Arema FC Pecat Joko Susilo sebagai Pelatih, Buntut Tak Kunjung Menang di BRI Liga 1 Musim Ini

Manajemen Arema FC memutuskan untuk mengembalikan Joko Susilo pada jabatan awalnya yakni sebagai Direktur Teknik Arema Football Academy. Keputusan itu, menyusul performa Arema FC pada Liga 1 yang hingga saat ini belum mampu mencatatkan kemenangan.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 10 Agu 2023, 13:25 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2023, 13:18 WIB
BRI Liga 1 2023/2024: Dewa United  vs Arema FC
Pelatih kepala Arema FC, Joko Susilo saat konferensi pers setelah laga pekan pertama BRI Liga 1 2023/2024 antara Dewa United melawan Arema FC di Stadion Indomilk, Tangerang, Minggu (02/07/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Liputan6.com, Malang - Manajemen Arema FC memecat Joko Susilo dari kursi pelatih. Sebagai gantinya, Tim Singo Edan menunjuk asisten pelatih Kuncoro sebagai caretaker tim.

Manajer Tim Arema FC Wiebie Dwi Andriyas mengatakan, keputusan memecat Jokow Susilo murni sebagai langkah untuk mengangkat prestasi Arema FC.

"Arema FC terus berusaha melakukan opsi terbaik. Tujuannya agar tim segera berada di jalurnya," kata Wiebie, Kamis (10/8/2023).

Kuncoro dipilih sebagai caretaker Arema FC sembari menunggu pelatih baru untuk tim yang akan berulang tahun pada 11 Agustus itu.

Manajemen Arema FC memutuskan untuk mengembalikan Joko Susilo pada jabatan awalnya yakni sebagai Direktur Teknik Arema Football Academy. Keputusan itu, menyusul performa Arema FC pada Liga 1 yang hingga saat ini belum mampu mencatatkan kemenangan.

Selain itu, keputusan untuk menempatkan Joko Susilo di Arema Football Academy juga telah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya terkait kebutuhan tim junior Arema FC yang akan menghadapi Elite Pro Academy (EPA) 2023.

Dalam kesempatan itu, General Manajer Arema FC Yusrinal Fitriandi menambahkan, tenaga dan pemikiran Joko Susilo saat ini masih dibutuhkan oleh skuad Arema junior untuk menghadapi Elite Pro Academy 2023.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya diputuskan bahwa coach Joko kami kembalikan ke posisi semula. Tenaga dan pikirannya masih dibutuhkan untuk persiapan EPA 2023," ktanya.

Pada BRI Liga 1, dari tujuh kali pertandingan, Arema FC belum pernah memenangkan laga. Saat ini, Arema FC berada di posisi juru kunci dengan hanya mengantongi dua poin dari tujuh laga yang telah dilakoni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arema Makin Terpuruk Usai Kalah dari PSIS

Foto: Aksi Pemain Arema FC Vs Persib Bandung di Pekan Kedua BRI Liga 1 2023 / 2024
Pemain Arema FC, Ariel Lucero, memeluk rekan satu timnya, Gustavo Almeida dos Santos (kanan), setelah menjebol gawang Persib Bandung dalam pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Jumat (7/7/2023). (Bola.com/Alit Binawan)

PSIS Semarang menambah nestapa Arema FC pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2023/2024. Mahesa Jenar memukul Singo Edan 2-0 di Stadion Jatidiri, Rabu (9/8/2023).

Tanpa gol di babak pertama, PSIS berjaya berkat gol Septian David Maulana pada menit ke-67 dan 74.

Hasil ini membuat PSIS memetik kemenangan pertama dalam empat pertandingan. Mereka naik ke peringkat enam klasemen sementara dengan perolehan 11 poin.

Sementara Singo Edan makin terjerumus di dasar tabel Liga 1. Arema FC belum mengoleksi kemenangan dan baru memetik dua angka.

PSIS Semarang selanjutnya meladeni Dewa United, Senin (14/8/2023). Sementara Arema FC menghadapi Rans Nusantara pada hari yang sama.

Pada pertandingan lain yang digelar secara bersamaan, Barito Putera memetik kemenangan dramatis 2-1 atas Dewa United. Setelah terkunci 1-1 selama hampir 90 menit, Laskar Antasari memastikan tiga nilai melalui gol Eksel Runtukahu jelang berakhirnya laga.

Infografis Ragam Tanggapan Tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan Tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya