Pengakuan Kontestan Miss Universe Jadi Korban Body Checking: Difoto Telanjang di Ballroom Hotel dan Hanya Disekat Banner

Kuasa hukum korban dugaan pelecehan seksual pada kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 Mellisa Anggraini, membeberkan kejadian dugaan pelecehan seksual kliennya, N, yang merupakan salah satu peserta ajang kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 08 Agu 2023, 12:10 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2023, 11:49 WIB
Penasihat Hukum sejumlah konteestan Miss Universe Mellisa Anggraini melaporkan dugaan tindak pelecehan seksual pemeriksaan tubuh terhadap kontestan Miss Universe Indonesia 2023. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)
Penasihat Hukum sejumlah konteestan Miss Universe Mellisa Anggraini melaporkan dugaan tindak pelecehan seksual pemeriksaan tubuh terhadap kontestan Miss Universe Indonesia 2023. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Liputan6.com, Jakarta - Kuasa hukum korban dugaan pelecehan seksual pada kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 Mellisa Anggraini, membeberkan kejadian dugaan pelecehan seksual kliennya, N, yang merupakan salah satu peserta ajang kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023.

Mellisa Anggraini mengungkapkan, kliennya, N, mengalami pelecehan dengan difoto tanpa busana di ballroom salah satu hotel mewah di Jakarta Pusat. 

"Bisa kebayangkan ya, ada CCTV hanya dibuat sekat dari banner dan gantungan baju," katanya, Senin 8 Agustus 2023, dikutip dari Antara.

Melissa menjelaskan, para peserta kontes kecantikan tersebut difoto-foto tanpa busana saat melakukan pengecekan badan (body checking). Proses body checking dilakukan terpisah per peserta. Dia menduga ada keterlibatan penyelenggara kegiatan (event organizer/EO) di balik pelecehan tersebut. 

"Kita bisa bayangkan bagaimana teman-teman kontestan, mereka tertekan dalam situasi seperti itu," katanya. 

Mellisa menjelaskan, semestinya dilakukan orang per orang, namun ternyata tidak ada privasi.

Melissa sudah melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya.

 “Alhamdulillah sudah diterima laporan kami di SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) tadi terkait dengan adanya dugaan tindak pidana tindak kekerasan seksual,” kata Mellisa.

Mellisa menjelaskan, awal mula kasus tersebut pada 1 Agustus 2023. “Sudah terjadi sebuah peristiwa dimana tiba-tiba dilakukan body checking terhadap para kontestan di luar agenda resmi," katanya. 

Hal itu, kata dia, terjadi di luar ekspektasi dan di luar pengetahuan dari masing masing kontestan. 


Tanggapan Polda Jatim

30 Finalis Tampil Anggun di Acara Preliminary Miss Universe Indonesia 2023
30 Finalis Tampil Anggun di Acara Preliminary Miss Universe Indonesia 2023 [instagram/pageanttempire]

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari N. Laporan tercatat dengan nomor:LP/B/4598/VIII/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 7 Agustus 2023.

"Ya Polda Metro Jaya sudah menerima laporan dari pelapor," kata Trunoyudo dalam keteranganya, Selasa (8/8/2023).

Lebih lanjut, Trunoyudo mengatakan, proses penyelidikan segera dilakukan dengan merujuk laporan tersebut.

"Dasar laporan tersebut akan di jadikan landasan Polda Metro Jaya untuk proses penyelidikan lebih lanjut," tandas dia.


CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang Mengunduran Dirinya

DUGAAN PELECEHAN, 2 MISS UNIVERSE MENGAKU TERTEKAN DAN TERPAKSA MENURUTI PERINTAH OKNUM
DUGAAN PELECEHAN, 2 MISS UNIVERSE MENGAKU TERTEKAN DAN TERPAKSA MENURUTI PERINTAH OKNUM  

Setelah menyeruak dugaan tersebut, CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang menyampaikan pengunduran dirinya dari jabatan itu. Keterangan tersebut diungkapkannya dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya dengan bahasa Inggris pada Sabtu, 5 Agustus 2023. Berikut pernyataan lengkapnya:

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya.

Saya ingin mengucapkan terima kasih terutama kepada Direktur Nasional kami, Ms. Poppy Capella karena telah mempercayakan saya dengan tugas dan misi besar ini untuk membawa kekuatan yang sangat percaya diri, memberdayakan perempuan, memimpin secara transformasi, untuk nilai-nilai inti yang baik dari Indonesia ke Universe.

Saya mohon maaf, saya harus membuat keputusan untuk fokus pada karier dan pekerjaan saya sebelumnya di kampung halaman saya.

Setiap informasi dan tanggung jawab mengenai Miss Universe Indonesia silakan hubungi melalui PT. CSK. Sekali lagi, terima kasih MUID, finalis, pendukung, dan pecinta kontes atas perjalanan luar biasa yang tak terlupakan seumur hidup ini. Sampai jumpa," tulis Eldwen.

Dalam unggahan pernyataan pengunduran dirinya, Eldwen Wang menuliskan caption singkat, "Thank You letter to everyone." Ia juga menyertakan tagar 'spread love not hate'.

Ia mematikan kolom komentar dan tak ada tombol untuk 'share post' atau membagikan unggahan tersebut. Namun sejak dibagikan pada Sabtu 5 Agustus 2023, unggahan itu telah disukai lebih dari 1.600 kali.

Eldwen Wang juga sempat membagikan potret bersama Poppy Capella di Instagram Story.

"Always be my sister. Thank you for respecting my decision," tulisnya sambil menandai akun Poppy.

Infografis 4 Tren Kecantikan 2024
Infografis 4 Tren Kecantikan 2024.  (Liputan.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya