. Dalam aksi amal yang berlangsung selama satu bulan ini, yayasan tersebut berhasil mengumpulkan dana hingga lebih dari 4.000 pounsterling atau sekitar Rp 71,9 juta.

Amy Winehouse jika masih hidup akan merayakan ulang tahunnya yang ke-30, kemarin atau Sabtu 14 September 2013. Winehouse sendiri meninggal pada Juli 2011 lalu akibat menenggak terlalu banyak minuman beralkohol.

James Wilkinson yang menjadi salah satu seniman, dalam sebuah festival mengenang Winehouse, mengaku senang lantaran mendapat keistimewaan untuk melukis potret Amy Winehouse. Wilkinson mengatakan dirinya membutuhkan waktu dua pekan untuk membuat lukisan tersebut.

"Saya adalah penggemar Amy Winehouse jadi ketika diminta untuk melukisnya maka itu merupakan sebuah keistimewaan untuk saya dan saya melakukannya dengan senang hati," kata Wilkinson.

"Yayasan ini menanyakan kepada saya apa yang bisa mereka berikan tapi saya mengatakan, kita lihat saja nanti, dan saya akan donasikan setengah dari berapa pun harga yang terjual untuk amal."

"Saya adalah penggemar Amy Winehouse jadi ketika diminta untuk melukisnya maka itu merupakan sebuah keistimewaan untuk saya dan saya melakukannya dengan senang hati," tandas Wilkinson.

Dalam lukisan itu terlihat gambar Amy yang dikenal dengan julukan "Queen of Camden" sedang berdiri di persimpangan jalan dengan dikelilingi oleh tulisan lirik lagu hits-nya dan juga sosok Ray Charles, salah satu musisi yang mempengaruhi kayanya.

"Saya melukis Amy sedang berada di persimpangan jalan untuk menunjukkan keputusan mana yang diambil."

"Tak banyak [pilihan] memang yang dia ambil saat masih hidup," imbuh Wilkinson.

Lukisan Amy ini oleh Wilkinson diberi judul At Home With Ray karena pengaruh Ray Charles yang begitu besar terhadap karya musik Amy Winehouse.

Adapun orangtua Amy cukup senang dengan keterlibatan banyak orang dalam acara amal ini. "Kami senang berapa pun dana yang berhasil didapat dari penjualan lukisan itu. Orang-orang yang baik ini telah memberikan uang mereka untuk membantu anak kurang mampu dan mengubah kehidupan orang lain," kata Janis Winehouse.

Untuk diketahui, Yayasan Amy Winehouse memang didirikan oleh keluarga Winehouse untuk membantu mencegah dampak konsumsi alkohol dan obat terlarang di kalangan anak muda.(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya